Trik Membeli Tiket Jetstar dengan Multiple Voucher

Jika Anda punya voucher dari Jetstar dan ingin di-redeem untuk membeli tiket, mungkin pernah terbentur masalah di system Jetstar: tidak menerima pembayaran dengan lebih dari satu voucher. Dooh!

Mungkin bagi kebanyakan orang, mendapatkan voucher tiket pesawat itu sebuah berkah. Tapi bagi saya itu ibaratnya seperti kutil yang selalu mengganggu. Nih coba saya curhat dikit..

 

Pernah dapat voucher AirAsia sebesar Rp 400,000 akhirnya saya jual karena tidak mungkin berangkat sama keluarga tanpa harus keluar tambahan uang. Dipakai sendiri juga harus tungguin jadwal promo tiket murah, padahal voucher itu ada masa kadaluarsanya.

Nah, karena beberapa kejadian yang tidak menyenangkan dari Jetstar saat saya ke New Zealand beberapa waktu lalu, dikiriminlah saya beberapa voucher. Pertama adalah 4 lembar voucher SGD 100 akibat mereka meng-cancel penerbangan saya ke Auckland. Lalu karena flight delay menyebabkan saya miss connecting flight di Singapore (drama ini mungkin saya ceritakan di kemudian hari), saya dapat lagi 2 lembar voucher AUD 50.

Dan konyol lagi bahwa flight Singapore-Macau saya di-suspend (Jetstar tidak terbang ke Macau lagi mulai 6 Feb 2012), katanya mau dikirimin lagi voucher 2x SGD 25. Rasanya mau ikut jadi member DontFlyJetstar.com :)

Kelihatannya enak kan? Tapi nanti dulu, tunggu ente yang dapat voucher deh :)

Customer Guarantee Jetstar bahkan berjanji akan memberikan voucher untuk ketidakpuasan kita (asalkan mau complain dan tahu caranya) seperti penerbangan dicancel, reroute, atau ganti tanggal secara sepihak. Detilnya bisa baca di website Jetstar ini.

Kembali ke topik utama, setelah punya voucher yang banyak tentu mau dipakai dong untuk terbang gratis? Tidak semudah itu..

Saya pilih-pilih penerbangan dan tanggal berangkat ke Singapore, dengan harapan menghabiskan voucher saya ini. Kenapa Singapore? Karena ini yang biasa paling murah jadi bisa saya habiskan sambil bawa keluarga.

Setelah pilih tanggal dan mengisi detil passenger, saat di layar pembayaran saya isi satu kode voucher dan proses, next screennya muncul begini: “You cannot redeem more than one voucher in your booking“. WTF?! Beberapa waktu lalu saya sukses kok satu booking dengan multiple voucher.

Layar 1: Menu Bayar dibagi 2 tab di atas: Credit Card dan Voucher

Utak-atik ulang dari step awal, hasilnya sama saja.

Saya mau coba split booking, juga tidak bisa saat mau bayar tiket istri dengan voucher (sepertinya karena nama di voucher beda dengan nama yang mau terbang; padahal ini tidak dilarang di terms & conditions).

Akhirnya saya kesal dan membatalkan niat beli tiket. Alkisah saya isilah form complain, siapa tahu ada jawaban (yah gak mungkin lah, secara ini Jetstar), juga berharap kalau tidak dijawab akan dapat voucher lagi :).

Keesokan harinya (masih penasaran) coba lagi, tetap hasilnya sama.

Sampai suatu saat saya mengganti tanggal flight dan ding! layar pembayarannya beda!

Layar 2: Menu bayar dengan pilihan di section kiri

Layar yang ini mengizinkan saya mengisi beberapa voucher! Karena tidak percaya, saya coba lagi sesuai dgn tanggal yang saya mau, eh kembali ke layar seperti di atas: “You cannot redeem more than one…”

Karena penasaran, saya mencoba mencari tahu apa yang membedakan kedua booking ini. Ulang ke awal, coba-coba ganti hari yang lain untuk cari tahu. Dan akhirnya setelah semedi lama… saya menemukan jawabannya: Flight Code.

Flight Code

Mungkin Anda sudah tahu kalau Jetstar itu punya beberapa flight code karena nama perusahaannya berbeda; ada JQ, VF, 3K. Kalau nama perusahaannya banyak, nih saya kutip:

The Jetstar Group comprises Jetstar Australia & NZ operations (including Australian domestic and short/long haul international services), Jetstar Asia and Valuair operations (partner airlines based in Singapore supporting Jetstar’s reach into 22 Asian destinations), and Jetstar Pacific (domestic operations in Vietnam).

Intinya kalau pas connecting dengan Jetstar yang flight code nya beda, siap-siap lah kalau terjadi ‘sesuatu’ kita di-ping-pong sana sini.

Penerbangan Jakarta-Singapore hampir semuanya dilayani oleh flight code VF, dan ternyata layar pembayarannya adalah seperti yang pertama di atas. Khusus penerbangan yang ada di jam 06.30 dari CGK (per Desember 2011 hanya ada di Senin, Rabu, Jumat ) ini pakai flight JQ (tepatnya lagi JQ114, PER-CGK-SIN) menu bayarnya adalah layar yang kedua. Sungguh aneh tapi nyata. Dugaan saya ini menentukan uangnya masuk ke kas perusahaan mana.

Kesimpulan

Jadi hasil dari investigasi ini berkesimpulan jika Anda mau pakai multiple voucher dalam satu booking untuk flight dari Jakarta, pilihlah flight JQ (JQ114 yang sayangnya harus bangun pagi buta untuk check-in jam 5). Alternatif lain, bookinglah untuk leg lain seperti Singapore-HKG atau destinasi lain yang penting bukan pakai VF.

Akhirnya saya bisa terbang gratis sama keluaga :)

  • http://www.dyahprabowo.com dyah

    Nice sharing, bermanfaat bgt..

  • dede

    sy berencana ke beijing bersama keluarga naik jetstar bulan april nanti. yg sangat sy khawatirkan adalah delay/retime (ga tanggung2 sp 9-12 jam!) dari jetstar setelah saya selalu update flight status penerbangan singapore-beijing pp. yg sy mau tanyakan, apakah waktu flight dicancel di NZ dulu ada pemberitahuan sebelumnya via email atau on the spot di airport? trus, ada kompensasinya ga berupa biaya utk hotel & konsumsi selama menunggu schedule baru (selain voucher jetstar)? saya dapat kompensasi spt itu waktu mandala cancel penerbangan di HK (blessing in disguise…liburan diperpanjang :) ) mohon pencerahannya. trims.

    • http://Javamilk.com Alist

      @dede, Jika Jetstar melakukan reschedule penerbangan biasa akan dikirimkan informasi ini via email (dan kadang via SMS). Kompensasi hanya berupa voucher, tdk ada kompensasi expense&hotel kecuali pesawatnya rusak atau gagal terbang saat kita sudah check-in.

  • nanda

    wisshhhh….kalau diliahat dai tulisan anda, sepertinya anda sering traveling dengan jetstar dan menurut saya anda adalah penumpang yang pintar dengan menggunakan low cost carrier. mas nya mau saya rekrut di jetstar indonesia. kami lagi butuh orang nih….hahahahahaaa