Daytrip ke Macau

Klook Kode Kupon 2019

Berawal dari dapat tiket pesawat murah saat Cathay Pacific Travel Fair awal tahun ini, saya kembali mengunjungi Hong Kong dan Macau. Kalau untuk Hong Kong karena sudah cukup sering, sedangkan untuk Macao terakhir saya ke sana adalah tahun 2012. Jadi ini kesempatan baik untuk update artikel panduan wisata Macau saya dengan tempat dan foto yang lebih baru.

Kali ini saya buat kunjungan ke Macau sebagai daytrip dari Hong Kong, jadi cuma 1 hari dan tidak menginap. Tapi untuk yang belum pernah ke Macau saya sarankan luangkan waktu 2-3 hari supaya puas. Kalau mau daytrip mesti bangun dan start pagi-pagi dari Hong Kong dan pulangnya larut malam.

Banyak objek wisata yang bisa kita kunjungi selama di Macau yang sebenarnya perlu beberapa hari. Tetapi jika terbatas dengan waktu Anda cukup kunjungi 5 tempat yang wajib di Macau.

Transportasi ke Macau

Jika sebelumnya kita harus pakai kapal ferry dari Sheung Wan atau Kowloon, kali ini tersedia opsi lain yaitu menggunakan bus melintasi jembatan baru antara Hong Kong dan Macau, jembatan laut terpanjang di dunia. Bus antara HK dan Macau ini ada 2 jenis, mau yang nyaman (lebih mahal) point-to-point dari Hong Kong Kowloon ke hotel di Macau (Lisboa/Parisian) seharga HK$160 oneway, atau yang lebih murah tapi repot yaitu bus umum cross-boundary (HK$65 plus transport bus dalam kota). Untuk liputan kali ini saya pakai yang murah aja ya hehehe.

Start naik MTR ke Tung Chung Station, lalu keluar dari sisi belakang CityGate Outlet Mall, tinggal tunggu bus B6 (HK$ 7). Bus ini membawa kita ke HZMB (Hong Kong Zhuhai Macau Bridge) Facilities, sebuah pulau buatan yang menyambung dekat dengan Hong Kong Airport. Begitu tiba masuk ke gedung yang keren mirip airport ini, beli tiket lewat mesin seharga HK$ 65 one way (tidak bisa beli pp). Lalu kita akan antri exit imigrasi HK. Tidak lama proses di sini, yang cukup lama adalah antri bus cross-boundary, pengalaman saya perlu hampir 20 menit baru naik bus di weekday.

HZMB Hong Kong Port

Naik bus melintasi jembatan sepanjang 55km (jika full sampai Zhuhai) perlu waktu sekitar 1 jam untuk tiba di sisi Macau. Kalau foto dari udara jembatan ini terlihat indah, tapi saat naik bus sebenarnya pemandangannya cukup membosankan, hanya melihat air, terlebih bus tidak bisa jalan ngebut. Perlu diingat sinyal kartu SIM jika beli di Hong Kong akan hilang saat di tengah jembatan kecuali Anda membeli paket roaming.

Tiba di sisi Macau, lewati imigrasi Macau (bebas visa bagi WNI) Anda bisa sambung dengan bus 101X (Senado Square, Hotel Lisboa) atau 102X menuju Hotel Lisboa. Tarif 6 Macao Pataccas, bisa dibayar dengan koin HK Dollar (1:1).

Itinerary Daytrip Macau

Wajib hukumnya kalau ke Macau mengunjungi Senado Square dan Ruins of St Paul Church. Jadi inilah destinasi pertama saya, dengan berjalan kaki sekitar 500 meter dari Hotel Lisboa.

Senado Square

Jangan lewatkan pula mencicipi Portuguese Egg Tart khas Macao di Margaret's Café e Nata, atau juga di toko-toko bakery lain yang rasanya enak beda-beda tipis.

Dari Senado Square kita tinggal ikuti saja kerumunan orang, sambil shopping atau membeli snack yang dijual sepanjang jalan. Semua orang tujuannya adalah ke St Paul Church (Ruínas de São Paulo), sebuah UNESCO World Heritage Site.

Ruins of St Paul Church

Setelah mengisi perut makan siang, lanjut dengan bus 26A menuju ke Studio City di Taipai Island. Dulu saya datang belum ada nih, jadi saatnya menjajal hotel baru walau cuma numpang lewat saja. Studio City terkenal dengan ferris wheel di tengah-tengah gedung nya, berbentuk angka 8 yang pasti dipercaya membawa hoki. Anda bisa beli tiket ferris wheel ini on the spot atau beli online satu hari sebelumnya.

Studio City

Sebelahnya Studio City adalah Hotel Parisian, dan sebelahnya lagi adalah Venetian Macao yang terkenal. Walaupun namanya 'sebelahan' sebenarnya kompleks masing-masing hotel sangat besar jadi Anda bisa habis waktu jika mau masuk satu-satu.

Parisian Hotel

Parisian Hotel tidak kalah mantap dibanding Venetian Hotel, dekorasinya berasa wah secara interior, apalagi di sisi luar beneran dipasang Eiffel Tower yang benar-benar mirip dengan yang di kota Paris. Dilengkapi dengan lift untuk naik ke puncaknya pula!

Kaki mulai capek? Saatnya makan eggtart mahal di sini, tertarik sama Sally Eggtart yang ada selfie sama David Beckham nya (ini adalah iklan komersial milik Hotel Parisian).

Sally Eggtart

Venetian Macao saya tidak masuk lagi karena hari sudah mulai gelap juga dulu pernah datang (baca di sini).

Untuk kembali ke HZMB Macao Port, saya naik free shuttle milik Parisian Hotel ke Macau Outer Ferry Terminal dulu, lalu tukar bus HZMBus (warna kuning, gratis juga), halte stop nya adalah di paling ujung.

Proses kembali ke Hong Kong sama seperti datangnya, jadi tinggal dibalik saja.

Klook.com

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama