5 Aplikasi Penting untuk Travelling ke China

Klook Kode Kupon Promo 2020

Selain mempersiapkan itinerary dan uang untuk jalan-jalan ke China, ada satu hal yang unik dalam travel planning khusus ke negara ini, yaitu mempersiapkan aplikasi di smartphone Anda.

Bagi yang belum pernah dengar, negara China punya firewall sendiri yang dikenal sebagai The Great Firewall of China. Ibaratnya Internet Sehat ala Indonesia (yang memblokir reddit dan situs porno), tapi ini pakai dosis China. Firewall sendiri adalah pintu keluar masuk dunia Internet ke provider Internet, dan di China semua akan ikut firewall ini. Dengan adanya firewall maka akses ke situs-situs tertentu akan otomatis di-blokir.

Situs dan Aplikasi penting yang otomatis kena blokir antara lain :

  • Google.com dan semua turunannya seperti Maps, Drive, dll (kecuali Google.cn dan Google.com.hk)
  • Instagram
  • Facebook
  • Wikipedia
  • Medium, Quora
  • WhatsApp (ini sifatnya intermittent)

Untung Javamilk gak ikutan di blokir. Jadi jika Anda lagi di China tetap bisa mengakses dan membaca panduan wisata China dari Javamilk.

Jika Anda punya email penting di Gmail, pastikan sudah email dicopy atau forward ke alamat lain (misalkan icloud atau yahoomail)

Untuk itu sebelum Anda berangkat ke China perlu mempersiapkan (penyesuaian) beberapa hal yang berhubungan dengan smartphone supaya tidak kesulitan saat tiba di sana. Bagi yang hidupnya tidak terlalu bergantung dengan Google maka sebenarnya tidak terlalu masalah misalnya untuk search engine bisa pakai Bing.com (dari Microsoft).

Di sini saya sarankan Anda untuk download beberapa aplikasi sebelum berangkat untuk memudahkan Anda selama travelling. Saya pakai iPhone jadi semua screen capture aplikasi di bawah ini adalah iOS Apps, tetapi versi Android juga ada.

Baidu Maps

Baidu Maps

Baidu adalah satu-satunya apps navigasi yang paling sempurna untuk wisata di kota-kota China. Download aplikasi ini di smartphone walaupun Anda tidak bisa membaca aksara China sama sekali. Ya aplikasi ini tidak support English jadi memang repot bagi yang tidak bisa bahasa Mandarin. Coba pakai dulu untuk cari-cari landmark di Indonesia juga bisa, sekaligus supaya Anda familiar.

Simpan semua nama tempat tujuan Anda (hotel, tempat wisata, nama stasiun) dalam bahasa China di aplikasi Notes supaya bisa di copy-paste ke Baidu Maps untuk pencarian dan navigasi.

Panduan pakai aplikasi Baidu Map

Alternatif lain adalah Gaode, sedikit kurang lengkap tapi kelebihannya adalah kita bisa ketik pinyin (misalkan Guangzhou Nanzhan tanpa harus ketik 广州南站)

Jika Anda coba pakai Google Maps atau Bing (saat masih di luar China) dan mencari sebuah tempat di China, biasa koordinat point nya akan meleset beberapa ratus meter akibat perbedaan sistem GPS yang dipakai. Juga bisa jadi nama tempat dalam bahasa Inggris berbeda dengan lokasi yang ingin Anda cari.

Google Translate

Walaupun Google tidak bisa, surprisingly Google Translate bisa jalan. Aplikasi translate cukup bermanfaat jika tidak bisa membaca huruf China.

Pastikan sudah Anda download app Google Translate, lalu download dictionary Chinese (Simplified) supaya bisa diakses offline. Tentu yang paling bermanfaat dari aplikasi ini adalah bisa melakukan scan kamera ke tulisan di dunia nyata lalu secara live diterjemahkan.

Bermanfaat sekali saat duduk bengong melihat buku menu di restoran.

Live Translation

Alternatif lain adalah Bing Translator.

VPN

VPN adalah jenis teknologi yang dipakai untuk mem-bypass firewall yang saya jelaskan di atas. Terdapat banyak aplikasi baik yang gratis maupun berbayar. Biasa VPN di Indo dipakai buat nonton konten Netflix atau Hulu yang exclusive di US, tapi VPN di China ya khusus untuk bypass firewall.

Jadi Anda pakai VPN kalau terpaksa mau membuka aplikasi yang kena blok seperti Gmail, Twitter, FB, atau ingin tetap exist di dunia Instagram selagi wisata di China.

Oh ya Tiktok juga gak jalan di China, karena di sana ada versi khusus China namanya Douyin (parent company nya sama).

Aplikasi VPN yang cukup recommended:

  • TurboVPN
  • Express VPN
  • Nord VPN

Sebaiknya ada punya 2 VPN provider, in case satu sedang tidak bisa diakses Anda punya backup. Biasa provider berbayar ada policy garansi 30 hari uang kembali.

Jika Anda punya server sendiri (cloud VPS atau Amazon EC2), bisa coba implementasi Wireguard. Ini adalah software VPN yang paling mudah jika kita ingin implementasi sendiri. Tutorial implementasinya bisa dibaca di artikel ini. Hanya saja pastikan Anda punya server di lokasi yang bagus (baca: dekat) dari China, baik di US West Coast, Hong Kong, Singapore atau Jepang. Server di Indonesia tidak disarankan karena uplink nya biasa kecil.

WeChat

Hampir semua orang di China memakai WeChat (di China dipanggil Weixin, 微信) untuk messaging. Walaupun namanya aplikasi chatting, sebenarnya isinya lebih dari itu. Wechat bisa dipakai sebagai apps pembayaran (seperti GoPay), booking taksi Didi (seperti GrabCar), dan pesan makan Meituan, hingga micro game.

Jika misalnya Anda ingin bertukar contact dengan pedagang grosir atau supplier di China, pakainya ya WeChat ini.

Dengan masif-nya cashless di China, hampir semua usaha menerima pembayaran menggunakan WeChat atau Alipay. Naik kereta, bus, taksi juga 99% sudah cashless.

Wechat Pay

Bagaimana kita sebagai turis untuk memakai WeChat untuk pembayaran? Hingga saat ini belum bisa fully supported (kita bisa link Visa/Master credit card tetapi kadang gagal transaksi), jadi persiapkan uang cash untuk pembayaran dengan merchant atau beli kartu transportasi utk kebutuhan transportasi.

Pleco

Ini adalah aplikasi dictionary khusus Chinese - English. Cocok buat Anda yang ilmu bahasa mandarinnya pas-pasan alias minim. Kalau tidak bisa sama sekali mandarin, sebaiknya pakai Google Translate.

Tetapi kalau Anda ingin mencari arti Chinese character dan bisa menulis pinyin atau radical stroke-nya, Pleco adalah salah satu yang terbaik dan gratis.

Pleco App

Opsional: Mobike, Ofo, DiDi ChuXing

Mobike (摩拜单车) dan Ofo (小黄车) adalah provider rental sepeda terbesar di China (dan dunia). Sedangkan DiDi (滴滴出行) adalah ride-sharing ala Uber terbesar di China.

Tergantung keperluan Anda, kadang perlu naik sepeda untuk kebutuhan eksplorasi lebih praktis jarak dekat dan hemat kaki dibandingkan naik subway. Cukup scan QR di tiap sepeda untuk unlock, naik sepedanya hingga tujuan, lalu kunci kembali.

Untuk Mobile dan Ofo anda perlu mengisi deposit ke dalam aplikasi, seharusnya kartu kredit masih bisa di link ke aplikasi ini. Sedangkan untuk DiDi perlu link ke WeChat wallet, jika Anda belum bisa WeChat Pay maka otomatis Didi juga tidak bisa.

Airbnb

Follow @javamilk

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama