Panduan Jalan ke Seoul

Javamilk Korea Travel
Guide

Artikel ini adalah bagian dari Panduan Jalan ke Korea.

Seoul adalah ibukota Korea Selatan. Semua itinerary jalan-jalan ke Korea pastilah ada Seoul di dalamnya. Seoul adalah kota yang luar biasa luas karena berupa metropolitan dengan suburb penyangga di sekitarnya, termasuk Incheon dan Suwon.

Untuk bisa puas, luangkan minimal 3 hari di Seoul.

Incheon Airport ke Seoul

Pesawat ke Seoul pasti akan tiba di Incheon International Airport (ICN). Bandara ini menggantikan Gimpo Airport yang lebih dekat ke pusat kota(yang sekarang lebih untuk domestik).

Begitu kita tiba dan keluar imigrasi, tersedia Airport Train untuk menuju Seoul, juga bagi yang menyambung pesawat domestik di Gimpo juga bisa pakai kereta ini. Ikuti saja papan petunjuk Airport Express.

Kereta ke kota ada 2 pilihan: Airport Express (Arex) dan All Stop Train (Commuter). Airport Express perlu 43 menit direct ke Seoul Station, 14500 won (tiket promo 8000 won hingga 31 Dec 2014). Sedangkan pakai kereta commuter akan melakukan beberapa stop, 53 menit ke Seoul Station, harga ticketnya 4050 won.

Kereta Bandara
Seoul

Kita bisa beli kartu transport prepaid namanya T-Money Card (seperti ezLink Singapore, atau kartu Flazz BCA). Kartu ini dijual di convenience store seperti 7-Eleven atau C&U di airport dan seluruh Korea, juga bisa beli lewat ticket vending machine. Dipakai untuk naik kereta bandara, serta untuk naik kereta metro.

T-Money

Seoul Metro

Sebelum tiba, sebaiknya Anda pelajari sedikit tentang peta jaringan kereta atau Metro di Seoul. Agak rumit karena kota metropolitan Seoul tergolong sangat besar, gambarnya agak complicated ala Jepang.

Tarif minimal naik Metro Seoul adalah 1050 won untuk jarak stasiun di bawah 10km. Sangat praktis dan reliable, semua tempat wisata di Seoul bisa kita akses dengan menggunakan metro/subway ini.

Buat pemakai smartphone, misalnya iPhone, saya sarankan install dulu app Seoul Subway yang bisa di-download gratis. Membaca map metro seoul cukup njelimet karena design layoutnya yang kurang baik (bandingkan dengan London atau Paris map). Selain itu juga karena masalah bahasa, jadi mendingan kita pakai journey planner yang sudah ada ini.

App ini berisi peta jaringan kereta/subway Seoul serta journey planner. Cukup masukkan stasiun awal dan tujuan, akan diberikan opsi dan routing jalur kereta yang optimal.

Seoul Subway App

N Seoul Tower

N Seoul Tower dari
kejauhan

Jalan ke Seoul tidak lengkap kalau belum datang dan naik ke N Seoul Tower di bukit Namsan (asal huruf N). Lebih mantap lagi adalah naik cable-car ke Seoul Tower.

Cable-car lower station terletak di kaki bukitnya, daerah Hoehyeon-dong, kita bisa ke sini dengan shuttle bus gratis dari Myeong-Dong (exit 3). Tiket cable-car pergi-pulang seharga 8500 won.

Cable car akan membawa kita naik, tapi tidak sampai puncak (area N Tower), tapi agak di bawah. Jadi masih perlu naik tangga 'beberapa' step lagi.

Beli tiket N Tower di counter ticket, harganya 9000 won/adult. Juga ada paket 2 tiket plus minum dan popcorn yang cukup best-value, 20000 won saja.

Popcorn Super Gede

View dari N Tower

View dari observatory level setinggi 236 meter memang cukup spektakuler. Di hari yang terang kita bisa melihat seluruh kota Seoul.

Jangan lupa bagi yang couple, bawa gembok ke sini. Salah satu tempat yang romantis untuk 'menggembokkan' cinta yah di N Tower ini.

Tinggalin gembok dulu

Gembok kita terlihat 'cupu' model klasik ala Yale gitu, kalau rela beli di sini gemboknya pun berwarna-warni.

Oke sampai di sini dulu liputan jalan Seoul-nya, kita lanjut lagi di part 2 tentang tempat shopping di Seoul: Myeong-Dong dan Dongdaemun.

Cari Hotel Murah