Nami Island

Javamilk Korea Travel
Guide

Artikel ini adalah bagian dari Panduan Jalan ke Korea.

Bagi pecinta drama korea, serial Winter Sonata mungkin jadi pemicu atau pioneer demam K-POP. Dan yang menjadi tempat memorable di serial (katanya lho yah hahhaha) adalah Nami Island.

Nami Island (남이섬 종합휴양지) adalah sebuah pulau kecil 63km di sebelah Timur kota Seoul.

Dibuat seolah-olah sebuah republik sendiri, ngakunya Naminara Republic. Jadi kalau mau masuk ke pulau ini kita harus apply 'visa' alias tiket. Tiket masuk Nami Island adalah 10,000 Won per orang, sudah termasuk tiket ferry menyeberang ke pulau. Dermaga ferry juga diberi istilah 'immigration'.

Peta Nami
Island

[

Ferry menuju Nami Island
eh.. Naminara Republic

Perjalanan ferry sekitar 10 menit, untuk pertama kali baiknya duduk di kabin dalam sambil nonton introduction slide lewat TV supaya dapat gambaran spot foto.

Tiba di dermaga pulau Nami, kita akan melewat gate traditional korea. Selepas ini kita boleh bebas berseliweran di pulau ini (yang penting ingat jam pulang). Tidak ada kendaraan karena pulau ini cuma seuprit.

Area koridor utama adalah deretan pohon tinggi yang cantik. Suasana memang dibuat romantis di sini, jadi perlu bawa pasangan yah, biar gak peluk pohon sendirian :)

Untuk lebih puas, sewalah sepeda untuk berkeliling pulau (3000 won/30 menit atau 5000 won/jam). Dengan sepeda kita bisa menjelajah ke pinggiran yang jauh lebih sepi dari turis lain.

Ada Winter Sonata statue yang tidak boleh dilewatkan..

Ini spot syuting serial Winter Sonata,

first kiss bridge...

First Kiss
Bridge

dermaga..

Jangan takut kelaparan karena ada restoran dan kafe di tengah pulau, dengan harga standard (maksudnya sama mahalnya dengan di Seoul).

Pas saya ke sini juga lagi baru masuk musim semi, jadi bunga mulai bermekaran, termasuk bunga sakura. Maple leaf juga masih ada yang berwarna merah tua. 

Cara Menuju Nami Island (Namiseom) dari Seoul

Ada 2 opsi bagi solo traveller menuju Nami Island. Pertama dengan shuttle bus, setiap hari jam 9:30 (jadwal bisa berubah) dari Insa-dong, Jonggak Station, line 1, exit 3, tunggu di halte depan Tapgol/Pagoda Park). Tiket satu arah 7500 Won utk perjalanan hampir 2 jam. Tiket harus di reserve saat peak season di summer, tapi di low season cukup datang jam 9 pagi. Pulangnya harus jam 4 sore.

Kedua adalah dengan kereta, opsi paling murah dan nyaman. Pertama ambil subway line 7, turun di Sangbong Station, lalu tukar Kyungchun (Gyeongchun) Line, turun di Gapyeong, 45 menit perjalanan (1800 Won utk line ini saja). Keluar dari stasiun ini, bisa sharing naik taksi ke Gapyeong wharf atau naik bus umum.

Info lebih detil dan terbaru bisa refer ke website Namisum.

Cari Hotel Murah