Queenstown

Penerbangan saya dari Auckland ke Queenstown bisa dibilang view terbaik yang pernah saya lihat selama naik pesawat. Bagaimana tidak, 30 menit sebelum mendarat saat melongok jendela pesawat kita disajikan pemandangan seperti ini... wow !

[

Queenstown Airport (ZQN) dikelilingi oleh pegunungan, jadi perlu banyak berdoa saat mau mendarat karena pilot harus menstabilkan pesawat melewati lembah dan angin kencang. Tapi tenang kok, pesawat yang saya naik Air New Zealand adalah salah satu airline ter-aman.

[

Airportnya sendiri tidak besar, keluar pesawat menjejakkan kaki di aspal sudah disuguhi pemandangan alam sekitar. Proses bagasi cepat, dan kalau baru mau rental mobil di dalam airport terdapat counter penyewaan, bahkan jika ingin langsung nyambung naik pesawat private tour Glacier Scenic Flight melihat Mt. Cook juga bisa.

Queenstown tergolong kota yang kecil, terletak di pinggir Lake Wakatipu, kehidupan kota santai serta tenang. Traffic mobil seperti di kebanyakan kota kecil di New Zealand, jumlahnya sedikit, sangat tertib dan tidak ngebut. Maklum maksimal cuma boleh jalan 50 km/jam selama di dalam kota.

Queenstown adalah base bagi turis yang menggemari aktivitas alam maupun yang memerlukan adrenalin tinggi. Terdapat banyak walking trail di luar kota, tramping dan climbing tersedia, tinggal pilih mau yang 2 jam atau sampai 8 jam. Aktivitas seperti Bungy Jumping, rafting (arung jeram), kanoe, jet-boating, gliding, apa aja ada! Semua tersedia tidak jauh dari pusat kota.

[

Pusat kota Queenstown tidak begitu besar, hanya beberapa blok. Dan yang pasti di atas jam 6-7 malam semua toko sudah pasti tutup kecuali bar. Sebuah strip jalan khusus pedestrian dinamakan The Mall, cukup banyak toko pakaian dan souvernir, juga menjadi tempat berkumpul untuk dinner.

[

Tidak ada public transport yang berarti, cuma ada 3 jalur Connectabus menuju wilayah Fernhill, Frankton, dan Arrowtown. Harga tiket mulai \$5.50. Day pass #13.50 untuk unlimited ride. Pada umumnya kita memakai mobil rental untuk berkeliling kota atau keluar kota.

Parkir di tengah kota (street parking) tergolong mahal, yaitu \$2 /jam. Mulai jam 6 malam parkir ini menjadi gratis.

Jika punya kesempatan, silakan luangkan waktu untuk naik Skyline Gondola menuju ke Bob's Peak. Pemandangan dari atas bukit ini sangat spektakuler dengan kota, danau, dan diapit oleh pegunungan. Kalau kata orang, fengsui-nya sangat bagus :)

Skyline Gondola ini tiketnya \$21 return, bisa dibeli bersama paket luge. Kita bisa naik luge (ada 2 track), sebuah kereta/mobil kecil yang dikendalikan dengan tangan, menuruni bukit dengan kecepatan cukup tinggi (tapi aman kok). Juga bisa minum dan makan snack di cafe yang ada di atas sambil melihat pemandangan kota indah ini. Bahkan kita bisa ambil paket gondola beserta sepeda (rental terpisah), jadi menuruni bukit ini dengan sepeda

[