Lautan Manusia di Kowloon (Day #1)

Javamilk Travel
HK

Previous: Panduan Jalan Hemat ke Hong Kong

Daftar Perjalanan Hari ini:

  • Shopping di Mongkok
  • Nonton Symphony of Light di Tsim Tsa Tsui

Mong Kok

Daerah Kowloon adalah wilayah selatan daerah mainland, ibaratnya sebuah wilayah seperti Jakarta Barat - masih dibagi lagi menjadi daerah yang lebih kecil, seperti Tsim Tsa Tsui di paling selatan, Jordan, Yau Ma Tei, Mongkok, Hung Hom, dll.

Kowloon (九龙) adalah daerah paling padat di seluruh dunia, 2 juta orang. Dalam matematis terdapat 43000 orang/km2. Bagi kita yang tidak biasa tinggal di daerah padat mungkin akan 'agak kaget' melihat lautan orang di mana-mana.

Menggunakan MTR dari TST kami menuju Mong Kok. Rencananya mau shopping termasuk beli kamera digital. Setiap stasiun MTR memiliki banyak pintu exit yang diberi label A1,A2,B1,B2, hingga E1, E2. Perhatikan label ini jika Anda ingin kembali ke tempat semula. Setiap pintu exit akan keluar di blok yang berbeda, contohnya seperti di peta berikut.

[

Begitu keluar dari stasiun kita langsung disambut oleh kepadatan. Kepadatan gedung, jalan yang hanya 2 lajur, orang yang berseliweran sana-sini. Padahal hari masih siang tapi sepertinya mereka adalah anak muda, enterpreneur atau pedagang, hanya sedikit pegawai (pegawai kantor kebanyakan dijumpai di daerah HK Island).

Jalan yang paling asyik buat shopping di sini adalah Sai Yeung Choi Street (exit D2/D3). Jika Anda datang sore hingga malam, bisa lanjut ke Ladies Market tak jauh dari sini.

Sai Yeung Choi Street, Mongkok

Beberapa bagian jalan di daerah Mongkok ini akan menjadi surga pejalan kaki begitu menginjak jam 6 sore, di mana tidak ada mobil yang boleh melintas lagi. Dan orang-orang akan bebas berseliweran di tengah jalan raya tanpa takut ada motor atau mobil lewat.

Mau beli apa saja mungkin ada di sini, mulai dari elektronik, hifi, kamera digital, Playstation, produk Apple seperti iPad iPhone, hingga produk fashion.

Kalau mau cari barang elektronik bisa menuju Mongkok Computer Centre. Papan namanya hampir tidak kelihatan, apalagi sebenarnya Mongkok Computer Centre ada di lantai 2 hingga lantai 3. Isinya mirip seperti Glodok Plaza atau Dusit di Mangga Dua, menjual semua barang elektronik kecil dan komputer. Harganya bisa dibilang murah karena Hong Kong tidak mengenakan pajak PPN/GST, saya survey barang yang murah disini adalah kartu memory (SD Card, dll), Kamera dan lensa, drone, Video cam, dan terutama aksesoris photography.

Toko resmi elektronik yang cukup ternama antara lain Broadway dan Fortress. Kalau mau cari barang elektronik, opsi lain adalah ke Wanchai Computer Centre.

Tetapi Anda perlu cermat mengenai garansi, ada garansi toko (berarti barang paralel import) dan ada garansi dari Distributor (resmi). Harga garansi toko pasti lebih murah, bayangkan aja pabriknya cuma di belakang rumah (China Daratan), jadi Hong Kong bertindak sebagai ruang tamu nya. Barang garansi toko berarti di-import langsung tanpa lewat distributor resmi. Tetapi jangan takut, karena kebijakan pemerintah Hong Kong, semua barang yang dibeli di HK otomatis mendapat perlindungan konsumen berupa garansi mengembalikan barang dalam 10 hari. Jadi jika Anda merasa tidak puas atau kecewa atas produk yang dibeli, tinggal bawa kembali ke toko beserta semua paketnya dan kita mendapat uang kembali. Hal ini berlaku juga untuk semua barang termasuk baju.

Tak lupa Anda harus mencoba makanan di toko Hui Lau Shan (許留山). Jaringan toko ini ada di mana-mana jadi pasti Anda akan mudah menemukan toko ini, tidak perlu sengaja dicari. Menu utama adalah mangga / mango, dan dibuat bervariasi mulai dari jus hingga puding. Favorite saya adalah Mango Pudding in Mango Juice with extract Mango. Triple mango dalam satu gelas seharga HKD 30 ini. Ini cemilan mangga terenak yang pernah saya makan, menu wajib kalau datang ke Hongkong.

[

Tempat Makan Dimsum di Hong Kong

(Maaf topik ini non halal ya) Tidak lengkap ke Hong Kong jika tidak makan dimsum, makanan yang sangat populer di sini untuk breakfast sampai lunch. Bisa dibilang rata-rata asal masuk ke restoran dimsum sudah pasti rasanya enak di lidah. Tapi jika Anda hanya ingin cobain the best dimsum untuk ukuran orang lokal HK, restoran dimsum yang recommended di Hong Kong adalah :

  • Tim Ho Wan
  • One Dim Sum

Saran saya cobain saja kedua tempat ini, Tim Ho Wan di saat siang, dan One Dim Sum di saat malam (cuma ini dimsum enak yang buka hingga tengah malam).

Tim Ho Wan ada beberapa cabang, yang paling mudah dicapai adalah di IFC Mall di Central tapi tempat duduk terbatas jadi resiko antri 1 jam untuk bisa makan. Cobain ke restoran pusatnya saja di Sham Sui Po (9-11 Fuk Wing St, Sham Shui Po). Naik MTR sampai Prince Edward, ambil exit E, lalu jalan kaki sekitar 10 menit. Menu yang wajib pesan di sini adalah Barbeque Bun isi chasiu panas. Luar terasa garing, dalam terasa lembut. Tidak heran inilah restoran dimsum yang terkenal karena masuk sebagai The Cheapest Michelin Star Restaurant.

Tim Ho Wan di Sham Sui Po

Menu wajib: BBQ Bun

Menu wajib istri: congfan

Malam-malam jika perut minta isi makanan supper, silakan datang ke One Dim Sum. Juga terletak di dekat Prince Edward MTR station, exit A. Makan jam 11.30 malam rasanya enak-enak saja, dan hebatnya kalau di HK berat badan gak bakal naik. Resiko datang malam itu cuma beberapa menu sudah habis, tapi tetap tidak mengurangi kenikmatan hehehe.

Menu One Dim Sum

Makan bubur malam

Symphony of Light

Malamnya kita menuju ke Tsim Tsa Tsui untuk menyaksikan Symphony of Light. Sebuah pertunjukan laser yang ditembakkan gedung-gedung tinggi yang tidak boleh dilewatkan sebagai seorang turis yang diadakan setiap hari jam 7 malam. Kita dapat menyaksikan pertunjukan gratis ini di pinggir laut yang membelah Hong Kong, bisa dari TST (melihat ke HK Island) atau dari HK Island (melihat ke Kowloon).

Hongkong Symphony of Light

Next : Ngong Ping Village dan Giant Budha (Day 2)

Klook.com

Cari Hotel Murah