Chihpen dan Taitung

Ini adalah lanjutan dari artikel Roadtrip Kaoshiung ke Chihpen.

](//javamilk.com/panduan-jalan-ke-taiwan)

Chihpen (Zhipen 知本) adalah kota resort yang tidak begitu besar. Jaraknya hanya 20 menit dengan mobil dari Taitung (台东) . Tujuan orang ke sini yah memang untuk menikmati suasana sejuk serta permandian air panas. Ada permandian air panas umum yang dikelola oleh pemerintah lokal, namun banyak juga hotel yang mempunyai tempat permandian private.

Taitung bisa dijangkau dengan kereta dari Kaohshiung/Tainan atau Hualien. Namun Chihpen harus menggunakan transport bus jika tidak membawa mobil sendiri.

Beberapa hotel berbintang yang recommended. Perlu diingat bahwa weekend hotel cenderung full-booked, jadi pastikan booking jauh hari. Hotel rata-rata berderet di Long Quan Rd yang menjadi jalan utama.

Semalam saja kita di Chihpen menginap di Rainbow Resort Hotel. Hotel ini mempunyai mata air dan kolam hotspring sendiri. Jadi begitu tiba di malam hari dan check-in di hotel ini, langsung mencoba menikmati hotspring Chihpen yang terkenal ini.

Dan saudara-saudara, hotspring itu memang enak dan menyegarkan. Walaupun airnya sangat panas, tapi badan rasanya jadi segar dengan bonus kulit jadi lebih halus karena kandungan sulfur dan mineral lainnya. Terlebih habis seharian jalan-jalan dan nyetir mobil.

Ada beberapa kolam di sini: yang agak panas (38C), lebih panas (40C), dan kolam dingin. Juga ada kolam jacussi yang bentuk seperti ranjang. Pokoknya recommended! Kita cukup pakai pakaian renang (mandatory) lalu memakai tutup kepala yang bisa dibeli di hotel.

Jadi ceritanya setelah acara berendam malam-malam ini, perut mulai lapar. Jadi dengan mobil, kita menuju ke kota Taitung yang berjarak 20 menit dengan mobil.

Tidak perlu bingung cari makan di mana kalau berada di sebuah kota di Taiwan; cari saja night market. Untuk Taitung ada di Zhèngqì Rd. Walaupun ukurannya tidak sebesar night market di Kaohshiung atau Taipei tapi tetap saja menarik dan enak-enak.

Yang namanya night market yah pasti ada makanan snack yang bisa dimakan sambil jalan dan yang harus duduk. Kali ini pesen yang perlu duduk karena lapar berat: mie hotplate sapi plus stinky tofu (tahu busuk - walaupun gak bau-bau amat).

Belum ke Taiwan kalau belum nyobain Stinky Tofu. Tidak semua orang akan suka dengan baunya, walaupun rasanya tidak ada yang aneh. Tiap kota punya model dan rasa yang agak berbeda. Jadi cobain saja!

Juga night market identik dengan macam-macam permainan untuk anak dan dewasa. Biasa yang pasti ada adalah mainan crane yang sangat populer di Taiwan. Hadiahnya mulai berupa boneka sampai ada yang isinya handphone. Dan menurut saya crane nya cukup 'jujur' gak kayak di Indo. Jadi peluang menang cukup besar asal dah jago mengoperasikan capit crane.

Kota Taitung sebenarnya cukup besar dan ada beberapa objek wisata, tapi karena keterbatasan waktu yah kita cuma bisa jajal night market saja.

Pagi-pagi bangun sarapan, makan roti yg disediakan di restaurant karena saya tidak cocok dengan menu breakfast di Taiwan yg bentuknya bubur dengan macam2 condiment. Setelah itu siap berendam lagi di hotspring yang menyegarkan.

Not my breakfast style :)

Hotel yang cukup luas ini juga menyediakan tempat untuk duduk-duduk sambil merebus telor, yep katanya membawa telor dan merebus di hotspring adalah sebuah kesenangan tersendiri.

Berikutnya >> Selesai urusan check-out, kita lanjutkan lagi roadtrip dari Chihpen menuju Hualien.

Cari Hotel Murah