Sydney Taronga Zoo

Satu tempat yang wajib Anda kunjungi saat wisata bersama anak-anak tentu adalah ke kebun binatang. Untuk di Sydney, kita wajib ke Taronga Zoo.

Artikel ini adalah bagian dari Panduan Wisata di Sydney.

Lokasinya seperti enclave, tidak di pusat kota, tetapi tidak jauh di luar kota (seperti Werribee di Melbourne, baca di artikel Javamilk ini).

Transport ke Taronga Zoo

Cara yang paling gampang dan recommended adalah menggunakan ferry dari Circular Quay. Perjalanan cuma 12 menit sudah tiba langsung di kawasan Taronga (perlu naik cable car lagi ke pintu masuk/loket, free included dgn zoo tiket).

Bayar ferry pakai kartu Opal. Tarif $6,43/one way di weekday, kalau weekend bisa lebih hemat karena dapat Opal tarif maximum di $8.40/hari.

Jika Anda datang dari kawasan CBD (Queen Victoria, Town Hall), bisa naik bus nomor 100, dengan lama tempuh sekitar 30-35 menit.

Tiket Taronga Zoo

Anda bisa beli tiket lewat Klook (biasa ada promo diskon), atau direct ke website Taronga Zoo.

Tersedia tiket satuan ($50/adult), juga dalam bentuk combo family (misalkan 2A+2Child). Anak usia 3 tahun ke bawah tidak perlu tiket.

Exhibits

Menurut saya Taronga Zoo adalah on of spot foto yang recommended dengan latar belakang Sydney CBD.

Best Photospot of Sydney CBD

Buat orang dewasa pun tempat ini cukup menarik, apalagi membawa anak-anak. Hewan 'standard' Australia ya pasti bisa dijumpai di sini seperti kangoroo dan koala.

Zoo Map

Seperti tempat wisata lainnya, makanan dan minuman di sini tergolong mahal. Untuk minum bisa gratis sih dari tap water yang tersedia, sedangkan makan siang ya Anda bisa beli di sini, atau bawa dan simpan di tas.

Koala

Gajah

Kangguru

Ada satu exhibit khusus yang mungkin akan berkesan buat orang Indonesia. Satu kawasan dinamakan Tiger Trek, dibuat dengan nuansa dan tema mirip seperti di Way Kambas Lampung, Sumatera. Tentu lengkap dengan nama lokal, dan motor bebek Honda. Isinya kawasan ini adalah harimau sumatera.

Ini di Sydney ya

Dinner Time

Karena tiket yang cukup mahal, saya sarankan explore kebun binatang ini hingga tutup. Perhatikan waktu di mana terdapat special show dengan hewan-hewan seperti pinguin, jerapah, burung, dll. Ukuran taman yang cukup luas, jadi mungkin Anda tidak cukup waktu menjelajah dan mengikuti semua show yang ada.

Seperti biasa di Sydney, waktu tutup Taronga Zoo seperti pegawai kantoran, jam 4.30 sore, mentok2 jam 5 sore di weekend.

Kembali dengan ferry ke Circular Quay, atau bisa naik bus 100 (ini relatif lebih sepi di sore).

Untuk dinner, saya mampir ke Hurricane's Grill Circular Quay, salah satu restoran yang recommended untuk menikmati barbequeu ribs dan steak di Sydney (ada cabang juga di tempat lain seperti Darling Harbour, dan di Gold Coast Surfers Paradise)

Signature dishnya adalah pork ribs, bisa dipesan full-rack maupun half-rack.

Man vs Food

Klook.com

Cari Hotel Murah

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama