Tempat Wisata di Sydney - Part 1

Sydney, ibukota negara Australia... err 7 dari 10 orang akan menjawab itu, walaupun sebenarnya ibukota yang benar adalah Canberra. Bersama dengan Melbourne dan Gold Coast, merupakan 3 destinasi liburan utama turis ke Australia.

Kali ini Javamilk akan bahas tentang Sydney. Silakan klik link jika ingin baca artikel tentang Melbourne dan Gold Coast.

Artikel tentang Sydney akan saya bagi menjadi beberapa halaman, beberapa artikel masih in progress, silakan klik link jika sudah tersedia:

  1. Sydney Overview (halaman ini)
  2. Taronga Zoo
  3. Blue Mountain

Baca juga halaman utama Panduan Jalan ke Australia.

Transportasi

Sydney mempunyai jaringan kereta yang cukup luas menjangkau suburb, juga untuk dalam kota dilengkapi dengan bus dan tram (di sini disebut light rail), juga ada kapal ferry.

Untuk keperluan transportasi, tergolong cukup mahal. Jadi Anda sebaiknya membeli travel card, yang dinamakan Opal Card, prepaid card yang kita isi nilai lalu tinggal di tap setiap naik kereta atau bus.

Tarif ditentukan oleh jarak, juga berdasarkan waktu naik (peak hour lebih mahal dari pada jam off-peak). Misalnya naik bus off-peak paling dekat tarifnya $2.24, metro tarif terdekat $2.52. Supaya hidup lebih mudah, gunakan Journey Planner untuk mencari opsi transportasi tujuan Anda.

Tarif ini ada cap (maximum charge) sehingga kita tidak mungkin membayar lebih dari $16.10 dalam sehari, $50 dalam seminggu, khusus hari Sabtu Minggu cap di \$8.05. Jadi jika Anda punya rencana naik kereta ke Blue Mountain atau tempat yang cukup jauh, sebaiknya dilakukan di weekend.

Di bawah ini adalah gambar sebagian dari jaringan kereta Metro, normalnya kita kalau main di dalam kota hanya mutar-mutar di Central - Circular Quay, paling jauh sampai North Sydney.

Sydney Metro Map

Sedangkan kereta jarak jauh ada peta lain, yang bisa kita pakai misalkan ke Katoomba (Blue Mountain) atau Newcastle.

Sydney Transport Map

Ada juga 2 jalur light rail (kode L di peta atas) dari Central - Chinatown - Circular Quay dan Central - Pyrmont Bay (di Darling Harbour), kereta ini adalah overground, semacam tram di Melbourne, yang lebih praktis dan tidak capek jalan. Ini yang lebih saya recommend utk perjalanan dalam kota.

Untuk ke Taronga Zoo atau Manly, transportasi yang disarankan adalah kapal Ferry (kode F di peta atas), naik dari Circular Quay.

Transportasi dari Sydney Airport (SYD)

Jika Anda tiba di Sydney Airport dan ingin menuju ke pusat kota atau hotel tempat menginap, ada beberapa pilihan transportasi. Airport ini sebenarnya tidak jauh-jauh amat dari pusat kota, tetapi agak tricky karena transportnya mahal.

Ada kereta langsung dari Sydney Airport ke Central, tetapi tarifnya sangat mahal karena dikenakan airport station access fare, \$14.87 ditambahkan ke tarif perjalanan kereta kita.

Jika Anda datang dalam kelompok 3-4 orang, sebaiknya naik taxi atau Uber, tarif sekitar \$40 ke daerah Central, Chinatown atau Daring Harbour (\$50).

Tips saya kalau Anda ingin saving cost dan hanya 1-2 orang: naik metro dicombine dengan bus. Caranya jika dari airport adalah naik bus nomor 400, 1 stasiun setelah keluar dari komplex bandara Anda turun di Mascot Stop, lalu baru naik kereta Metro ke Central. Dengan cara ini kita menghemat \$14 airport station fee. Sedangkan dari kota menuju Sydney Airport caranya tinggal diputar, naik kereta metro dari Central hingga Mascot, keluar stasiun cari halte Mascot Coward St, Stand B (perlu menyeberang jalan), lalu tunggu bus nomor 400 atau 420 untuk perjalanan 10 menit ke Sydney Airport.

SIM Card

Jika Anda baru tiba di Australia melalui Sydney, kemungkinan perlu beli SIM Card saat tiba. Di Airport terdapat beberapa toko yang menjual SIM Card, rata-rata sekitar $20-30 untuk pemakaiaan 28 hari. Jika Anda bisa tahan, bisa beli SIM Card nanti di kota, tepatnya di supermarket Coles ada yang $10 walaupun kuotanya sedikit. Opsi lain adalah beli SIM online di Klook lalu tinggal pickup saat tiba di SYD Airport.

Tinggal di daerah mana?

Tarif hotel di Sydney tergolong cukup mahal, tetapi biasa kita dapat kamar dan ranjang yang ukurannya lebih besar dari kamar standard Asia. Expect sekitar AU$100-$150 untuk kamar bintang 3.

Saya sarankan Anda tinggal di pusat kota saja supaya tidak repot commute setiap hari, karena untuk tempat wisata adanya yah di tengah kota kok. Tempat yang saya sarankan yah atas alasan kepraktisan dan tersedia moda transportasi:

  • sekitar Central Station dan Haymarket, kita akan berada di pusat transportasi. Di sini juga lokasi Chinatown, mudah dalam hal makan, relatif ramai hingga malam.
  • sekitar Darling Harbour, jika ingin mencari hotel yang ada view harbour. Makanan di sini rata-rata restoran upscale, rate hotel relatif mahal untuk yang good view.
  • sekitar CBD dan Hyde Park.
  • North Sydney dan St Leonard, pilihan hotel lebih sedikit tetapi relatif lebih murah.
Klook.com

Cari Hotel Murah

Airbnb

Follow @javamilk

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama