Taipei - Part 2

Artikel ini lanjutan dari Panduan Jalan ke Taipei - part 1.

Menjelalah tempta wisata Taipei (台北) secara lengkap rasanya perlu waktu seminggu deh, sayang saya cuma ada 2 hari pada kunjungan kali ini, biar disimpan untuk next trip hehehe.

Taipei 101

Itinerary pertama di Taipei yah tentu mengunjungi landmark kota Taipei, yaitu gedung Taipei 101, mantan gedung tertinggi di dunia sebelum diambil oleh Burj Kalifah Dubai. Untuk menuju Taipei 101, naik MRT Red Line dan keluar di TAIPEI 101 Station, Exit No.4.

Little Damper di Entrance Mall 101

Nama gedungnya secara lengkap sebenarnya adalah 101 Taipei Financial Center, jadi gabungan antara observatory, perkantoran, dan bawahnya berupa shopping mall. Observatory dibuka jam 9 pagi hingga 10 malam, tergantung kita mau ambil view terang atau malam.

Tiket dapat dibeli on-the-spot, tepatnya di lantai 5 gedung 101, seharga NT$ 500. Antrian untuk naik ke gedung ini tergolong cukup panjang, 1-2 jam saja teman-teman, tapi yah memang layak dikunjungi deh gedung-gedung tinggi semacam ini.

](//javamilk.com/panduan-jalan-ke-taiwan/taipei/)

Pertama kita akan naik lift super cepat, pemegang Guinness World Record, 37 detik saja dari lantai 5 ke lantai 89! Liftnya di-design seperti roket yang seolah-olah menerbangkan kita ke luar angkasa.

Lantai 89 adalah observatory floor tempat kita melihat 360° kota Taipei sambil foto-foto. Jika cuaca terang kita bisa melihat jauh hingga puluhan kilometer.

Sedangkan lantai 88 kita akan melihat damper, sebuah bola raksasa dengan tali besi yang menjaga kestabilan gedung saat diterpa angin kencang yang sering melanda Taiwan. Damper ini sekaligus menjadi simbol dan souvernir Taipei 101, jadi saya recommend beli deh. Selain itu juga bisa mempelajari sejarah pendirian gedung 101 serta objek wisata di Taiwan.

Selesai dari sini, kita makan siang dulu di foodcourt yang ada di dalam mall. Semangkok beef noodle yang super empuk ini harganya NT\$198 saja. Juga kalau mau cari yang sudah terkenal di Indonesia seperti restoran Din Tai Fung atau Chatime juga ada di dalam 101 Mall.

Di seberang gedung Taipei 101 adalah Shinkong Mitsukoshi Shopping Complex yang cukup luas, ini semacam SOGO lah kalau mau mencari pakaian atau barang branded.

Shilin Night Market

Kalau malam jangan bingung mau ke mana selama di Taiwan.. pastikan tiap malam datang ke night market. Nah, kalau di Taipei yang paling terkenal adalah Shilin Night Market.

Cukup naik MRT ambil jalur merah dan keluar di Jiantan station, atau bisa juga Shilin Station (士林). Petunjuk akan cukup jelas di sini, basically hanya menyeberang jalan kita akan langsung tiba di TKP.

Areanya cukup luas, dengan beberapa gang kecil yang menjual mulai pakaian dan aksesories, hingga gadget smartphone dan aksesories seperti casing handphone. Bukanya hingga tengah malam, jadi tinggal masalah uang dan kantuk yang dipertaruhkan di sini. Juga bisa mencoba mengunjungi Modern Toilet cafe, mungkin pernah Anda lihat di TV atau internet, di mana kursi duduk serta peralatan makan eskrim kita dibuat menyerupai toilet.

XIMENDING

Kawasan Ximending

Satu lagi area shopping street yang terkenal di Taipei adalah Ximending (西门盯). Lebih terkenal dengan fashion street karena menjual pakaian modis dengan merek lokal. Di sini untuk makanan lebih berupa restoran dibanding kaki lima.

Ximending terletak di jalur biru jika pakai Taipei Metro, satu station dari Taipei Main Station. Punya stasiun sendiri namanya Ximen, exit 6.

Area Ximending ini meliputi beberapa jalan, cukup ikuti kaki saja mau melangkah ke mana, atau ikuti keramaian, tidak mungkin nyasar.

Gerbang Pedestrian

Suasana Malam di Ximen

Jika Anda ingin tinggal di hotel murah daerah Ximending ini, ada chain hotel Go Sleep Hankou dan Go Sleep Xining yang berdekatan dan harganya lumayan ok sekitar USD 70-80.

Untuk makan juga banyak pilihan di sini, mulai dari yang snack ringan hingga restoran untuk makan berat. Saat di sini jangan lewatkan toko Ay Chung Fluor Rice Noodle yang selalu ramai dengan antrian orang yang ingin menikmati semangkok mie berkuah panas (NTD 50,non halal). Makannya cukup berdiri di depan toko, tidak ada kursi.

Okay, kita lanjut explorasi Taipei besok lagi, di Panduan Jalan di Taipei - Part 3.

Cari Hotel Murah