Mengunjungi Menara Pisa di Italia

Klook Kode Kupon Promo 2020

Pas heboh merebaknya virus Corona alias Corvid-19 di negara Italia, saya teringat ada utang belum tulis artikel tentang Pisa dari kunjungan saya terakhir ke Eropa. Jadi mari baca ulasan berikut tips mengunjungi Menara Pisa.

Cara Menuju Pisa

Pisa Tower ya terletak di kota Pisa. Kota besar yang terdekat adalah Florence atau dalam bahasa Italia-nya Firenze. Untuk ke Pisa kita bisa naik kereta dari stasiun Firenze St. Maria Novella, 52 menit perjalanan kereta dan tiba di Pisa Centrale. Kereta ini bukan kereta cepat, hanya kereta jenis Regionale jadi tidak perlu beli jauh-jauh hari karena jadwal keberangkatannya sangat banyak. Begitu tiba di Florence, Anda beli tiket on-the-spot di mesin tiket tujuan Pisa, tarif 8.70 Euro satu arah. Demikian pula nanti pulangnya beli tiket on-the-spot jadi lebih flexible.

Kalau datang dari kota Milan atau Roma tetap sama, Anda naik tiket kereta cepat dulu hingga ke Firenze baru ganti kereta ke Pisa. Kesempatan kali ini saya daytrip dari kota Milan, jadi saya naik kereta Italo jurusan Milano Centrale - Firenze S.M.N (tiket termurah 23 Euro one-way beli online), lalu ganti kereta regular ke Pisa.

Italo Train

Saat tiba di Stasiun Pisa, keluar dan menyeberang ke halte bus lalu naik bus nomor 4, atau tunggu bus LAM Rosa (merah) di halte depan stasiun. Tiket bus bisa dibeli di kios dalam stasiun. Perjalanan bus sekitar 15 menit sudah sampai di gerbang kompleks Pisa Tower.

Tiket Menara Pisa

Jika Anda hanya ingin foto-foto di kompleks tanpa masuk ke gedung apa pun, maka tidak perlu beli tiket. Yang biasa Anda lihat orang foto-foto sambil seolah-olah pegang, sandaran, atau mendorong menara pisa.. itu gratis.

Pose Standard Turis Ya begini aja foto standard turis dari saya hehehe.. Untuk template bisa cari-cari di Google, pada kreatif kok pose foto orang-orang. Dari yang lucu sampai malu-maluin juga akan terlihat di sini.

Tersedia free pass untuk masuk gereja Cathedral yang ada di dalam kompleks, tapi jumlahnya terbatas dan ambil di loket pintu masuk.

Tapi saya sarankan beli tiket untuk naik menara Pisa. Tiket bisa dibeli 20 hari hingga h-1 sebelum kedatangan. Tiket dibeli online 18 Euro lewat website www.opapisa.it, print di rumah atau tunjukkan barcode di email konfirmasi.

Tips: Sebaiknya datang sore saat rombongan tour sudah berkurang drastis, juga sesuaikan dengan jam ticket untuk naik tower.

Kompleks Pisa

Sebenarnya yang dinamakan kompleks dari tadi adalah kumpulan beberapa gedung: Cathedral, Baptistery, the Monumental Cemetery, Opera del Duomo Museum, dan Pisa Tower sendiri. Selain Cathedral, yang lain perlu ticket untuk masuk ke dalamnya.

Sedikit sejarah sedikit, Pisa Tower ini mulai dikerjakan tanggal 9 August 1173 tapi mengalami berbagai macam perang akibatnya baru selesai 1319, dan ditambah lonceng tahun 1372. Jadi walau bangunannya terlihat mulus dan indah, sebenarnya usianya sudah lebih dari 800 tahun.

Baptistery, Cathedral, dan Tower di belakang

Begitu masuk kompleks Pisa ini rasanya memang wow.. bangunannya indah dan putih terang, beda zaman lah dengan bangunan di kota Pisa dan Italia umumnya yang banyakan warna corak terracota.

Untuk bangunan dalam Cathedral saya pikir cukup standard untuk ukuran di Italia, jadi tidak ada yang 'wow'. Jadi saya fokus bahas menara Pisa saja ya.

Mendaki Tangga

Siapkan kaki dan fisik ya jika ternyata jadi beli tiket naik menara Pisa. Kita harus kumpul di pintu masuk tower sekitar 10 menit sebelum jam yang di-book, lalu nanti akan ada briefing dan sejarah singkat tentang 'kemiringan' Menara Pisa. Selanjutkan silakan menaiki tangga yang terus meliuk hingga mendapatkan reward di puncaknya.

Jika kita membawa tas backpack akan diminta dititipkan di ruang penyimpanan, sebuah gedung di sebelah Pisa Tower.

Naik Tangga

Kita tidak akan merasa miring selama di dalam tower ini. Maklum lebih fokus menjaga nafas supaya bisa naik.

View dari puncak tower ke kompleks Pisa

View kota Pisa dan stadion sepakbola

Overall waktu yang dihabiskan di sini tidak lama, paling 2-3 jam. Tapi menjadi tempat wisata yang luar biasa ramai dan paling ingin dikunjungi bagi turis kalau ke Italia.

Baca juga artikel lain Panduan Jalan Hemat ke Eropa.

Airbnb

Follow @javamilk

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama