Sun Moon Lake

](//javamilk.com/panduan-jalan-ke-taiwan)

Salah satu tempat wisata yang biasa menjadi tujuan orang wisata ke Taiwan, terutama yang menjelajah ke daerah Selatan, adalah mengunjungi Sun Moon Lake (dalam huruf kanji 日月潭). Terletak sekitar 2 jam perjalanan bus dari kota Taichung, Sun Moon Lake bisa kita kunjungi sebagai daytrip.

Pada kunjungan pertama saya ke Taiwan 5 tahun lalu memang tidak ke sini, pertama karena keterbatasan waktu, juga karena berpikir cuma lihat danau? Tapi kesempatan kunjungan tahun 2018 ini Sun Moon Lake masuk ke dalam itinerary saya. Apakah worth visiting? Baca terus ya...

Sedikit gambaran itinerary Taiwan saya kali ini adalah mendarat pagi di Kaohsiung pakai Cathay Dragon, langsung naik kereta ke Taichung. Menginap 1 malam di Taichung, di mana keesokan harinya daytrip ke Sun Moon Lake, malam langsung kembali ke Taichung HSR naik High Speed Train ke Taipei, nginap 4 malam, dan pulang ke Indo nya dari Taipei pakai CX.

Transportasi ke Sun Moon Lake

Jika datang langsung dari Taipei atau Kaoshiung, cukup naik bullet train (HSR) hingga Taichung HSR. Tiba di stasiun HSR, turun eskalator ke ground level (satu level di bawah ticket gate), di situ terdapat counter bus menuju Sun Moon Lake. Dijual tiket bus saja, tapi saya suggest beli paket saja, namanya Sun Moon Lake Pass. Yang saya pilih adalah yg seharga NTD 730, dapat bus pp, ropeway (gondola), round-the-lake bus, tiket ferry pp, serta voucher diskon sewa sepeda. Ada juga yang NTD 1100 yang dapat tambahan tiket masuk Aboriginal Village.

Setelah beli tiket atau pass, tinggal antri di bay keberangkatan bus. Karena itu hari Sabtu jadi antrian cukup panjang, tapi ternyata muat juga semua orang ke dalam 1 bus. Jadwal bus bisa lihat di sini, basically ada setiap 25 menit, dengan lama perjalanan 1,5jam jika dari Taichung HSR, atau hampir 2 jam jika dari pusat kota Taichung Railway Station.

Shuishe

Tiba di Sun Moon Lake, lokasi tepatnya di Shuishe Visitor Center (日月潭水社遊客中心), saya pilih langsung sewa sepeda untuk mengelilingi danau. Dapat harga sewa NTD 300 untuk main seharian, siaplah kita menjelajah 日月潭. Rute sepedanya gak jauh kok, cuma sekitar 5km (kayaknya ya) dan hampir semuanya adalah dedicated line (jadi aman gak campur sama jalan raya). Kita akan diberi peta sepeda, tapi sebenarnya lebih untuk menujukkan nama-nama spot wisata, karena jalur sepedanya gak bakalan nyasar.

Ini spot pertama, sekitar 500 meter dari Shuishe Visitor Center, oke I was sold. Memang Sun Moon indah dilihat pakai mata sendiri. Danaunya relatif tenang, suasana sejuk, dan lingkungan asri.

Dedicated bicycle path

Berikutnya adalah foto dengan si batu ini, katanya wajib foto sama batu ini haha.

Xiangshan

Xiangshan

Next stop adalah Xiangshan Visitor Center, tempat ini oke banget buat spot foto.

Xiangshan Visitor Center, design perpaduan alam dan man-made

Tidak jauh dari situ adalah Xiangshan Scenic Lookout, sebuah jembatan yang dibuat menjorok keluar ke arah danau. Jembatannya terbuat dari besi sih, tapi karena di-design seolah 'nongol' jadi ada getaran2 kalau pas kita berdiri di ujung jembatan ini.

Scenic Lookout

Perjalanan sepeda saya lanjutkan lagi hingga ketemu platform tempat orang olahraga kayak, tapi sebenarnya cukup sampai Xiangshan saja sudah dapat lah highlight bike path.

Sepeda kembali ke Shuishe sudah waktunya makan siang, saatnya makan MOS Burger yang bertebaran lebih banyak daripada McD kalo di Taiwan.

I Ta Thao

Ferry yang shuttle Shuishe dan I Ta Thao

Ferry dari Shuishe Pier ke Yidashao Wharf (lokal ditulis I Ta Thao), sepanjang perjalanan akan diberikan informasi oleh sang kapten dalam bahasa Mandarin tentang beberapa highlight di danau ini, termasuk lelucon khas Taiwan kalau Anda mengerti bahasanya. Coba deh dicocokkan apakah dia selalu joke tentang handphone yang kecemplung ke danau, tulis di comment bawah ya.

Saya lupa persisnya waktu tempuh ferry ini, sepertinya hanya sekitar 20-30 menit sudah sampai I Ta Thao Wharf, ya mungkin tidak berasa karena sepanjang perjalanan diisi dengan informasi dan joke tadi.

I Ta Thao Pier

Yidashao (I Ta Thao) Wharf ini bisa jadi tempat Anda beli souvernir khas di sini; seperti kipas, magnet, atau minyak gosok. Tidak perlu diburu waktu kalau Anda tidak datang dengan tour, jadi bisa santai wandering 2-3 blok di sini melihat-lihat, atau bahkan makan siang.

Sun Moon Lake Gondola

Gondola, makin sore makin berkabut

Untuk naik gondola masih perlu jalan lagi sekitar 400m baru sampai cable car lower station. Pas saya datang adalah bulan Januari memang bukan peak season walaupun itu hari Sabtu, jadi gondola tidak ada antrian.

Di stasiun atas adalah pintu masuk ke Formosan Aboriginal Village, ini ibaratnya theme park di puncak bukit.

Summary

Kurang lebih saya sampai jam 5 sore di Sun Moon, selanjutnya kembali ke Taichung dengan bus, lalu mengejar kereta HSR ke Taipei supaya tidak kemalaman sampai hotel. Oh ya, tiket kereta HSR bisa dibeli lewat website Klook, lebih murah dan open-date, sampai kita tukar/reserve dengan jadwal fix di stasiun.

Cari Hotel Murah