Visa

Bebas Visa Masuk Taiwan

  • Last updated on

San-sian-tai di East Coast Taiwan

Pada umumnya semua orang yang ingin wisata ke Taiwan harus mengurus Visa Entry Republic of China (Taiwan) sebelum berangkat. Tapi sebenarnya ada sebuah pengecualian untuk pemegang passport Indonesia yang bisa mengijinkan kita masuk Taiwan tanpa perlu apply visa Taiwan. Bagaimana caranya?

Berdasarkan artikel di situs Bureau of Consular Affairs, Ministry of Foreign Affairs R.O.C (link di sini), pemegang passport Indonesia (India, Thailand, Vietnam, dan Philippines termasuk juga) yang mempunyai valid visa atau permanent resident yang dikeluarkan oleh negara:

  • Schengen Countries
  • USA
  • Canada
  • Australia * lihat catatan
  • United Kingdom
  • Jepang (termasuk pemegang visa waiver *)

akan eligible untuk program ini.

Update: Per 2016, bagi yang PERNAH punya visa yang dikeluarkan negara di atas (Schengen, Japan, USA, dll), yang sudah berakhir (expired) tapi kurang dari 10 tahun, juga bisa ikut program visa free ini. Anda tetap harus mengisi form Travel Authorization seperti di bawah ini.

Update: Per 1 Juni 2017, bagi yang pernah memiliki Visa Taiwan yang dikeluarkan 10 tahun terakhir juga bisa mengajukan Travel Authorization Certificate ini, dengan catatan tidak boleh ada catatan kode FL (Foreign Labour) atau X di lembaran visa tersebut.

Mulai 1 Agustus 2019, semua warga Indonesia yang menggunakan E-visa Australia dan New Zealand yang untuk mengajukan Travel Authorization Certificate harus masih dalam masa berlaku saat tiba di Taiwan. Pemegang Visa Jepang (Visa biasa maupun Visa Waiver) harus dapat menunjukkan riwayat kunjungan ke Jepang atau Tiket keberangkatan ke Jepang.

Jika Anda termasuk dalam rule di atas, cukup apply secara online (lewat Internet) yang namanya : ROC (Taiwan) Travel Authorization Certificate. Aplikasi ini gratis, dan begitu diisi dan di-submit akan langsung di-approve. Kita tinggal print Certificate ini dan siap berangkat.

Cara ini juga bisa dipakai untuk Anda yang ingin jalan-jalan di Taiwan pada saat transit dalam perjalanan pergi/pulang ke USA atau Jepang dengan pesawat Eva Air atau China Airlines. Juga yang naik Jetstar atau Scoot ke Jepang, pesawat biasa harus transit di Taipei dulu, anda bisa susun rutenya sehingga bisa ikut menikmati wisata di Taiwan, ibaratnya buy one get one hehehe.

Bagi Anda yang tidak eligible, tetap harus apply Visa Taiwan seperti biasa. Ikuti langkah dan persyaratannya di artikel Javamilk ini.

Cara apply Travel Authorization Certificate

Sekali lagi, Anda perlu baca dengan seksama apakah eligible untuk program ini, rulenya ada di halaman ini.

Jika eligible, pakai browser komputer dan buka URL/alamat (https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/).

  1. Langkah pertama adalah pilih bahasa (English atau Indonesia), pilih Next.
  2. Lihat alur proses di layar selanjutnya, tekan Next.
  3. Akan ditampilkan lagi persyaratan untuk eligible visa exemption program ini. Pilih Next.
  4. Masukkan detil sesuai passport: Nama, nomor passport, expiry date
  5. Masukkan Visa atau PR Number dan negara yang mengeluarkan, serta expiry date.
  6. Klik tombol Next, jika sudah confirm benar silakan lanjut ke proses berikutnya.
  7. Di layar terakhir kita akan download file PDF sebagai tanda sudah di-approve.
  8. Print PDF ini dan selalu bawa bersama passport.
  9. Tunjukkan kepada imigrasi saat masuk Taiwan.

Contoh Authorization Certificate

Authorization Certificate ini berlaku untuk stay maksimal 30 hari, dan berlaku multiple entry. Jangan lupa bawa passport lama saat berangkat jika tempelan visa ada di passport lama.

Kalau sudah beres, silakan baca Panduan Wisata di Taiwan ya!

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives