Tokyo Subway Pass, Tips dan Cara Belinya

Klook Kode Kupon 2019

Anda berencana wisata ke Tokyo dan perlu pakai moda transportasi yang hemat dan efisien, mari simak artikel ini.

Bagi orang yang pertama kali datang ke Tokyo dan berusaha memakai kereta sebagai public transport mungkin akan menjadi 'tantangan' tersendiri jika tidak mau disebut sulit. Tidak seperti kota-kota dunia lain yang relatif simple MRT nya, jaringan kereta Tokyo memang tergolong kompleks dari sisi teknis juga dari sisi pengguna jika belum terbiasa.

Inilah peta jaringan kereta Tokyo Subway, dan kereta komuter (yang ke daerah pinggiran kota) belum digambar detil di sini.

Tokyo Subway

Suica / Pasmo

Untuk membayar perjalanan kereta, Anda disarankan mempunyai IC Card, yang di Tokyo namanya Pasmo dan Suica. Kedua kartu ini dijual oleh perusahaan yang berbeda tapi fungsi dan acceptability nya sama. Tinggal isi dengan sejumlah uang, misalnya 1000-2000 yen, nanti setiap kali mau pakai tinggal tap kartu ini di gate masuk dan gate keluar.

Cocok untuk pemakai yang tidak mau pusing, juga bermanfaat jika Anda sehari hanya pakai 1-2 kali kereta saja.

Untuk anak usia 6 ke atas bisa beli Suica / Pasmo Child, tapi perlu bantuan petugas karena tidak bisa dibeli langsung di mesin.

Tokyo Subway Pass

Tokyo Subway Pass

Untuk turis, yang sehari punya target sampai 5 tempat wisata, Anda perlu beli pass sebagai solusi hemat keliling Tokyo. Dengan beli pass, ibaratnya all-you-can-eat, bisa naik kereta berkali-kali dalam waktu yang ditentukan, asalkan tap-in dan tap-out di stasiun yang di-cover pass. Tokyo Subway Pass mencover jalur dan stasiun seperti gambar di atas!

Cara Beli Tokyo Subway Pass

Begitu Anda tiba di Haneda atau Narita Airport, cari counter Visitor Information (setelah ambil bagasi). Di counter ini biasa sudah ada gambar/brosur Subway Pass jadi tinggal Anda pilih mau beli yang berapa hari.

  • Tokyo Subway Pass 24 hour, 800 Yen
  • Tokyo Subway Pass 48 hour, 1200 Yen
  • Tokyo Subway Pass 72 hour, 1500 Yen

Jika Anda datang dari kota lain, misalkan Osaka, maka bisa beli di stasiun Tokyo (yang besar seperti Ueno, Nihombashi, Tokyo, Shinjuku), atau ke toko BIC Camera. Sebagai informasi, pass ini tidak ada tarif anak-anak. Jadi untuk anak-anak di atas 6 tahun sebaiknya pakai IC Card saja juga sudah hemat.

Sesuai namanya, tiket pass berlaku 24 jam dari pertama kali dipakai, jadi bisa nyeberang hari. Pass ini berlaku di semua Tokyo Metro and Toei Subway lines (stasiun yang ada satu huruf abjad di depan angka, misalnya M17).

Cara pakainya bukan di-tap, tapi didorong masuk ke slot card reader di gate masuk, lalu anda jalan melalui gate sambil menarik kartu tersebut yang muncul di ujung gate yang Anda lalui.

Notes: ada jalur kereta yang istilahnya hybrid, dari metro bisa berubah jadi komuter, nah Subway Pass ini tidak bisa dipakai untuk porsi komuter-nya. Contohnya begini: Anda naik kereta Asakusa Line dari stasiun Asakusa (A18) ke Haneda Airport, ada kereta yang bisa direct dan ada yang harus tukar di Sengakuji (A07). Yang direct berarti Anda tidak bisa keluar di Haneda dengan kartu pass tersebut karena jalur Sengakuji-Haneda tidak dicover. Solusinya adalah turun di Sengakuji, tap-out pakai subway pass, lalu ulang masuk tap-in pakai Pasmo/Suica untuk pembayaran reguler ke Haneda.

Baca juga : Panduan Jalan Hemat ke Jepang

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama