Korea Travel Guide

Gwangjang Market dan Dongdaemun (Seoul Part 4)

  • Published on

Artikel ini adalah bagian dari Panduan Jalan ke Seoul.

Gwangjang Market

Perjalanan saya di pagi hari diawali dengan ke Gwangjang Market (baru ada jam 9.00-18.00).

Untuk ke sini, pakai metro sampai Jongno-5 Station (exit 7) atau Euljiro 4 (exit 4).

Begitu masuk area market ini mungkin Anda akan bingung tidak sesuai dengan foto, karena sebenarnya ini adalah garment market. Somehow di tengah-tengah pasar ini disulap menjadi tempat berjualan makanan khas korea: tteobokki, telor gulung, kimchi, mandu, dll.

Ya gunakan insting Anda untuk navigate ke tengah-tengah bagian dari market.

Gwangjang Market

Penjual makanan di sini memang menyasar ke segment turis, jadi sudah tersedia gambar dan tulisan dalam bahasa Inggris. Tersedia kursi (paling untuk 4-5 orang per stall) untuk makan di tempat.

Gwangjang Market Gwangjang Market - Perlu dikunjungi Chef Gordon Ramsey

Dongdaemun Design Plaza

Dengan bentuk bangunan futuristik, Dongdaemun Design Plaza (disingkat DDP) adalah ruang public yang bagus untuk di foto-foto, gratis pula untuk masuk ke dalam gedung exhibition-nya.

Untuk ke sini menggunakan kereta/metro turun di Dongdaemun History & Cultural Park Station (Line 2/4, exit 1). Jika datang dari Gwangjang Market, saya pakai bus karena lebih praktis.

Dongdaemun Design Plaza

Untuk saat ini, kalau mau mencari spot foto tulisan 'I Seoul U' ya paling mudah di DDP Park ini.

Isi DDP (official website) tergantung eksibisi yang sedang berlangsung, jadi bisa jadi berbeda dengan foto saya.

Dongdaemun Design Plaza

Dongdaemun Design Plaza

Dongdaemun Shopping Market

Ada beberapa tempat shopping di Dongdaemun ini. Di seberang DDP terdapat 2-3 shopping mall yang menjual fashion, dulunya ramai sepertinya agak menurun sejak pandemi. Juga ada Doota Mall dengan Hyundai Department Store yang isinya cukup menarik.

Di sebelahnya lagi, yang menghadap Cheonggyecheon Stream adalah Pyounghwa Clothing Market. Di seberangnya terdapat hotel JW Marriot dan textile market.

Clothing Market di kiri dan kanan

Mau cari baju, sepatu dan kaos kaki lucu yah di sini. Beware untuk tas dan sepatu tidak semuanya orisinil kalau ada merk terkenal. Harga bajunya tidak murah-murah amat ya, karena bahan berkualitas dan biasa made in Korea.

Cheonggyecheon Stream

Sungai kecil yang cantik di tengah kota Seoul menjadi tempat wisata menarik. Cheonggyecheon Stream dimulai dari area dekat Gwanghwamun Station (exit 5) atau City Hall (exit 4), dan terus sampai ke timur melewati Dongdaemun, dan bermuara dengan Han River.

Anda bisa mulai dari arah sebaliknya, start dari Euljiro-3 Station (exit 4/5) atau Jongno 3 (exit 14), begitu ketemu kali ini jalan terus ke arah barat, kira-kira 1km.

Di sini ada plakat penjelasan sejarahnya kenapa begitu dibanggakan, karena awalnya sungai ini kotor dan tidak ada seni-seninya. Someday di tahun 2003 baru mulai dikerjakan dan dibikin cantik.

Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream

Seoul, Korea

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives