Cara Beli Tiket Kereta China

China High-speed Train

Berencana menyusun itinerary wisata di China dan melibatkan banyak kota? Kemungkinan besar kita akan perlu menggunakan transportasi kereta. Selain Eropa dan Jepang, China adalah negara yang mempunyai jaringan kereta ekstensif yang bisa menjangkau semua kota dan ibukota provinsi.

Sebelum kita beli kereta, mari kita pelajari dulu jaringan dan beberapa aspek yang mempengaruhi harga tiket kereta.

Peta Jaringan Bullet Train

Kalau asumsi semua kota dilayani jaringan kereta, kita fokus saja di kota-kota yang dilayani oleh high-speed railway (HSR) dengan bullet train yang mampu menembus kecepatan 300km/jam, tidak kalah dengan shinkansen Jepang atau TGV Perancis. Bahkan disebut persentasi jumlah kereta cepat China adalah 60% dari seluruh kereta cepat di dunia.

Kalau punya waktu terbatas tapi ingin menjelajah banyak kota di China, naik kereta cepat adalah opsi terbaik. Harga tiket keretanya juga cukup terjangkau.

Sumber: China Discovery http://www.chinadiscovery.com/

Bayangkan naik kereta dari Guangzhou di selatan China ke Beijing di utara sejauh 2338 km, dapat ditempuh dalam waktu 8 jam perjalanan kereta.

Gerbong Kereta Kelas 1 atau Kelas 2

Dulu waktu tahun 2008 saya pertama kali naik kereta di China rasanya sudah mengagumkan, itu tahun-tahun awal China membangun bullet train. Saya naik kereta dari Shanghai ke Hangzhou tapi itu belum dianggal high-speed train, pergi naik gerbong kelas 1 dan pulangnya di gerbong kelas 2. Bedanya adalah di suasana, gerbong kelas 1 berasa lebih tenang karena penumpang 'lebih terpelajar'.

Tapi pengalaman terakhir tahun 2017 naik kereta dari Guangzhou ke Guilin (tepatnya Yangshuo), sudah beda jauh. Naik kereta sudah normal bagi warga, jadi sama saja gerbong kelas 1 dan kelas 2, hanya beda di layout dan harga.

Gerbong kelas 1 (First Class) mempunyai susunan kursi 2-2, sedangkan Second Class kursinya 2-3. Tapi jangan bayangkan bakal sempit, tetap susunan 2-3 terasa nyaman. Jadi tergantung budget Anda dan ketersediaan kursi, pada umumnya kelas 1 lebih cepat habis karena harganya kadang beda tipis. Gerbong kelas 2 sudah sangat oke kok.

Kalau ada budget lebih, ada satu kelas lagi namanya Business Class, hanya ada di kereta tipe G, ini setara first class kalau di pesawat.

Jenis Kereta Cepat

Cepat lambatnya kereta sebenarnya tidak mempengaruhi harga tiket untuk rute yang sama, hanya bedanya jumlah stop di antara perjalanan. Walaupun secara di atas kertas kereta dirancang bisa jalan hingga kecepatan 400 km/jam, tapi secara operasional kecepatannya dibatasi maximum hanya 350km/jam.

  • Maglev Train, hanya ada 1 jalur melayani rute Shanghai Pudong Airport sampai Longyang Road Station, maximum speed 430km, ditempuh dalam waktu 7 menit 20 detik saja.
  • Fuxinghao (CR), kecepatan 300-350 km/jam, di Juni 2017 hanya ada di rute Beijing-Shanghai. Ciri-cirinya di badan kereta berwarna putih silver dengan strip merah (mirip Frecciarossa di Italy). Di reservasi kereta ini memakai kode G.
  • Hexiehao (CRH), ini yang paling banyak ditemui, kecepatan hingga 300km/jam. Ada tipe G, D (max 250km/jam), dan C (200km/jam).
  • Kereta normal lain, umumnya menjangkau 3rd-tier city dengan kecepatan 100-160km/jam. Ini adalah kereta dengan tiket termurah.

Kereta Fuxinghao Sumber foto

Notes: sebenarnya banyak kereta tipe G yang beroperasi di bawah kecepatan optimal-nya. Pada umumnya kereta tipe G bisa lari secepat 350km/jam, tapi untuk rute-rute tertentu di-setel hanya max 250-300km/jam supaya lebih energy efficient dan menekan harga tiket kereta.

Cara Beli Tiket Kereta China secara Online

Tiket kereta bisa dibeli on-the-spot di semua station kereta di China, dengan antri di loket dengan menunjukkan rute, jam keberangkatan, dan kelas kereta yang diinginkan (First Class/Second Class). Passport perlu disertakan saat pembelian. Pada umumnya kita pasti bisa mendapatkan kursi untuk hari yang diinginkan, paling beda jam dengan yang kita inginkan.

Kecuali saat periode Chinese New Year (Imlek), H-20 sampai H+20 harus beli jauh2 hari.

Tapi jika Anda ingin planning dan mengamankan tiket kereta jauh-jauh hari, kita bisa beli secara online lewat travel agent. Tiket bisa dibeli H-30 sebelum keberangkatan secara official, tapi kita bisa pesan sebelum H-30 ini. Ada service fee berkisar dari $5-$10 per-tiket. Yang cukup terkenal ada 2 :

Kita define rute dan tanggal, selanjutkan kita bisa pilih kereta, jumlah orang, dan preferensi kursi. Lalu ada 2 opsi: Collect tiket sendiri di stasiun atau Deliver tiket ke alamat China (extra cost). Juga pastikan Anda pilih ticket station pickup, karena ini opsi tanpa biaya pengiriman.

Secara umum saat Anda book, tiket tidak langsung di-issue. Juga saat book kita tidak perlu membayar dulu. Travel agent ini akan manual melakukan reservasi menggunakan sistem mereka ke China Railway Company (pada hari H-30), jika kursi masih ada mereka akan membuat invoice minta kita bayar (via Paypal jadi aman), dan baru tiket di-book. Tapi kalau tidak ada mereka akan menghubungi kita (lewat email) untuk konfirmasi lanjutan.

Setelah tiket berhasil di book, maka kita akan diberi semacam kode booking. Dengan kode ini tinggal tukar tiket fisik (kartu kertas magnetic warna biru) di stasiun keberangkatan, pada hari H atau beberapa hari sebelumnya. Sebaiknya spare waktu 1-2 jam sebelum keberangkatan jika ingin pickup tiket pada hari H karena antrian bisa cukup panjang, dan stasiun kereta di kota besar ukurannya bisa seluas airport.

Tiket fisik kereta

Cara Boarding Kereta

Ini bisa beda-beda tergantung ukuran stasiun di kota. Untuk kasus kota besar seperti Beijing, Shanghai, atau Guangzhou, yang ukurannya jumbo, kita tiba setidaknya 1 jam sebelum keberangkatan.

Dengan tiket yang sudah kita tukar fisiknya, kita masuk ke gate otomatis dengan memasukkan tiket kereta ke mesin pembaca. Lalu kita akan menunggu di hall keberangkatan. Perhatikan papan informasi yang akan menulis nomor platform dan waktu boarding (jika telah tiba). Jika waktu masih lama, kita belum bisa boarding jadi bisa duduk-duduk atau cari makan dulu.

Guangzhou South Station

Seperti foto di atas, ini adalah ruang tunggu. Baru setengah ukuran stasiun yang ada di foto ini. Platform kereta ada di lantai bawah (naik eskalator turun). Hanya bisa ke platform jika waktu boarding tiba, biasa sekitar 15 menit sebelum keberangkatan.

Tidak ada yang teriak-teriak boarding, jadi pasang mata Anda senantiasa pada papan petunjuk, atau antri manis 30 menit di pintu masuk platform.