Transportasi dari Narita Ke Tokyo

Narita International Airport berjarak 60km dari pusat kota Tokyo, adalah bandara terbesar di Tokyo dan termahal dari sisi akses transportasinya dibanding Haneda Airport. Tinggal pintar-pintarnya kita untuk memilih transportasi menuju Tokyo yang murah dan hemat, dengan mengorbankan waktu tempuh.

Kali ini Javamilk memberikan informasi sejumlah pilihan transportasi dari Bandara Narita menuju pusat kota Tokyo, Shinjuku, Shibuya, dan sekitarnya.

Oh ya, sebagai informasi Narita Airport ada 3 Terminal, untuk terminal 1 dan 2 ada stasiun keretanya sendiri, sedangkan jika mendarat di Terminal 3 harus naik free terminal shuttle bus (5 menit) ke Terminal 2 baru bisa naik kereta.

Ada 3 opsi besar untuk transportasi dari Narita ke Tokyo : kereta, bus, dan taksi. Persiapkan kira-kira 1 jam - 1,5 jam untuk waktu perjalanan dari airport menuju hotel penginapan.

Taksi sebaiknya jadi pilihan paling akhir karena argo menuju Tokyo sekitar 2 juta rupiah one-way.

Secara umum jika memilih moda transportasi kereta Anda perlu tahu tujuan atau lokasi penginapan/hotel Anda, karena Tokyo itu besaaar sekali. Jadi lokasi menentukan kereta mana yang mau dipakai dan harganya. Berikut adalah peta jaringannya.

Kereta Bandara Narita

Narita Express (N'EX)

Narita Express

Ini adalah kereta termahal dari Narita. Perjalanan ke Tokyo Station adalah 53 menit dengan interval tiap 30 menit. Harga one-way 3,020 yen ke Tokyo Station, 3,190 yen ke Shinagawa, Shibuya, atau Shinjuku Station. Harga tiket anak-anak (6-11 tahun) adalah setengahnya.

Lebih murah lagi jika beli tiket round-trip yaitu hanya 4000 yen dan bisa untuk semua destinasi NEX plus kereta lanjutan yang diperasikan oleh JR East.

Narita Express Connection

Semua kursi Kereta Narita Express adalah reserved seat jadi sebelum naik Anda harus book kursi di JR Office.

Jika Anda beli JR Pass, kereta NEX ini di-cover alias bisa naik gratis.

Keisei Skyliner

Untuk Anda yang akan tinggal di sekitar Nippori dan Ueno, maka naik kereta Keisei Skyliner lebih murah dan cepat. Tiketnya ¥2,470 satu arah ke Nippori/Ueno, beli online ada diskon sedikit. Perjalanan memakan waktu 36 menit ke Nippori dan 41 menit ke Ueno Station.

Jalur Kereta Keisei Skyliner

Keisei Limited Express

Nah bagi yang ingin naik kereta dari Narita dengan tarif yang lebih hemat, tapi waktu tempuh lebih lama bisa naik kereta Keisei Limited Express. Ini ibaratnya kereta komuter, jadi tidak bisa reserved seat dan ada kemungkinan harus berdiri jika kereta penuh.

Kereta limited express menggunakan Sky Access Line yang sama dengan Skyliner menghubungkan Narita Airport dan Asakusa dengan interval setiap 40 minutes. Perjalanan sekitar 58 menit dengan tiket 1290 yen. Selain itu ada jadwal 3 kereta lain setiap jam nya yang pakai jalur Keisei Main Line dan harus tukar kereta di Aoto Station untuk tujuan Asakusa juga, total waktu 80 menit dan 1100 yen.

Pilih kereta ini kalau Anda tinggal di sekitar Asakusa, Oshiage, atau wilayah sekitarnya.

Kereta yang sama akan lanjut terus ke Nihombashi, Sengakuji dan ada yang berakhir di Haneda. Jika Anda ingin sambung kereta subway/metro nanti harganya akan berbeda lagi.

Gunakan website Hyperdia.com untuk cek jadwal kereta ini, catat jam keberangkatan hingga ke menit-nya, karena platform menunggu kereta yang sama dipakai oleh beberapa jenis kereta (ada yang stop nya banyak, ada yang express). Juga perhatikan ada yang direct sampai Asakusa (tidak perlu turun kereta) ada yang perlu tukar kereta di stasiun Aoto.

Airport Bus

Ada banyak perusahaan bus yang melayani rute Narita ke Tokyo, tergantung tujuan Anda. Jika tiba di Narita menjelang jam 12 malam, di mana kereta sudah tidak beroperasi di Tokyo, Anda sebaiknya naik bus.

Limousine Bus menghubungkan Narita Airport dengan sejumlah stasiun dan hotel di Tokyo, Anda bisa mencari rute dan harganya dari website ini. Spoiler: harganya 3000 yen one-way,¥4,500 utk 2x pakai (pp atau utk 2 orang oneway) dan ¥8,000 untuk 4x pakai.

Kenapa harganya relatif mahal karena Anda bisa duduk nyaman dengan onboard wifi dan langsung diantar turun di hotel yang bekerja sama.

Willer Bus mempunyai Narita Shuttle tujuan Osaki Station (dekat Shinagawa dan Shibuya), 70 menit, tiketnya ¥1000 oneway jika beli online.

Keisei Bus, tujuan Ginza ¥1000 per orang one way.

Acces Narita Bus melayani rute Narita-Ginza dan Tokyo Station, perjalanan 90 menit. Bayar tunai ¥1000 saat naik bus ini.

Sewa Alphard atau Van

Bagi yang datang dalam bentuk rombongan besar dan bersama anak-anak, mungkin lebih nyaman jika menyewa mobil penjemputan sendiri.

Anda bisa book mobil dan nanti akan ditunggu penjemputan saat tiba di Narita Airport. Tinggal pilih sesuai jumlah orang tersedia mobil 7-10 seater (Alphard/Van, Book di sini).

Kesimpulan

In summary, gunakan kereta Limited Express jika turun di Asakusa, Nihombashi. Gunakan Bus jika menuju Shinjuku atau Tokyo. Tapi jika ingin cepat dan tujuan Tokyo Station, bisa beli Narita Express tiket pp.

Selain masalah harga, Anda perlu memikirkan masalah transit/transfer jika tujuan Anda bukan stasiun besar (Tokyo, Ueno, Asakusa, Nippori, Nihombashi, Shinjuku). Kereta subway Tokyo terkenal super padat kalau di jam kerja (pagi hingga jam 9) dan malam (6-10pm), jadi kemunginan besar naik kereta subway/metro dalam keadaan berdiri membawa koper.

Pastikan Anda sudah sewa router wifi atau beli SIM Card Jepang saat mendarat di Tokyo supaya tidak bingung jika ingin transfer kereta atau mencari peta arah jalan ke hotel.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama