Fasilitas Air-to-Sea di HKIA

Last updated on

Untuk menjadi satu dari sepuluh bandara terbaik di dunia, memang yang namanya fasilitas penunjang harus punya yang paling top. Tapi fasilitas yang satu ini sepertinya cuma ada di Hong Kong International Airport; namanya Skypier Air-to-Sea.

Singkat cerita bayangkan kita punya hari yang sedikit untuk berlibur dari Indonesia ke Hong Kong dan Macau. Tentu salah satu hari harus dialokasikan untuk main ke Macau. Nah, sekarang jika kita ingin menuju Macau dulu sebelum masuk ke downtown HK, normalnya adalah harus melalui clearance imigrasi HK lalu naik bus/train ke Kowloon atau Sheung Wan untuk melanjutkan naik ferry ke Macau, dan perlu sekali lagi lewat imigrasi HK.

Fasilitas Skypier Air-to-Sea fungsinya untuk skip imigrasi HK dan menghemat ongkos transport ke terminal Ferry di dowtown ini. Caranya sangat mudah, begitu kita mendarat di HKIA jangan menuju imigrasi, tetap di area transit dan mencari papan petunjuk menuju counter Air-To-Sea ini, atau mencari papan bertulisan Transfer to Mainland P.R.D (Pearl River Delta) or Macau.

Di counter ini kita akan membeli tiket ferry CotaiJet atau Turbojet (sepertinya kedua operator ini bergantian pemenang kontrak). Harganya HKD 254 (per 2016) untuk kelas economy. Harga tiket ini memang sedikit lebih mahal daripada naik dari China Ferry Terminal di Kowloon, tapi kita sudah menghemat ongkos transport dan waktu. Di counter ini ibaratnya melakukan check-in sekaligus kita memberikan label bagasi pesawat (yg di check-in dari Indonesia) sehingga bagasi akan otomatis diambil oleh petugas dan masuk sebagai bagasi ferry, hebat dan praktis kan!

Per Juni 2016, jadwal ferry dari HKIA menuju Macau adalah jam 11.00, 13:15, 17:00, 22:00. Dan jadwal ferry dari Macau menuju HKIA adalah 07:15, 09:30, 11:30, 15:15, 19:45. Jumlah perjalanan memang berkurang drastis dibanding beberapa tahun lalu yang masih ada sekitar 8x. Perjalanan dgn ferry ini adalah sekitar 70 menit.

Minimal kita harus sudah harus beli tiket 60 menit sebelum sailing time supaya bagasi bisa diambil. Jika tidak ada bagasi yg perlu diambil, 30 menit masih keburu.

Setelah mendapat tiket ferry, tinggal jalan menuju Skypier menggunakan Automated People Mover. Di Skypier ibaratnya sebuah gate di airport tapi untuk naik ferry.

Arah sebaliknya juga bisa, namanya Sea-to-Air dari Macau Maritime Terminal. Saya sarankan beli tiket sehari sebelumnya, jangan pada hari h untuk rute Macau menuju HKIA karena sering habis.

Transfer PRD ini juga bisa untuk kita yang ingin menuju Shenzhen Shekou. Guangzhou Nansha, Zhuhai Jiuzhou, dan beberapa port China lain di sekitar HK. Anda harus sudah punya China Visa untuk menggunakan fasilitas ini (tidak bisa VOA).

Jangan lewatkan juga artikel lengkap tentang Panduan Jalan Hemat ke Hong Kong dan Macau.