Panduan Jalan Singapore - Malaysia lewat Johor

Klook Kode Kupon 2019

Setelah 10 tahun saya tidak pernah border crossing Singapore-Malaysia, tahun 2019 saya berkesempatan mengulang perjalanan dari Singapura ke Kuala Lumpur lewat Johor (perjalanan darat).

Tentu kondisi dan prasarana sudah berubah dibanding 10 tahun lalu, jadi saya bagikan pengalaman saya semoga bermanfaat.

Ada 2 border crossing antara Singapore dan Malaysia, yang pertama dan paling ramai adalah lewat Woodland Checkpoint (disingkat Woodland Ciq). Sedangkan yang relatif baru adalah melalui Tuas Checkpoint (di sisi Barat Singapura). Tergantung destinasi Anda, pilih Tuas Checkpoint jika tujuan Anda adalah ingin ke daerah Iskandar Putri dan Johor Legoland, sedangkan jika ingin ke pusat kota Johor Bahru, atau melanjutkan perjalanan bus ke Kuala Lumpur, pilihan terbaik tetap lewat Woodland.

Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur lewat jalan darat

Secara umum Singapura ke Kuala Lumpur (atau sebalikanya) melibatkan perjalanan menggunakan bus dengan pergantian beberapa kali. Waktu yang terbuang lewat jalan darat (dari 6 jam hingga 10 jam total) bisa Anda bandingkan dengan biaya jika naik pesawat jika pas promo tiket murah.

Urutan perjalanan Anda, misal dari Singapore menuju Kuala Lumpur adalah sebagai berikut :

  1. Woodland Checkpoint (sisi Singapore)
  2. Johor Bahru Checkpoint (sisi Malaysia)
  3. Larkin Bus Terminal (Johor Bahru)
  4. Terminal Bersepadu Selatan (Kuala Lumpur)
  5. KL Sentral

Beberapa info yang perlu Anda ketahui :

  • Arah Singapore ke Johor paling sibuk adalah Sabtu-Minggu pagi, serta sore jam 5-9 jika weekday (karena rumahnya di JB dan kerja di Singapore)
  • Arah Johor ke Singapore paling sibuk adalah setiap hari kerja, pagi hingga menjelang jam 9.
  • Sebaiknya lakukan border crossing di jam tengah hari.
  • Siapkan kartu ez-link utk penggunakan naik bus/mrt di Singapore, dan uang tunai Ringgit utk bus Malaysia.
  • SIM Card Malaysia bisa dibeli begitu lewat imigrasi di Johor Bahru.

Singapore ke Johor

Exit point imigrasi Singapore adalah di Woodland Checkpoint (Ciq). Walaupun namanya Woodland, tapi tidak dekat dengan Woodland MRT. Untuk ke sini adalah beberapa cara yang semuanya pakai bus.

Woodland Checkpoint Building

Opsi 1 : Causeway Link 5

Cara ini yang paling saya recommend; adalah dengan naik bus Causeway Link 5 (CW5) dari Newton Circus (MRT: Newton). Anda akan dibawa hingga ke Woodland Checkpoint. Lalu setelah lolos imigrasi Singapore, tinggal tunggu bus CW apa saja (boleh CW1, CW5, dll) naik cross bridge hingga JB Checkpoint. Bus CW5 berakhir di sini. Jika Anda ingin lanjut ke Larkin, bisa pakai CW1 (bayar lagi).

Opsi 2 : Causeway Link 1

Ini adalah cara yang lebih umum dipakai oleh warga Malaysia, karena bus CW adalah milih Malaysia. Naik bus CW1 dari Kranji Station, hingga ke Woodland Ciq, sama juga nanti setelah lolos imigrasi, tinggal tunggu bus CW apa saja (boleh CW1, CW5, dll) naik cross bridge hingga JB Checkpoint. Setelah lewat imigrasi Malaysia kita bisa lanjut lagi naik CW1 ke Larkin Bus Terminal.

Notes: Bus CW pengalaman saya jumlahnya jauh lebih banyak dari SBS bus (saat cross bridge), jadi menghemat waktu tunggu Anda. Bus CW hanya bisa bayar cash, tidak bisa pakai ez-link Singapore. Sedangkan SBS Bus bisa pakai ez-link.

Opsi 3 : SBS Bus

Source: landtransportguru.net Sumber: Landtransportguru.net

Naik MRT hingga Kranji Station. Keluar stasiun lalu ke halte di seberang Kranji Station. Di sini Anda perlu menunggu bus 170 (plat merah) atau 170X menuju Woodland Ciq. Setelah selesai lewat imigrasi Singapore, Anda harus antri lagi bus SBS 170 170X 160 (boleh nomor berbeda dgn yang Anda naik) untuk cross bridge.

Antrian bus di Woodland Ciq

Perhatikan di foto antrian SBS jauh lebih panjang dari antrian bus CW.

Setelah tiba dan lewat imigrasi Malaysia, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan bus nomor 170 menuju Larkin Bus Terminal.

Antrian Panjang Imigrasi masuk Malaysia

Opsi 4 : Naik Kereta KTM Cross Border

Ini cara yang paling nyaman, tapi tiketnya paling sulit didapat jika pilih keberangkatan weekend. Ada satu rangkaian kereta yang berangkat dari Woodland Train Checkpoint (ini beda dengan Woodland MRT Station) menuju Johor Bahru Sentral (ini gedungnya di sebelah JB Checkpoint).

Perjalanan kereta cuma 5 menit, dan proses imigrasi juga cepat karena dilakukan sekaligus di Woodland Train, jadi dapat stempel exit Singapore dan entry Malaysia.

Tiket bisa dibeli di link ini. Sebaiknya beli jauh2 hari, 30 hari sebelum keberangkatan kalau mau berangkat sabtu/minggu, atau seminggu sebelumnya utk tiket weekday. Tiket nya SGD 5+ oneway. Biasa tiket yang tersedia adalah yang jam tengah (di atas jam 10 pagi atau menjelang larut malam).

Bus dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur

Setelah tiba di Larkin Bus Terminal, masuklah ke gedung utama terminal bus ini. Tersedia mesin tiket jika Anda ingin beli dengan cepat, atau antri di counter yang dilayani petugas. Baik mesin tiket dan counter menjual tiket semua perusahaan bus, jadi ibaratnya sudah terpusat. Di sini Anda memilih perusahaan bus yang diinginkan, lalu pilih jam keberangkatan. Tujuan Anda yaitu TBS (Terminal Bersepadu Selatan), ini adalah satu-satunya terminal bus antar kota di Kuala Lumpur, walaupun letaknya masih jauh dari pusat kota.

Siapkan passport untuk pembelian ini, juga bayar dengan uang cash. Nanti akan dapat tiket kertas dengan barcode.

Mesin Tiket di Larkin Terminal

Harga tiket relatif sama, berkisar 35-45 Ringgit (per tahun 2019). Perusahaan bus yang jadwalnya banyak dan pelayanannya oke antara lain KKKL, Sin Yong Express, Consortium, dan City Express. Jika Anda tidak banyak pilih merek bus, maka rata-rata setiap 15 menit pasti ada 1 bus yang berangkat.

15 menit sebelum jam keberangkatan Anda harus siap masuk ke dalam ruang tunggu, ada gate scan tiket (ibaratnya Anda sudah checkin) lalu perhatikan layar tv petunjuk lokasi (bay) keberangkatan bus. Waktunya tiba akan ada announcement.

Perjalanan dengan bus sampai ke TBS jika lancar adalah 4 jam. Bus akan melakukan perhentian istirahat 15 menit di tengah-tengah perjalanan ini.

Kereta dari TBS ke KL Sentral

Bus antar kota hanya bisa sampai di TBS (Terminal Bersepadu Selatan), ini ibaratnya Pulo Gebang kalau di Jakarta. Jadi lokasinya masih meleset dari pusat kota, tapi cukup besar untuk menampung dan transit penumpang antar kota.

Di samping TBS ini terdapat stasiun LRT Bandar Tasik Selatan, dihubungkan dengan jembatan sehingga kita tidak kesulitan saat transfer moda. Stasiun LRT ini melayani 2 jalur, SPL Line (Sri Petaling) dan KLIA Line dari Kuala Lumpur International Airport.

Jika tujuan Anda adalah ke Bukit Bintang, Jalan Alor, dan sekitarnya, sebaiknya naik SPL Line (warna coklat di map) arah Sentul Timur, nanti turun di stasiun Hang Tuah (tarif 2.80 RM dengan cashless). Lalu opsional tukar dengan monorail ke Bukit Bintang.

Jika tujuan Anda adalah KL Sentral, maka naik kereta KLIA Transit (interval 15-30 menit), keduanya harganya sama dan berakhir di KL Sentral, dengan perjalanan sekitar 10 menit, tarif 6.50 Ringgit.

Tiket kedua kereta ini bisa dibeli di counter, tapi jika Anda punya kartu Touch n Go bisa gunakan kartu ini. Pastikan punya saldo minimal 10 Ringgit. Khusus KLIA Transit, hanya bisa pakai kalau punya saldo di atas 20 Ringgit.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama