Korea Travel Guide

Panduan Jalan ke Korea Selatan (Update 2023)

  • Last updated on

Negara Ginseng, kimchi dan K-POP, istilah yang melekat khusus untuk negara Korea Selatan. Semakin lama semakin banyak orang Indonesia yang tertarik untuk mengunjungi negara ini, tidak lain karena ingin melihat sendiri budaya K-POP, atau bahkan napak tilas lokasi syuting drama Korea yang membuat penonton panas dingin kurang tidur.

Kali ini Javamilk buatkan artikel panduan jalan ke Korea!

Artikel Panduan Jalan ke Korea ini akan ada beberapa halaman, silakan ikuti terus melalui link di bawah untuk :

Budget

Satu kata, Korea Selatan termasuk negara yang 'mahal', jadi naikkan budget travelling Anda jika ingin ke sini. Yang terbilang mahal adalah akomodasi, makan, hingga shopping barang seperti pakaian. Ingat rata-rata barang di sini adalah Made in Korea, bukan China. Kualitasnya memang lebih baik, tapi harga barangnya otomatis mahal.

Juga mencari tempat makan murah di Seoul relatif sulit jika Anda ingin makanan yang authentic Korea, solusinya ya mungkin fastfood chain seperti Lotteria.

Normalnya orang yang pada pakai tour Korea dari Indonesia. Harga tour ke Korea memang akan lebih murah dibanding jalan sendiri, tapi ingat biasa ada selipan ke tempat yang mestinya tidak kita kunjungi (subsidi). Sebenarnya untuk jalan yang lebih bebas dan memorable kita bisa jalan sendiri, cukup pakai panduan Javamilk ini hehehe.

Untuk simulasi perhitungan budget jalan ke Korea, saya buatkan artikel khusus yang bisa Anda baca di artikel ini.

Mengurus Visa ke Korea

Visa dapat kita apply sendiri ke Korea Visa Application Center di Jakarta (website). Cukup ikuti persyaratan dokumen lalu apply dengan mengisi form visa, tidak sulit dan seminggu juga jadi. Tinggal datang ke alamat kantor perwakilan kedutaan Korea Selatan ada di Lotte Mall Kuningan.

Anda bisa baca lebih lanjut tentang cara buat visa Korea dan persyaratannya

Tiket Pesawat ke Korea

Untuk full service airlines, harga memang lebih mahal (bisa USD 550-800) tapi kita mendapat kenyamanan berupa service, inflight entertainment, juga direct flight langsung dari Jakarta (CGK) menuju Seoul Incheon International Airport (ICN) :

Pengalaman saya adalah menggunakan Korean Air (KE), pelayanannya memuaskan, ontime, dan ada in-flight entertainment gate-to-gate.

Sedangkan jika menggunakan maskapai lain perlu transit seperti Singapore Air, Cathay, atau low cost airlines, pilihannya ada juga, syaratnya harus transit either di Singapore atau di Kuala Lumpur.

Tiket pesawat murah ke Seoul atau Jeju pakai pesawat LCC biasa sekitar Rp 2,2jt-Rp 3,5jt satu arah (belum sama bagasi, seat, etc).

  • Air Asia, via Kuala Lumpur menuju Seoul Incheon, juga ada penerbangan ke Busan dan Jeju
  • Scoot, dari Singapore ke Seoul.

Akhir-akhir ini maskapai penerbangan dari China: seperti Air China, China Eastern, China Souther, atau Xiamen juga menawarkan tarif yang kompetitif setara pesawat budget, tapi sudah include makan dan bagasi. Cuma biasa kekurangannya adalah waktu transit yang panjang di hub kota mereka di mainland China.

Incheon International Airport

Incheon International Airport (ICN) terbilang airport baru, jadi design-nya modern dengan modal kaca di mana-mana. Sejak dibukanya airport ini, menjadi favorit transit penerbangan Asia menuju Amerika Utara bersaing dengan Tokyo dan Osaka.

Lokasi airport ini di luar kota, jadi kita harus naik dengan airport bus (1,5 jam) atau Incheon Airport Train (40-60 menit) untuk menuju pusat kota Seoul.

Jika kita akan lanjut connecting penerbangangan domestik (dengan Korea Air, Jin Air, Jeju Air, dll) maka harus pindah ke airport lama yang namanya Gimpo Airport. Dari Incheon Airport menuju Gimpo juga pakai Airport Train (yang All-Stop) sekitar dari 37 menit.

Itinerary

Yang menjadi tempat wisata utama Korea Selatan ada beberapa tempat: Ibukota Seoul sendiri, Nami Island, Jeju Island, dan Mt. Sorak.

Jika waktu Anda datang adalah winter time (Desember-Januari), destinasi favorit lain adalah main salju di ski resort seperti Vivaldi Ski, Bear Town, atau Elysian.

Biasa tour akan buat paket sekitar 6-8 hari, ini jalannya sudah ngebut dan waktu bebasnya sangat terbatas. Jadi kalau bisa usahakan jalan sendiri.

Kalau jalan sendiri harus spend lebih dari 1 minggu di negara ini, seperti Jeju Island perlu 2-3 hari, Seoul perlu setidaknya 6-7 hari. Sedangkan Nami Island bisa berupa daytrip dari Seoul. Jika Anda ingin pergi ke Busan, tambahkan lagi 2-3 hari.

Ini contoh itinerary untuk ke Korea:

  • hari 1-5 Seoul
  • hari 6-7 Busan
  • hari 8-9 Jeju Island

Untuk ke Jeju Anda perlu pakai pesawat, sedangkan utk ke Busan bisa pakai pesawat (Gimpo ke Busan Airport, pakai Jin Air) atau pakai kereta cepat KTX (60,000 Won satu arah).

Untuk contoh itinerary Seoul bisa langsung baca di artikel Seoul ini.

Nami Island

Akses Internet

Untuk kebutuhan akses Internet selama di Korsel, sudah pernah saya tulis di artikel tersendiri di sini, intinya Anda bisa roaming pakai Telkomsel, tapi kalau untuk jangka panjang dan speed yang kencang sebaiknya sewa wifi router (Olleh Wifi Egg) atau beli nomor SIM lokal.

Artikel berikutnya:

Seoul, Korea

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives