Main Salju di Yuzawa Niigata Ski Resort

Jika Anda mengunjungi Jepang di sekitar bulan Desember hingga April, luangkan waktu untuk sekedar main salju di ski resort yang banyak di sekitar Jepang.

Tidak perlu jauh-jauh ke Sapporo Hokkaido untuk melihat salju, tempat main salju di sekitar Tokyo yang paling mudah dikunjungi adalah daerah Yuzawa (Niigata Prefekture), Hakuba (Nagano) dan Karuizawa. Semua bisa dikunjungi dengan perjalanan kereta sekitar 1-2 jam.

Di wilayah Niigata terdapat banyak ski resort yang bisa menjadi pilihan. Tinggal cari mana yang kira-kira sesuai atau dekat dengan tujuan Anda. Rata-rata ski resort di Jepang mengenakan tarif ¥4500-5500 untuk 1-day Lift Ticket, dan ada diskon kalau ambil 2-day Lift Ticket. Ini adalah ticket jika Anda ingin main ski atau snowboarding. Tapi kalau hanya ingin injak salju atau main di snowpark, biasa hanya cukup beli tiket gondola ~¥1500-2000.

Untuk ke Yuzawa atau Karuizawa Anda tidak perlu sampai beli JR Whole Japan Pass (29000 yen), tapi cukup beli JR East Pass Niigata (18000 yen), sudah bisa cover perjalanan kereta dari Tokyo hingga Echigo-Yuzawa atau Gala-Yuzawa.

Baca juga: Panduan Jalan ke Jepang.

Gala Yuzawa

Yang paling populer buat turis adalah Gala Yuzawa, di mana sudah lebih 'tourist friendly' dengan banyaknya petunjuk, brosur, dan website khusus bahasa Inggris.

Gala adalah ski resort yang mempunyai stasiun shinkansen sendiri. Jadi jika dari Tokyo Anda bisa naik Joetsu Shinkansen dan berhenti langsung ke Gala Yuzawa (70menit, winter only). Keluar dari stasiun shinkansen langsung adalah visitor center milik Gala Yuzawa. Jika tidak ketemu jadwal ke Gala Yuzawa, cukup pilih tujuan Echigo-Yuzawa dgn kereta yang sama. Nantinya ada shuttle bus gratis dari stasiun Echigo-Yuzawa ke Gala Yuzawa.

Di sini Anda bisa rental peralatan main salju mulai dari boots (sepatu karet), celana waterproof, sarung tangan, hingga ski boots, poles dan snowboard. Harga memang tidak murah jika hanya main sehari, tetapi ada diskon jika rental 2 hari.

Gala Yuzawa Mountain Trail Map

Rencana awal saya adalah main di sini di mid Desember, tetapi karena salju yang kurang banyak resort ini tidak membuka ski slope nya, jadi saya pindah main ke Kagura.

Selain Gala Yuzawa, ada juga Yuzawa Kogen dan Isiuchi Ski Resort, ketiganya bersebelahan (walaupun jauh2 sebenarnya), dan terdapat ski pass yang meliputi 3 gunung ini.

Yuzawa Mountain Link

Naeba dan Kagura Ski Resort

Naeba dan Kagura Mountain lokasinya lebih jauh dari Gala-Yuzawa. Naeba dan Kagura dikelola oleh Prince Resort, salah satu ski resort terbesar di Jepang. Kelebihan Naeba dan Kagura dibanding daerah Yuzawa adalah mereka buka lebih awal, bahkan bisa ada salju di awal Desember karena summit gunung Naeba setinggi 2000m, Gala hanya 1100m.

Untuk ski resort milik Prince Group, lift tiket anak-anak di-gratiskan alias free (tetap harus ambil tiket di counter).

Naeba Ski Resort Map

Kagura Ski Resort Map

Untuk Naeba/Kagura, Anda perlu tambahan transport yaitu naik bus dari Echigo-Yuzawa. Kagura sendiri ada 2 stasiun bawah yaitu Mitsunomuta (lebih ramai) dan Tashiro. Naeba juga punya 2 stasiun bawah: Schnee Daytrip Ski Center dan Naeba Prince Hotel.

Trip terakhir saya pergi ke Kagura, tepatnya main di Tashiro. Jadi berikut saya kasih informasi travelnya. FYI Tashiro lebih cocok untuk main ski dan snowboarding, jika Anda ingin main snowtube atau toboggan sebaiknya ke Naeba.

Echigo Yuzawa Bus Stop

20 menit dengan bus dari Echigo-Yuzawa ke Mitsunomuta Ropeway (¥390), 30 menit utk ke Tashiro (¥540), dan sekitar 40 menit utk ke Schnee dan Naeba (¥670). Shuttle Bus ini naiknya dari Echigo-Yuzawa Station East Exit (halte nomor 1), ada 2 jenis bus; local dan express, silakan naik mana yang Anda jumpai lebih dulu. Bayar dengan uang cash, tapi tidak bisa dengan uang kertas ¥5000 ke atas. Jika tinggal di Naeba Prince Resort, Anda bisa naik shuttle bus khusus yang gratis.

Jadwal bus untuk ski season Desember 2019- Mar 2020 bisa didownload di sini untuk lokal bus dan jadwal express bus.

Tashiro dengan Naeba Resort terhubung dengan Gondola yang dinamakan Dragondola, panjangnya sekitar 5km. Ini Anda bisa naik kalau beli joint ticket (¥6000). Tapi sebenarnya cukup main di 1 resort saja sudah habis waktu seharian.

Begitu di drop shuttle bus di Tashiro, ada toko rental dimana bisa menyewa segala kebutuhan main salju (ski, snowboard, toboggan, dan baju celana). Ski Center adalah tempat kita beli tiket (bayar tiket ski dewasa, atau sekedar naik gondola), termasuk stasiun bawah gondola naiknya di sini.

Kagura Tashiro Ski Center

Kagura Ski di foto dari Easy Trail

Main Ski

Iwappara Ski Resort

Ada satu lagi resort yang cukup terkenal di dekat Echigo-Yuzawa yaitu Iwappara. Tempatnya sekitar 10 menit dengan shuttle bus, relatif buat family dan kids karena course trail yang tidak terlalu luas.

Untuk ke sini juga pakai shuttle bus, tinggal naik di Echigo-Yuzawa East Exit. Jadwal shuttle bus ke Ski Resort Iwappara bisa dicek di sini.

Hotel di Yuzawa

Tinggal di ski resort memang lebih direcommend jika pas dapat harga yang cocok, Anda tidak perlu repot mengenai jadwal bus dan juga bisa pulang istirahat. Sayangnya website official hanya tersedia dalam bahasa Jepang, padahal banyak tiket promonya, jadi kalau mau ke sini pergunakan Google Translate.

Penginapan model Airbnb agak terbatas di sini, terakhir yang saya tinggal adalah Angel Resort, lebih dekat ke Iwaparra Ski jadi perlu shuttle bus jika tiba di Echigo Yuzawa.

Gunakan kode ATJIA2 bagi pengguna baru Airbnb untuk mendapatkan kupon kredit $20-$30. Registasi di website Airbnb ini.

Tips main salju di Jepang

  1. Sebaiknya beli dan bawa celana dan sarung tangan waterproof sendiri, anggap saja Anda beli untuk invest peralatan. Jadi hanya sewa peralatan yang bulky seperti toboggan atau ski set.
  2. Pakailah pakaian yang setebal mungkin. Intinya layering Anda harus benar.
  3. Cek snow and weather report di website masing-masing resort, atau dari website snow-forecast.com, walaupun salju turun kadang cuaca buruk yang membuat resort tutup.
  4. Bawa atau beli makanan dari luar lalu simpan di locker berbayar, karena untuk lunch restoran di resort rata-rata 1500 yen per porsi.
  5. Toboggan atau snowtube adalah aktivitas paling simpel tapi fun jika main di ski resort. Tidak perlu beli ski lift, cukup gondola ticket, atau bahkan ada resort yang langsung ada snow park tanpa perlu naik gondola.
  6. Bagi yang belum pernah ski, disarankan ambil ski lesson dulu minimal untuk bisa belajar berhenti dan memasang/melepas sepatu dari papan ski.
Klook.com
Airbnb

Follow @javamilk

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama