Melbourne Part 3

Melbourne Museum

Itinerary saya di pagi hari ini adalah ke Melbourne Museum. Cukup naik tram gratis nomor 96 dari Souther Cross Station atau nomor 35 dari Flinders Street Station, turun di halte Victoria Parade. Ingat Anda harus turun di sini karena ini adalah stop terakhir Free Tram Zone, walaupun sebenarnya halte Melbourne Museum masih bisa 1 stop lagi.

Tapi tidak apa-apa, kita jalan melintasi Carlton Garden yang cantik ini, tentu lupa tentang jaraknya yang masih 600 meter. Pas awal winter, daun-daun menguning dan mulai berguguran, sangat indah dilihat dan difoto.

Carlton Garden

Museum nya sendiri juga tergolong besar dan bagus. Tiket masuk museum adalah $15 per dewasa, anak-anak gratis. Koleksinya lebih ke edukasi hewan dan tumbuhan.

Tulang Ikan Raksasa

Jenis-Jenis Hewan

Melbourne Royal Botanic Garden

Salah satu tempat yang harus... harus... harus dikunjungi kalau mengunjungi negara Commonwealth Inggris adalah ke taman. Nah kalo Melbourne adalah ke Royal Botanic Garden Melbourne. Luangkan waktu setidaknya setengah hari untuk menikmati indahnya landscape dan aneka tanaman yang ditata dengan indah. 50,000 tanaman dari 8,500 species berbeda ditanam di sini walaupun tidak dipajang secara obvious layaknya museum.

Taman ini luasnya 55 hektar, jadi normalnya tidak bisa selesai dijalanin sekaligus. Ada beberapa pintu masuk ke taman ini, yang saya recommend adalah melalui corner Alexandra Ave dan Andersen St, bagian taman yang ada danau nya.

Di samping kolam

Taman yang Tenang dan cantik

Buat anak-anak ada The Ian Potter Foundation Children's Garden, semacam playground kecil. Selain itu juga terdapat Shrine of Remembrance yang dibuat megah di sisi barat.

Brighton Beach

Sebuah pantai kecil yang tersisa dan paling dekat dengan Melbourne adalah Brighton Beach. 14 kilometer dari pusat kota, masih bisa dijangkau pakai kereta atau bus. Buat summer bisa dipakai untuk berjemur atau main air, tapi waktu winter air yang dingin tidak memungkinkan.

Nah yang lebih menarik buat turis, yang must visit, adalah Brighton Bathing Box. Deretan rumah kayu kecil yang dipakai waktu summer sebagai tempat untuk istirahat atau ganti baju. Rumah kotak dicat warna-warni tergantung pemilik masing-masing, dijelaskan harga terakhirnya (kalau ada yang mau jual) adalah $330,000, untuk ukuran paling hanya 2x3 meter.

Deretan Bathing House

Wajib Foto di Bathing House

St Kilda

Ada satu tempat yang belum saya kunjungi yaitu St Kilda, yang lebih terkenal dengan taman bermainnya. Nanti tunggu kunjungan berikut baru saya bahas ya.

Jangan lewatkan pula artikel Panduan Jalan ke Australia.

Klook.com

Cari Hotel Murah