Jeju Island

Javamilk Korea Travel
Guide

Artikel ini adalah bagian dari Panduan Jalan ke Korea.

Tahukah Anda kalau orang Indonesia bisa ke Jeju Island bebas visa? Nah pulau Jeju ini memang punya keunikan khusus, visanya sedikit beda dengan visa masuk Korea Selatan. Jadi bagi yang pakai passport Indonesia dan bisa terbang langsung ke Jeju Island maka otomatis tidak perlu visa Korea. Caranya antara lain adalah dengan memakai penerbangan direct dari Hong Kong menuju Jeju Island.

dol hareubang

Jeju Island adalah sebuah pulau wisata yang indah, bisa dikelilingi dalam 1-2 hari perjalanan. Untuk menikmati keindahan dan tempat wisata di Jeju ini, baiknya Anda ikut daytrip island tour atau sewa mobil sekalian untuk wisata yang lebih bebas. Transportasi public berupa bus memang ada tetapi jadwalnya agak lama sehingga bisa habis waktu.

Bagi yang tergila-gila dengan drama korea, terlebih serial seperti Secret Garden tentu sudah tahu beberapa bagian Jeju Island yang menjadi background cerita. Jadi mungkin motivasi Anda ke Jeju setelah melihat serial2 semacam ini.

Penerbangan ke Jeju

Normalnya kita bisa wisata ke Jeju Island (kode airport: CJU) dengan penerbangan dari Seoul Gimpo Airport atau Busan Airport. Beberapa maskapai bisa kita pilih, mulai dari Korea Airlines (KE) hingga yang model LCC seperti Jin Air dan Jeju Air.

Sedangkan kalau datang dari Hong Kong, mau memakai fasilitas visa-free, kita bisa pakai maskapai Hong Kong Express dan DragonAir dengan harga sekitar HKD 1000/one way.

Tempat Wisata di Jeju Island

Pusat kota Jeju Island (Jeju-si) adalah di bagian utara pulau, tidak jauh dari Jeju International Airport. Di Jeju-si inilah pusat keramaian, hotel, serta restoran banyak ditemui. Sedangkan tempat wisata umumnya di timur dan selatan pulau, jadi memang kita harus mengambil rute mengelilingi pulau supaya efisien. Plan carefully tempat wisata yang ingin dikunjungi, lalu cek lokasinya di peta dan sesuaikan urutannya, supaya tidak bolak-balik perjalanan.

Untuk yang berkeliling Jeju Island dengan mobil rental, saya suggest utk menyimpan nomor telepon tempat wisata yang akan dikunjungi, lalu masukkan nomor telepon ini sebagai destinasi di alat GPS yang ada di mobil sehingga Anda bisa navigasi dengan cepat. Maklum hampir mustahil mengisi alamat di GPS yang pakai bahasa Korea. Nomor telepon tempat wisata Jeju bisa Anda dapatkan dari website tourism Korea ini.

Seongsan Ilchulbong

Seongsan Ilchulbong alias 'Sunrise Peak' adalah jualan utama pulau Jeju, berupa geopark dan kawah gunung berapi yang sudah tidak aktif dan mendapat predikat situs UNESCO World Natural Heritage serta 7 New World Wonder. Jadi jangan heran setiap hari selalu penuh dengan wisatawan dan tour bus yang datang.

Tiket masuk seharga 2000 Won per orang, atau 1600 Won kalau datang minimal ber-10. Anak-anak dikenakan setengah harga.

Monumen Seongsan Ilchulbong

Kawasan wisata ini sangat luas dan perlu jalan kaki yang lumayan kalau mau menikmati 'main course'-nya. Perhatikan foto di atas, di mana ini adalah lokasi pintu masuk. Kita akan berjalan menaiki bukit melalui jalan setapak yang dipagari hingga puncak gunung setingga 180mdpl. Terlihat titik titik kecil di area pagar di kejauhan adalah orang-orang yang sedang jalan naik.

Foto Seongsan Illchulbong dari atas Sumber foto : Wikipedia

Sekali lagi siapkan kaki dan sepatu yang enak kalau mau naik hingga bibir kawah ini. Ratusan anak tangga harus kita tempuh dalam waktu hampir 30 menit. Semakin tinggi akan semakin curam, tetapi reward yang didapat pasti sebanding, bisa foto-foto cantik. Jangan lupa bawa air minum, walaupun hawa sejuk tapi pasti kita akan dehidrasi.

Tinggi ya :)

Javamilk @ Top of Seongsan Ilchulbong

Saat turun kembali ke area pintu masuk, jangan takut kelaparan. Ada beberapa restoran yang menjual snack hingga makanan berat. Bahkan Jeju Ice Cream dengan cone yang panjang meliuk dan otentik bisa kita beli di sini.

Jeju Miniland

Ke Jeju Miniland ini ibarat kita keliling dunia dalam waktu 1 jam. Berbagai monumen terkenal di dunia disajikan di sini dalam bentuk miniatur, yang hampir semuanya dibuat cukup detil sehingga sangat mirip kalau di-foto. Rata-rata dibuat dalam skala 1/15 atau 1/30 terhadap ukuran bangunan aslinya.

Lokasi Jeju Miniland ini adalah di tengah perjalanan antara pusat kota Jeju dengan Seongsan Illchulbong, sehingga bisa menjadi stop pertama Anda. Katanya ini salah satu lokasi syuting drama korea "Which Star Are You From" (wah mana tahu ane ini film apa hehehe).

Jangan lewatkan indoor exhibition yang dekat pintu keluar. Di sini terdapat cuplikan animasi ilustrasi landmark seluruh dunia yang menurut saya sangat bagus.

Miniatur Neuschwanstein Castle

Jeju Miniland

Cheonjiyeon Falls

Orang ke sini tujuannya sih buat lihat air terjun. Tapi menurut saya pemandangan di area ini yang cukup indah dan romantis, secara air terjun juga banyak di Indonesia yang tinggi-tinggi.

Airnya nan bening ibarat kaca, benar-benar dijaga keindahannya oleh penduduk setempat.

Lihat backgroundnya aja yah :)

Lebih cakep aslinya

Jeju Folk Village

Untuk wisatawan pakai tour, salah satu stop yang wajib adalah mengunjungi Seongeup Folk Village, alias desa tradisional Jeju. Tempat semacam ini digambarkan dalam serial Dae Jang Geum* (大長今) alias Jewel in the Palace, walaupun ini bukan tempat shooting aslinya.

Di sini kita bisa mendapat tur singkat tentang bagaimana cara hidup tradisional penduduk Jeju dalam bercocok-tanam, dan yang terpenting adalah cara memproduksi madu. Nah madu inilah intisari dari tempat ini karena menjadi jualan utama ke turis yang datang dengan cara tour. Kalau Anda keliling Jeju dengan mobil sendiri, better skip this one.

Jeju Love Land

Love Land Ticket Nah, ini tempat yang cocok buat orang yang berumur 21 tahun ke atas. Dengan tiket seharga 9000 Won, kita akan memasuki dunia sex outdoor museum. Tiket masuknya aja udah gambar ginian.

Penasaran isinya seperti apa? Masuk dong kita hehehe.

Jadi tempat yang berupa taman ini menampilkan patung-patung atau ornamen yang tidak jauh dari urusan alat kelamin baik pria maupun wanita. Juga pose-pose yang provokatif. Walaupun begitu kita lihat dalam bentuk art sekaligus entertainment.

Jeju Love Land Park

Banyak lagi yang bisa dilihat di sini, saya hanya tampilkan sebagian kecil foto. Terlebih waktu yang saya miliki tidak banyak karena hari sudah menjelang gelap saat tiba di sini.

Jusangjeolli Seogwipo

Jusangjeolli Rocks

Formasi batu-batu hasil letusan gunung yang didinginkan oleh air laut menjadi objek wisata di Jeju. Memang di foto terlihat tidak terlalu istimewa, tapi kalau Anda datang melihat dengan mata sendiri akan lebih menarik. Ada batu berbentuk kotak-kotak, ada yang berbentuk hexagonal. Terlebih tempat ini tergolong sangat ramai dengan turis, sebaiknya datang sepagi mungkin.

Tempat Wisata Yang lain

Satu tempat lagi dimana formasi bebatuan menyerupai kepala naga, di dekat Jeju Airport, saya rasa Anda bisa skip saja. Ini jualannya untuk turis dari China :)

Juga ada Teddy Bear Museum (Teseum), bisa menjadi opsi jika Anda punya waktu lebih atau mau membeli boneka teddy bear ala Jeju Island.

Oleh-Oleh Khas Jeju

Selain madu yang dihasilkan dari Jeju, oleh-oleh lain yang bisa Anda beli adalah buah jeruk. Di pinggir jalan kadang terdapat toko cendera mata sekaligus kebun jeruk atau kebun teh yang bisa kita singgahi. Dan tentu saja coklat yang menjadi borongan standard, juga diberi perasa jeruk khas Jeju. Satu lagi adalah coklat omija atau dikenal dengan Jeju Cactus. Omija sendiri artinya punya 5 rasa, kayak nano-nano. Selain coklat ada yang dibuat dan dicampur ke dalam kemasan teh.

Jangan khawatir kalau masih punya uang sisa banyak. Di Jeju International Airport juga menjual semua oleh-oleh yang saya sebut di atas.

Kalau saya sih sudah bahagia bisa minum soju langsung di Korea hehehe. Bisa coba merek Hallasan (merek Jeju) juga merek Chamisul yang terkenal.

Korean Soju, Coklat

Hotel di Jeju

Saya menginap 2 malam di Jeju Island, tepatnya di Jeju KAL Hotel, salah satu jaringan hotel milik Korean Airlines. Lokasinya di pusat kota Jeju, mau cara makan atau supper cukup jalan kaki beberapa blok.

Kalau mau napak tilas drama korea serial Secret Garden, nah hotel tempat tinggalnya di syuting di Seaes Hotel & Resort Jeju. Kursi yang jadi tempat bench-kiss juga ada bahkan dikasih bukti foto scene-nya * tepok jidat *.

Lanjut ke artikel berikutnya: Nami Island alias Winter Sonata Island.

Cari Hotel Murah