Frankfurt am Main

javamilk-eur

Frankfurt adalah salah satu kota di Jerman yang mempunyai pencakar langit cukup banyak, cukup kontras dengan kota lain yang rata-rata lebih bercorak abad 17-18 yang dipenuhi bangunan tingkat 5 saja. Frankfurt International Airport adalah bandara terpadat di kontinen Eropa dan Frankfurt yang menjadi pusat perdagangan dan perbankan, kota ini bisa menjadi tempat singgah turis dan business traveller. Frankfurt sebenarnya kota yang cukup besar, namun untuk area wisata bisa kita jelajah dalam 1-2 hari.

[ Main Tower (gedung kanan warna biru)

Transportasi

Jika tiba dari Frankfurt Airport, cukup naik kereta S-Bahn S8 atau S9 untuk menuju pusat kota. Perjalanan dengan kereta ini hanya perlu 14 menit. Tiket dapat dibeli di counter DB-Bahn di airport.

Stasiun kereta utama adalah Frankfurt Haupbahnof, pusat singgah baik dari luar kota atau datang dari Frankfurt Airport (Flughafen). Stasiun ini cukup kompak, dilengkapi petunjuk dalam bahasa Inggris. Stasiun ini adalah pertemuan U-Bahn dari sekitar Frankfurt, dan S-Bahn untuk kereta metro Frankfurt. Di sini kita bisa beli tiket kereta menggunakan automated machine, atau jika tidak mau repot bisa cari counter tiket yang dijaga staff. 1-day pass seharga 5.80 Euro sudah meliputi Airport dan kota Frankfurt unlimited ride, atau beli tiket group seharga 8.7 Euro (max 5 orang).

[

Selain kereta metro, menjelajah Frankfurt bisa dilakukan dengan naik tram. Keluar dari stasiun kereta, halte tram ada di seberang jalan, tepatnya Munchener Straße, untuk menuju objek wisata.

Jika kita beli pass harian, maka bisa naik unlimited tram dan metro. Ditambah lagi bahwa Jerman mengadopsi honour system, dimana tidak ada gate atau mesin yang mengecek tiket, jadi kita tinggal naik turun tram, atau keluar masuk stasiun kereta. Tapi jangan coba sekali-kali tidak beli tiket, karena kadang ada inspeksi mendadak dengan denda yang cukup besar.

Frankfurt Main Tower

Untuk melihat kota Frankfurt dari ketinggian, maka kita bisa menuju ke Frankfurt Main Tower. Naik kereta S1-S9 dan turun di stasiun Taunusanlage, lalu jalan ke NEUE MAINZER STRASSE. Gedung ini (ditandai nomor 18 di peta atas) bukanlah gedung tertinggi di Frankfurt (nomor 4 tertinggi di Frankfurt & Jerman), tapi memiliki observatory floor yang bisa kita naiki.

[

[

Tiket untuk naik ini dibeli saat kita tiba di lobby. Tiket normal seharga 6.50 Euro (17.50 untuk family 2+2anak).

Romer

Objek wisata yang diutamakan di Frankfurt adalah Romer (Old Town/Altstadt). Di area ini (nomor 5 di peta atas) kita dapat menjumpai bangunan-bangunan khas Bavaria dengan aksen khas warna coklat. Römer sendiri adalah gedung townhall di Frankfurt, serta gedung sekeliling bercorak abad 15, walaupun sebenarnya gedung ini baru dibangun ulang setelah Perang Dunia ke-2.

[

Untuk menuju ke sini, dari stasiun Frankfurt Hbf, kita bisa naik tram jalur 11/12.

[

[

[

Zeil

Ini adalah kawasan shopping street utama di Frankfurt, di pusat kota yang namanya Haupwache. Naik S1-S9 hingga Haupwache (nomor 2 di peta atas), atau bisa jalan kaki sambung dari Romer. Bentuknya pedestrian panjang, dengan pepohonan cukup rindang di tengah jalan. Luangkan waktu 2-3 jam kalau mau jalan atau shopping di sini.

[

Awal Zeil ini adalah shopping mall Galeria Kaufhof. Mulai dari toko buku, fashion, hingga cafe bisa ditemukan di area ini. Jangan lewatkan pula kesempatan naik ke atas Galeria, kita bisa menikmati kopi dari ketinggian ini.

[

Well, jika kurang puas masih bisa menjelalah lagi ke Historical museum di pinggir sungai Main. Jalan kaki menyusuri pinggir sungai Main juga suatu sensasi sendiri!

Jangan lewatkan artikel kota Eropa lain di Panduan Jalan Hemat ke Eropa.