Hotel Review: Grand Mercure Roxy Singapore (dan Katong Laksa)

Jika Anda sudah sering ke Singapore, mungkin sudah sering tinggal di hotel langganan di daerah Orchard atau Novena. Sudah bosan (bahkan hapal) jalan-jalan di daerah tersebut, termasuk tempat makan favorit Anda di dekat hotel. Sudah saatnya explore wilayah lain di Singapore.

Memang konsentrasi hotel Singapore terutama berada di sekitar Marina dan Orchard untuk bintang 4-5, dan untuk kelas menengah di sekitar Novena (Balestier Rd), sedangkan untuk bintang 1-2 bisa ditemukan di sekitar Joo Chiat Rd dan Geylang.

Bagaimana dengan East Coast? Mungkin tidak banyak yang tahu karena ini bukan daerah yang umum dilewati turis. East Coast sebenarnya tidak jauh dari Joo Chiat, menyusuri Joo Chiat Rd ke arah selatan kita akan menemukan Katong. Pernah mendengar daerah yang namanya Katong? Katong masih tergolong wilayah East Coast, terkenal dengan Katong Laksa. Maka pada satu kesempatan saya mencoba tinggal di hotel daerah ini. Pilihan jatuh pada Grand Mercure Roxy Singapore, salah satu hotel group Accor.

Hotel ini sebenarnya adalah favorit travel agent atau airlines untuk menginapkan penumpang transit atau delay, karena letaknya memang tidak terlalu jauh dari Changi Airport, cuma sekitar 10-15 menit dengan mobil. Terlebih hotel ini menawarkan shuttle bus gratis dengan frekuensi hampir setiap jam dari dan ke Airport, jadi hemat ongkos taksi atau MRT deh.

Karena saya datang dari Changi Airport, maka begitu mendarat saya cukup mendatangi counter di arrival hall, lalu akan diarahkan untuk menuju lokasi shuttle bus. Kebetulan cuma saya dan istri yang menjadi tamu shuttle bus, jadi berasa jemputan pribadi.

Terlepas dari lokasinya dekat Airport dan yang lumayan jauh dari pusat kota, hotel ini menawarkan kenyamanan tinggal dengan pelayanan standard Accor. Proses Check-in cepat dengan keramahan standard Singapore (maksudnya standar banget). Di lobby juga disediakan terminal komputer jika ingin browsing Internet secara gratis.

Kamar hotel cukup luas, bersih, tergolong minimalis dengan tidak banyak ornamen. Dilengkapi LCD TV dengan beberapa channel lokal, namun sayangnya tidak ada free wifi di dalam kamar.

Di seberang Grand Mercure Roxy Hotel terdapat sebuah mall yang besar, Parkway Parade. Isinya lengkap mulai dari toko elektronik hingga pakaian. Ingin cari makan di dalam mall juga banyak restoran, atau di sebelah mall ini juga terdapat hawker centre.

Jika ingin menuju pusat kota atau Orchard, kita bisa menggunakan bus dari halte di seberang hotel walaupun perlu waktu cukup lama karena perhentian yang banyak.

Seperti yang saya tulis di atas, selain ingin mencoba hotel ini, kita juga ingin menjelajah wilayah East Coast. Grand Mercure Roxy ini sebenarnya menghadap ke pantai, jika mendapat kamar yang arahnya pas kita bisa melihat perairan yang luas. Sayangnya karena keterbatasan waktu dan kelelahan, rencana untuk jalan main ke pantai East Coast Park tidak terlaksana (padahal tinggal menyeberang jalan dan menyusuri jalan).

Namun tentu rencana menikmati Katong Laksa tidak boleh terlewatkan, cukup jalan kaki menyusuri jalan samping hotel menuju blok belakang. Ada 2 toko yang berhadapan yang mengaku Katong Laksa, keduanya enak dan punya penggemar sendiri-sendiri: Famous 49 Katong Laksa dan 328 Katong Laksa. Jika Anda pernah mengikuti cerita kuliner Singapore, sebenarnya ada 3 toko yang menjual laksa, dan ‘katanya’ mereka saling bermusuhan. Dikumpulkan presenter TV untuk saling bersalaman juga tidak terlaksana.

Update per 2013: 49 Katong Laksa sudah ditutup oleh ownernya. Jadi tinggal 328 Katong Laksa yang bisa kita kunjungi. Buka dari pagi sampai malam. Rujak di 328 tidak saya recommend.

Okay, kali ini saya coba 49 Katong Laksa, kita bisa pilih mau seporsi harga 3, 4, atau 5 SGD. Rasanya memang mantap, lain dengan laksa di kota, apalagi di Jakarta. Gurih, wangi (ada kerang), dan rasanya bikin ketagihan. Juga sekalian memesan rujak yang dikenal dengan Katong Rojak, isinya campuran cakwe dan buah dengan ditaburi kacang, ini juga layak diacungi 4 jempol (2 jempol tangan dan 2 kaki).

At the end, jika tertarik silakan booking Grand Mercure Roxy Hotel di website Accor, atau bisa coba book lewat Agoda mana yang lebih murah.

  • http://madamkoo.wordpress.com Yulia

    eH …. Ada Okiedog.. ^_^ Muach Papi ….