Airline Booking

Airlines Booking

RyanAirUntuk urusan booking tiket pesawat antar negara Eropa, Anda tidak perlu khawatir. Eropa adalah pioner dalam hal penerbangan berbiaya murah (low cost carrier, disingkat LCC). Yang penting adalah harus jeli melihat harga dan kondisi. Jangan terpengaruh oleh iklan tiket murah yang muncul di banner. Seperti AirAsia atau TigerAir, harga final yang harus Anda bayar baru ditampilkan pada saat sebelum mengisi nomor kartu kredit. Untuk setiap potong tas yang mau dimasukkan ke dalam bagasi pesawat akan dikenakan biaya tambahan, dan untuk pembayaran menggunakan kartu kredit juga ada yang mengenakan charge.

Maskapai LCC biasanya menggunakan airport kecil (biasanya lebih jauh), contohnya RyanAir menggunakan London Luton dan Gatwick daripada Heathrow. Perhitungkan waktu dan biaya yang diperlukan untuk mencapai airport semacam ini, kadang tidak ada subway langsung, dan kadang harus naik bus atau taxi.

Satu hal lagi, tiket pesawat murah biasanya berarti terbang di pagi sekali atau sampai di tujuan larut malam. Perhitungkan lagi transportasi karena mungkin jam tersebut tidak dilayani oleh transportasi publik.

Berikut saya list beberapa airline dan website-nya yang pernah saya coba.

  • www.ryanair.com - RyanAir berbasis di Ireland, saat ini adalah no.1 LCC airline di Eropa, jadi pastikan Anda cek ke sini dulu sebelum ke tempat lain. Jangan terjebak dengan promo harga 0 (zero) Poundsterling, harga finalnya bisa sekitar 30-50 pound. RyanAir mempunyai banyak rute antar kota di Eropa.
  • www.easyjet.com - Easyjet adalah nomor 2, bersama RyanAir biasanya mereka adalah yang paling murah di antara semua LCC.
  • www.vueling.com
  • www.transavia.com
  • www.lufthansa.com - layak dicoba juga, Lufthansa melayani rute ke seluruh dunia.
  • www.ba.com - kadang-kadang British Airlines mengadakan promosi, walaupun hanya sekali setahun.

Dalam pengalaman saya, rencana dari London ke Roma, tentu lebih cepat memakai pesawat daripada kereta. Saya query berhari-hari untuk rute ini (harganya kadang fluktuatif), sampai akhirnya memilih menggunakan RyanAir £65 untuk 2 orang (ini ditampilkan sebagai £0 pada hasil query, setelah itu ditambah tax, fuel surcharge, jumlah bagasi, dan kartu kredit). Pengalaman dengan pesawat ini baik, on-time dan tidak ada kejutan, pokoknya mirip AirAsia.

Berikutnya saya coba rute dari Venice Marco Polo ke Paris CDG menggunakan EasyJet, harganya €140 untuk 2 orang. Harga ini bukanlah yang termurah, tetapi saya harus ambil rute ini dan jam terbang cocok. Pelayanannya sebenarnya cukup baik, hanya saja ada delay 15-20 menit gara-gara ulah ground-staff.