Milford Sound

Artikel ini adalah bagian dari seri Panduan Jalan ke New Zealand.

Kata orang kunjungan ke New Zealand belum lengkap kalau belum ke South Island. Tapi ada istilah satu lagi, ke South Island belum lengkap kalau belum melihat Milford Sound.

Apaan sih Sound itu? Sound adalah lembah gunung yang akibat tekanan galcier ribuan tahun lalu mencair mengakibatkan naiknya air laut dan menggenangi lembah ini. Milford Sound dan Doubtful Sound adalah contoh akibat proses ini, dan keseluruhan wilayah ini dinamakan fiordland.

Milford Sound sendiri sudah sangat menakjubkan, namun perjalanan menuju sana lebih spektakuler lagi. Jadi usahakan untuk bisa mengendarai mobil sendiri menuju Milford Sound dari pada ikut paket tour menggunakan bus.

Jika diberitahu bahwa perjalanan dari Queenstown menuju Milford Sound memerlukan waktu 5 jam dengan mobil, pasti terbayang lelahnya menyetir mobil selama ini. Namun bisa dibilang inilah salah satu dari "Best Road Drive in the World".

[

Secara umum, perjalanan dibagi 2 yaitu Queenstown - Te Anau (3 jam) dan Te Anau - Milford Sound (2 jam). Umumnya turis memang base di Queenstown atau Dunedin untuk menuju Milford, namun kita bisa juga bermalam di Te Anau yang indah dan tenang jika ingin menghemat waktu.

Dari Queenstown ikuti saja highway number 6 hingga Lumsden, lalu belok kanan ambil highway nomor 94 menuju Te Anau. Jangan takut nyasar, semua petunjuk dan arah jalan terpampang sangat jelas, bahkan tanpa perlu GPS juga bisa jalan.

Begitu keluar dari kota Queenstown menyusuri Lake Wakatipu, jalan akan berkelok-kelok menyusuri pegunungan di sisi kiri, dan di sisi kanan kita adalah... jurang, kalau jatuh yah kecemplung di Lake Wakatipu ini. Tapi aman kok, karena view yang sangat indah ini, kita pasti nyetirnya pelan-pelan.

[

Selepas Kingston, maka pemandangan berganti menjadi hamparan bukit-bukit dan biri-biri. Yah, biri-biri yang luar biasa banyaknya. Lihat foto di bawah, setiap titik putih adalah sheep (biri-biri) dan titik hitam adalah cow.

[

[

Begitu tiba di Te Anau, ini adalah kesempatan untuk isi bensin dan beli air minum. Pastikan bahan bakar terisi cukup untuk pulang pergi Te Anau - Milford Sound karena tidak ada service station lagi di rute ini.

Keluar dari Te Anau, siapkan kamera (dan baterai) untuk pemandangan yang breathtaking menuju Milford Sound. Milford Road sepanjang 121 km sudah diakui sebagai World Heritage Highway, jadi gak perlu pakai voting sms kayak si Komodo. Pemandangan akan berganti-ganti dari tanah landai dengan backdrop pegunungan bersalju (bayangkan film Lord of The Ring), hutan yang indah (hijau atau kuning tergantung musim), serta danau dan sungai.

[

Banyak scenery di sepanjang jalan ini yang memungkinkan turis untuk melakukan trail walk, hiking atau camping, yang sayangnya tidak sempat saya lakukan karena keterbatasan waktu.

Di tengah perjalanan, ada satu danau kecil dinamakan Mirror Lake, yang di pagi atau sore saat angin tidak bertiup, air danau ini menjadi cermin atas pegunungan yang ada. Sayang juga saat saya tiba angin bertiup cukup kencang, tapi itu pun sudah cukup bagus permukaan airnya.

[

Jika jalan kita sudah mulai menanjak dan berkelok-kelok, ini tandanya kita sudah dekat Homer Tunnel. Ini adalah sebuah terowongan kecil menembus gunung sepanjang 1,2km. Mobil harus mematuhi lampu petunjuk di depan tunnel karena hanya boleh satu arah untuk satu periode. Jadi jika lampu merah, berarti kita harus menunggu (bisa sekitar 15 menit) untuk arah bergantian.

[

Saat menunggu ini kita boleh menepi dan istirahat sejenak sambil ditemani burung Kea yang sepertinya khusus bermain di mulut tunnel ini. Nah, perlu diperhatikan 'aktivitas' burung ini, karena menurut wikipedia burung Kea ini suka makan karet, khususnya kalau di sini adalah karet seal mobil dan karet wiper. Juga karena bertengger di atas mobil, resiko gores di mobil bisa membuat biaya rental membengkak akibat bayar scratch damage :)

[

Terowongan ini bisa dibilang tidak istimewa, yang penting fungsinya kan menembus gunung batu. Jalannya cukup gelap dan menurun terus (jika ke arah Milford), licin saat winter/spring (akibat tetesan salju yang mencair), jadi sudah pasti tidak bisa ngebut.

Perjalanan 19km berikutnya adalah menuruni lereng gunung, berkelok-kelok model tapal kuda lalu akan flat saat memasuki Fiordland. Di akhir perjalanan ini adalah Milford Sound. Yang pasti pemandangan dalam perjalanan di awal spring ini bagi saya benar-benar menakjubkan.

[

Sebenarnya kita bisa saja membeli tiket cruise Milford Sound secara online, kadang ada diskon hingga 50%, namun tentu kita akan diburu waktu saat mengemudi mobil supaya bisa tiba di waktu yang ditentukan. Jadi amannya adalah beli saat tiba saja.

Ada beberapa cruise tour operator di sini yang bisa kita pilih. Ada Southern Discovery, Real Journey, dan Jucy Cruise. Ada cruise 1 jam 45 menit, ada yang 2 jam 15 menit, yang lebih lama biasa akan ada detour untuk kehidupan satwa dan opsi Underwater Observatory. Harga tiket kurang lebih sama antar operator, berkisar NZD 60-85 per orang. Mahalnya tergantung jam berangkat (peak 11am-1pm paling mahal), dan ada overnight cruise.

Highlight dari cruise ini adalah mengelilingi Sound hingga mendekati mulut Tasman Sea lalu putar kembali. Yang utama yang menjadi icon foto postcard adalah Mitre Peak, gunung setinggi 1492m yang menyerupai mitre (topi uskup). Klik foto di bawah untuk melihat versi panoramic.

Mitre Peak - Milford
Sound

Lalu ada 2 air terjun di sisi kanan: Stirling Falls (146m) dan Bowen Falls (160m). Dan juga bisa melihat habitat seal (singa laut) sedang berjemur.

Cuaca cukup berperan untuk kenyamanan cruise, jadi pastikan tidak datang jika ramalan cuaca mengatakan hujan atau salju. Yang pasti angin yang dingin (padahal sudah spring) akan menerpa wajah kita membuat kaki tangan beku. Pastikan bawa jaket dan sarung tangan ke sini. Dan enaknya kita bisa ngopi atau minum teh sepuasnya yang disediakan di dalam kapal.

[

[

Tips: Ferry tour Milford Sound paling ramai adalah departure jam 11am-1pm, di mana rata-rata turis yang menggunakan tour bus datang. Jadi usahakan berangkat pagi-pagi sekali (5-6am) dari Queenstown untuk mendahului mereka, atau justru siang (9-10am) supaya tiba di Milford sekitar jam 4pm untuk afternoon cruise.

Perjalanan pulang dari Milford Sound tentu lebih santai. Kita bisa lebih menikmati pemandangan sekitar, mengambil foto, bahkan bisa tidur siang sejenak di camping ground. Juga mengisi perut di Te Anau

Jika pagi berangkat jam 6, maka akan tiba kembali di Queenstown lewat dari jam 7 malam. Praktis badan akan tepar (terutama yang menjadi sopir), namun masih bisa lah dinner di city center.

[