Hongkong MTR Tourist Pass

Published on

Hongkong MTR adalah salah satu mass rapid transit terbaik di dunia dalam hal kenyamanan dan aksesibilitas. Begitu mudahnya menggunakan moda transportasi yang satu ini sampai turis juga tidak banyak mempertanyakan sistem tiketing dan cara kerjanya. Pesan orang cukup: pokoknya ke stasiun beli dan isi kartu Octopus dan tinggal pakai dengan cara tap di pintu masuk.

[

Kali ini mari kita membedah produk MTR khusus untuk turis yang mungkin belum diketahui luas. Ada 3 macam tiket/kartu MTR yang dipasarkan khusus untuk turis yang sifatnya all-you-can-go, berbeda dengan Octopus yang sifatnya pay-as-you-go.

  1. Tourist Day Pass
  2. Cross-Boundary Travel Pass
  3. Airport Express Travel Pass

Untuk membeli pass semacam ini cukup datang ke loket di dalam stasiun, lalu informasikan ke petugas jenis kartu yang ingin kita beli (tidak ada waktu untuk tanya-tanya karena biasa antrian lumayan panjang). Passport perlu ditunjukkan saat pembelian.

Tourist Day Pass

Kartu ini mengijinkan pemakai untuk naik MTR train sepuasnya alias unlimited journey sejak pertama kali tap di stasiun hingga 24 jam berikutnya. Kita bisa pakai untuk semua rute kereta (kecuali Airport Express dan stasiun Lo Wu & Lok Ma Chau). Harganya adalah HK\$ 55 per kartu untuk dewasa dan HK\$ 25 untuk anak-anak.

Cross Boundary Travel Pass

Kartu ini dibeli jika kita ada kebutuhan untuk pergi ke Shenzhen menggunakan kereta. Dengan kartu ini: sama seperti Tourist Day Pass di atas, ditambah 2 single journey untuk dari/ke Lo Wu atau Lok Ma Chau (stasiun perbatasan dengan Shenzhen). Harga kartu ini HK\$ 85 untuk 1 hari dan HK\$120 untuk 2 hari masa aktif.

Airport Express Travel Pass

Dengan kartu ini kita bisa menggunakan MTR unlimited selama 3 hari berturut-turut ditambah perjalanan dari/ke HKIA menggunakan Airport Express Train. Harga kartu pass ini HK\$ 220 untuk satu pemakaian Airport Express atau HK\$300 untuk 2 kali pemakaian Airport Express.

Hitung-hitungan

Nah, tentu tidak harus kita pakai salah satu kartu di atas jika hitung-hitungan pemakaian kita tidak sebanyak atau mencapai harga pass di atas. Jika Anda berencana jalan-jalan di Hongkong lebih dari seminggu dan mode santai, kemungkinan besar menggunakan Octopus lebih enak dan simple.

Jika kita menggunakan Octopus (pay as you go) biasa, tarif MRT berkisar dari HK\$ 3.6 untuk jarak 1 stasiun hingga HK\$ 22 untuk jarak terjauh selain Lo Wu dan Lok Ma Chau. Jika kita mau ke Shenzhen, kereta dari Central ke Lo Wu tarifnya adalah HK\$ 40.8.

Sedangkan kereta Airport Express jika dibeli tiket biasa adalah HK\$ 100 untuk single journey dan HK \$ 180 untuk return journey ke Central.

Nah, Tourist Day Pass seharga \$55 tidak akan masuk jika kita hanya main-main di sekitar Kowloon dan Central (Blue Line dan Red Line), kecuali kita pakai setidaknya 5 kali cross island ini. Tetapi akan lebih bermanfaat jika kita berencana pergi ke Disneyland (tarif HK\$20 satu arah dari Central) atau ke Tung Chung (wisata Giant Buddha).

Cross Boundary Travel Pass sendiri akan selalu bermanfaat jika kita melakukan day trip ke Shenzhen.

Airport Express Travel Pass juga good bargain jika kita berencana naik kereta begitu tiba di Hong Kong International Airport. Begitu dipakai pertama kali maka 72 jam berikutnya kita sudah dalam mode unlimited ride.

Terlihat cukup rumit jika kita banyak perhitungan, namun jika sudah terbiasa kita bisa melakukan mix-and-match pemakaian pass. Misalkan untuk seminggu di Hongkong kita bisa beli Airport Express Travel Pass untuk 3 hari pertama, lalu menggunakan Octopus card untuk pemakaian hari selanjutnya. Dengan begini 3 hari pertama kita plan mengunjungi tempat yang jauh-jauh dulu seperti Disneyland, Ngong Ping, atau Sha Tin.

Selamat mencoba!