Korea Travel Guide

Panduan Jalan ke Seoul

  • Last updated on

Artikel ini adalah bagian dari Panduan Jalan ke Korea.

Seoul adalah ibukota Korea Selatan. Semua itinerary jalan-jalan ke Korea pastilah ada Seoul di dalamnya. Seoul adalah kota yang luar biasa luas karena berupa metropolitan dengan suburb penyangga di sekitarnya, termasuk Incheon dan Suwon.

Itinerary Jalan-Jalan di Seoul

Pengalaman dan menurut saya, perlu setidaknya 7 hari untuk explore Seoul baru cukup. Kotanya menurut saya sangat luas dan perlu waktu untuk pindah dari satu area ke area lain, jadi sebaiknya Anda fokus main di satu area tiap harinya.

Berikut saya buatkan contoh itinerary 8 hari selama di Seoul, tinggal diikuti dan tidak perlu berurutan, klik link untuk membaca:

  1. Myeongdong dan N Tower
  2. Palace Trip: Gyeongbokgung, Changdeokgung, Bukchon Hanok Village
  3. Gwangjang Market, Dongdaemun, Chengyecheon Stream
  4. Hongdae, Sinchon dan Itaewon
  5. Gangnam: COEX Mall, K-Star Road, Lotte World Tower
  6. Lotte World Theme Park
  7. Nami Island (dan opsional: Petite France, Garden of Morning Calm)
  8. (Winter) Snow Play di Ski Resort atau (Summer) Mount Seorak dan Sokcho

Artikel akan saya lengkapi satu persatu, jadi pastikan bookmark halaman ini.

Tiket Pesawat ke Seoul

Dari Indonesia Anda dapat naik Korean Air atau Asiana untuk direct flight Jakarta-Seoul Incheon. Ini biasa di atas 8-9juta pp.

Sedangkan jika menggunakan maskapai lain jadinya perlu transit seperti Singapore Air, Cathay Pacific, atau low cost airlines seperti AirAsia atau Scoot. Expect untuk full service tiket pesawat pp berkisar di atas 6 juta, dan LCC di harga 4-5 juta (tanpa bagasi).

Transportasi Incheon Airport ke Seoul

Pesawat ke Seoul pasti akan tiba di Incheon International Airport (ICN). Bandara ini menggantikan Gimpo Airport yang lebih dekat ke pusat kota (yang sekarang lebih untuk domestik).

Begitu kita tiba dan keluar imigrasi, tersedia Airport Train untuk menuju Seoul, juga bagi yang menyambung pesawat domestik di Gimpo juga bisa pakai kereta ini. Ikuti saja papan petunjuk Airport Express.

Kereta ke kota ada 2 pilihan: Airport Express (Arex, layout kursi hadap depan) dan All Stop Train (Commuter, layout seperti MRT biasa). Airport Express perlu 43 menit direct ke Seoul Station, sekitar 8000 won. Sedangkan pakai kereta commuter akan melakukan beberapa stop, 53 menit ke Seoul Station, harga ticketnya 4050 won. Tiket dapat dibeli online lewat link ini.

Pilih jenis kereta mana tergantung destinasi Anda, kalau ke Seoul Station memang paling cepat yang Arex, sedangkan kalau ke Hongdae (Hongik University) naik yang all-stop train lebih baik. Juga Arex dalam 1 jam paling cuma ada 2 kereta, sedangkan All-Stop lebih sering.

Kereta AREX Bandara
Seoul

Jika hotel Anda berada di area seperti Gangnam/COEX Mall (bus #6009), Myeongdong (bus #6015), mungkin lebih praktis naik Airport Limousine Bus karena tidak perlu tukar-tukar kereta. Tiket bus sekitar 15000 Won

Pastikan Anda juga membeli kartu transport prepaid namanya T-Money Card. Kartu ini dijual di convenience store seperti 7-Eleven atau C&U di airport dan seluruh Korea, juga bisa beli lewat ticket vending machine. Dipakai untuk naik kereta bandara (yg All-Stop), naik kereta metro dan bus, serta alat pembayaran di berbagai toko.

T-Money

Seoul Metro dan Bus

Sebelum tiba, sebaiknya Anda pelajari sedikit tentang peta jaringan kereta atau Metro di Seoul. Agak rumit karena kota metropolitan Seoul tergolong sangat besar, gambarnya agak complicated ala Jepang.

Tarif minimal naik Metro Seoul adalah 1250 won untuk jarak stasiun di bawah 10km. Sangat praktis, murah dan reliable, semua tempat wisata di Seoul bisa kita akses dengan menggunakan metro/subway ini.

Buat pemakai smartphone, misalnya iPhone/Android, saya sarankan install dulu app Naver Maps (karena Google Maps kurang akurat di Korea), Kakao Map dan Kakao Metro yang lebih tourist friendly.

Membaca map metro Seoul cukup njelimet karena design layoutnya yang kurang baik (bandingkan dengan London atau Paris map). Selain itu juga karena masalah bahasa, jadi mendingan kita pakai journey planner di Naver atau Kakao Map. Cukup masukkan stasiun awal dan tujuan, akan diberikan opsi dan routing jalur kereta yang optimal dengan waktu kedatangan kereta/bus yang aktual/live.

Navigasi dengan Naver Map

Mostly exitnya stasiun metro adalah menggunakan tangga, jadi jika membawa koper perlu persiapan fisik.

Naik bus menurut saya lebih nyaman, tidak perlu turun naik tangga, tarifnya terintegrasi dengan kereta metro. Pastikan saja Anda cek rute dan memperhatikan lokasi halte bus-nya.

Daerah Tempat Tinggal di Seoul

Boleh dibilang Seoul itu besar dan waktu tempuh dengan transportasi subway/metro memakan waktu. Jadi dengan sedikit planning Anda harus memikirkan lokasi hotel Anda supaya tidak buang waktu di perjalanan.

Jika bisa Anda stay di pusat seperti Seoul Station, Yongsan, Mapo, Dongdaemun, kemana-mana cukup mudah walaupun minusnya adalah ramai.

Tempat lain yang favorit adalah sekitar Namdaemun dan Myeongdong, dimana banyak shopping area dan restoran. Juga Hongdae, daerah kampus Hongik University yang banyak tempat hits di kalangan anak muda.

Jika Anda ingin yang relative tenang, business style, daerah Yeouido terdapat hotel-hotel bintang 4-5, dengan akses dekat ke Hangang Park.

Daerah seperti Gangnam juga populer, tapi perlu diketahui Gangnam itu relatif jauh jika ingin ke Namdaemun, Seoul Station, Myeongdong, karena perjalanan perlu sekitar 30-40 menit dgn kereta.

Support Javamilk dengan memesan hotel Seoul lewat website Agoda untuk mendapatkan harga terbaik. Biasa sudah termasuk opsi free-cancellation dan price match.

N Seoul Tower

N Seoul Tower

Jalan ke Seoul tidak lengkap kalau belum datang dan naik ke N Seoul Tower di bukit Namsan (asal huruf N). Lebih mantap lagi adalah naik cable-car ke Seoul Tower.

Cable-car lower station terletak di kaki bukitnya, daerah Hoehyeon-dong, kita bisa ke sini dengan shuttle bus gratis dari Myeong-Dong (exit 3). Tiket cable-car pergi-pulang seharga 8500 won.

Cable car akan membawa kita naik, tapi tidak sampai puncak (area N Tower), tapi agak di bawah. Jadi masih perlu naik tangga 'beberapa' step lagi.

Jika Anda ingin pakai public transport, naik metro sampai Dongguk University, keluar di Exit 6 dan tunggu di halte bus depan kolam taman. Sambung dengan bus nomor 01, bus ini membawa penumpang sampai halte di N Seoul Tower, walaupun Anda masih perlu jalan kaki 'sedikit' lagi (menanjak parah).

Beli tiket N Tower di counter ticket, harganya 16000 won/adult. Opsi lebih murah adalah beli lewat link ini.

Popcorn Super Gede

View dari N Tower

View dari observatory level setinggi 236 meter memang cukup spektakuler. Di hari yang terang kita bisa melihat seluruh kota Seoul.

View dari N Tower

Jangan lupa bagi yang couple, bawa gembok ke sini. Salah satu tempat yang romantis untuk 'menggembokkan' cinta yah di N Tower ini.

Tinggalin gembok dulu

Gembok kita terlihat 'cupu' model klasik ala Yale gitu, kalau rela beli di sini gemboknya pun berwarna-warni.

Oke sampai di sini dulu liputan jalan Seoul-nya, kita lanjut lagi di part 2 tentang tempat shopping di Seoul: Myeong-Dong dan Dongdaemun.

Seoul, Korea

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives