Tips Rental Mobil di New Zealand – Part 1

Jika Anda berencana untuk liburan ke New Zealand, menyewa mobil menjadi salah satu bagian dalam liburan. Mengapa demikian? Sebab pemandangan alam New Zealand yang indah hanya dapat dinikmati jika Anda mengendarai mobil, sehingga bisa berhenti sesuka Anda.

New Zealand Car & Road

Model rental mobil kurang lebih sama seperti di negara lain, termasuk juga persyaratannya. Anda harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sudah diterjemahkan ke English.

Untuk perusahaan rental, sebenarnya mereka mau saja menerima kartu SIM Indonesia, namun karena saya belum pernah di-stop polisi setempat (mudah-mudahan tidak terjadi) jadi saya tidak bisa memberi kepastian apakah SIM Indonesia juga diakui kepolisian. Jadi jangan ambil resiko, cukup bayar 250rb kok untuk mengurus SIM International di kantor kepolisian (MT Haryono di Jakarta), dan prosesnya cuma 1-2 jam sudah jadi. Silakan baca artikel tentang Cara mengurus SIM International.

Sewa mobil dihitung harian, tepatnya dalam hitungan per 24 jam. Jadi jika Anda sewa mobil mulai Senin jam 11 pagi dan dikembalikan Kamis jam 10 pagi, itu hitungan sewanya adalah 3 hari.

Pembayaran rental dilakukan di muka, termasuk perlu jaminan kartu kredit (berkisar NZD 500-800). Uang jaminan ini berfungsi sebagai security jika penyewa tidak mengembalikan mobil atau terjadi kecelakaan. Jaminan ini ada yang berbentuk imprint (berarti blok sejumlah uang tsb tapi nanti di-unblock lagi) dan ada yang charged (uang sebesar itu akan muncul di statement kartu kredit, dan nantinya ada pengembalian/refund lagi). Ini tergantung perusahaan rentalnya, dan tentu saja lebih menguntungkan model imprintkarena kita tidak akan kena selisih kurs jual-beli akibat charged & refund di kartu kredit. Pastikan Anda mempunyai kartu kredit dengan limit yang cukup untuk rental mobil.

Ada berbagai jenis dan kelas kendaraan yang bisa kita sewa, yang populer adalah jenis sedan dan 4WD. Tarif paling murah adalah menyewa sedan kelas economy seharga NZD 25-35, umumnya yang kita dapatkan di harga segini adalah Nissan Sunny atau Toyota Corolla jadul (yang kaca jendelanya model putar pakai tangan :) ). Juga yang tergolong murah adalah Hyundai Getz.

Di atas ini baru ada sedan Corolla tahun 2000-an (juga ada model hatch), Yaris sedan (di Indo namanya Vios), hingga Camry seharga NZD 40-50. Mobil 4WD yang paling populer adalah Toyota RAV4, harganya sekitar NZD 50-60 per hari. Sedangkan jika Anda punya rombongan 6-7 orang, bisa menyewa Toyota Previa.

Jika kita cuma berdua atau 3-4 orang, jangan menyewa mobil yang terlalu besar. Bergaya tidak ada gunanya di NZ karena yang melihat mobil Anda bagus cuma biri-biri di pinggir jalan. Semakin besar mobil, umumnya semakin boros bensin yang diperlukan. Bensin/petrol adalah tanggungan penyewa, jika saat ambil tangki penuh maka harus dikembalikan dalam keadaan penuh juga jika tidak mau kena charge tambahan.

Staff perusahaan rental biasanya akan menawarkan kepada kita untuk membeli 1 tangki penuh dengan diskon 20%. Jadi kita dapat mobil dengan tangki penuh dan nantinya kembalikan dengan tangki kosong. Misalkan tangki full harganya NZD 100, bisa kita beli dengan harga NZD 80. Nah, ini tergantung kita apakah bisa menakar pemakaian bensin kita supaya pas dikembalikan bisa hampir kosong, kalau masih setengah tangki berarti kita yang rugi kan. Jadi saran saya sebaiknya jangan ambil tawaran ini jika tidak berencana jalan jauh.

Satu lagi, kita pasti akan ditawari untuk mengambil asuransi mobil. Normalnya tanpa asuransi mobil, jika *amit2* terjadi kecelakaan, kita akan punya kewajiban (liability) membayar hingga NZD 1500-3000. Dengan membayar premi asuransi NZD 25 per hari, liability kita akan berkurang hingga hanya maksimum NZD 250. Sekilas terlihat cukup menguntungkan dan aman, namun menurut saya pengemudi di Indonesia cukup terampil sehingga resiko terjadi kecelakaan cukup kecil. Mengemudi di dalam kota yang padat seperti Auckland/Wellington/Christchurch atau mengemudi di musim winter akan meningkatkan resiko kecelakaan. Ini dikembalikan kepada Anda yah.

Satu lagi jenis mobil yang populer di New Zealand adalah yang namanya Campervan atau Motorhome. Akan saya bahas di artikel selanjutnya, Part 2.

  • http://www.sewamobildibekasi.com thomas

    thank brp, boleh di copy nga nehhhh