Berangkat dan Tiba di Taipei Taoyuan International Airport

Artikel ini adalah bagian dari Panduan Jalan ke Taiwan.

](//javamilk.com/panduan-jalan-ke-taiwan)

Pintu masuk dan keluar Taiwan adalah melalui Taipei Taoyuan International Airport. Bandara ini lokasinya sebenarnya agak 'meleset' dari Taipei, karena berada di kota kecil yang bernama Taoyuan (dari sinilah asal nama Taipei Taoyuan International Airport).

Airportnya modern, ada Terminal 1 dan Terminal 2 tergantung flight kita. Arrival hallnya tidak ramai bahkan cenderung sepi.

Dari Taoyuan Airport perlu hampir 1 jam perjalanan bus ke pusat Taipei atau 20 menit jika menggunakan bullet train ala Shinkansen. Jika punya penerbangan lanjutan ke kota lain seperti Kaohsiung atau Tainan, harus sambung di airport lain yang namanya Songshan Airport, ini lokasinya di 'dalam' kota Taipei (bayangkan aja bandara Halim Perdanakusuma vs Cengkareng).

Jika tiba di sini dan ingin menuju ke Taipei, bisa coba naik bullet kereta super cepat, pertama kita harus naik bus shuttle (merek UBus warna hijau, NT\$ 30) dari airport terminal 1 menuju Taoyuan High-Speed Rail (HSR) terminal, baru sambung dengan kereta (NT\$ 80) ke Taipei Main Station. Total perjalanan plus interchange dan menunggu adalah kurang dari 1 jam. Namun jika tidak terburu waktu, opsi lain adalah naik bus direct saja dari Airport menuju Taipei, bernomor 1819, turun di Taipei Main Station, tiket NT\$ 125, juga sekitar 1 jam perjalanan.

Jika dibalik, kita dari pusat kota Taipei mau menuju Airport, sama saja bisa pakai bus atau HSR dari Taipei Main Station.

Penting: Taipei Main Station itu luar biasa luasnya, dengan jaringan underground yang lebih besar daripada bangunan yang tampak di luar. Pastikan tahu arah daripada kaki lemas untuk jalan di sini.

Menuju Kaohsiung

Sedangkan kami sudah atur perjalanan untuk langsung dari Taoyuan Airport menuju Kaohsiung menggunakan bullet train ini. Jadi begitu clear immigration, kita ambil bagasi dan bergegas menuju bus stop. Tiket bus dibeli di counter, lalu tinggal tunggu datangnya bus. Jadwalnya selalu ada sekitar 10-15 menit sekali menuju Taoyuan HSR Terminal. Perjalanan bus sekitar 20 menit jika tidak ada traffic.

Untuk cek harga tiket kereta atau pembelian online bisa dilakukan in advance karena ada diskon hingga 35%, langsung saja ke www.thsrc.com.tw. Itu website Taiwan High-Speed Rail yang bisa book semua perjalanan kereta super cepat antar kota. Saya beli rute Taoyuan - Kaohsiung secara online yang mestinya NT\$1330/orang di-discount menjadi NT\$1060, lumayan :) . Tiket fisiknya tetap harus di-collect lewat mesin tiket di stasiun dengan memasukkan kode konfirmasi yang dikirim via email saat pembelian online berhasil.

Untuk go-show, atau jaga-jaga jika pesawat delay, pembelian tiket on-the-spot (harga normal) juga memungkinkan. Cukup cari loket tiket, atau beli dari automatic ticketing machine (tersedia menu English).

Kota/station yang dilalui oleh High-Speed Rail ini sebagai berikut sesuai urutan utara ke selatan:

Taipei > Banqiao > Taoyuan > Hsinchu > Taichung > Chiayi > Tainan > Zuoying (Kaohsiung)

Jangan takut kehabisan karena interval kereta ini sangat dekat, dalam 1 jam bisa 3-4 keberangkatan, ada yang express (Taipei-Banqiao-Taichung-Zuoying), namun utk dari Taoyuan adanya kereta multi-stop yang berhenti juga di Chiayi dan Tainan.

Kereta HSR ini memang mengadopsi teknologi Jepang (jangan heran banyak sekali teknologi Jepang yang di'adopsi' di Taiwan), tampilannya persis seperti Shinkansen yang ada di Jepang, terlebih di cat warna putih.

Di depan dan belakang gerbong ada area untuk menaruh bagasi, tapi bisa juga taruh di kaki karena leg-room yang cukup lega. Kereta HSR ini cepat, sunyi, dan sekali lagi sangat cepat! Perjalanan saya dari Taoyuan ke Zuoying (Kaohsiung) adalah sekitar 100 menit, bayangkan sebuah pulau Taiwan yang kecil ini dari utara hingga selatan ini bisa ditempuh oleh kereta kurang dari 2 jam!

Artikel berikutnya: Kaohsiung.

Cari Hotel Murah