Tokyo Disneyland dan DisneySea

Javamilk Japan Series

Jika Anda ingin membaca tentang tempat wisata lain di Tokyo, silakan langsung ke halaman Tokyo.

Salah satu objek wisata yang mungkin menjadi to do list saat wisata ke Tokyo bersama keluarga adalah mengunjungi Tokyo Disneyland. Ini adalah theme park Disneyland pertama di Asia sebelum baru-baru ini dibuka di Shanghai.

Tokyo DisneySea Mickey Boat

Disneyland Tokyo mempunyai keunikan sendiri. Kalau anggapan kita theme park ini adalah wisata untuk keluarga, di Jepang jadi tempat untuk anak muda untuk pacaran. Baru pacaran? Katanya jika baru pacaran maka pacar baru harus dibawa ke Disneyland Tokyo. Masih single atau baru diputus? Ya datang ke Disneyland bersama rombongan teman yang jomblo. Tidak heran orang Jepang bisa datang berkali-kali ke theme park ini dalam setahun.

Terlebih mereka punya 'kegilaan' tersendiri terhadap tokoh Disney. Cuma di sini bisa dengan cuek pakai topi telinga Minnie Mouse, pakai baju Mickey, bermain game demi mendapatkan boneka Chip and Dale, antri 1 jam hanya demi bisa berfoto berpelukan dengan Mickey Mouse.

Beli Tiket Tokyo Disneyland dan DisneySea

Klook.com

Ada 3 jenis tiket Disneyland/DisneySea tergantung waktu dan keperluan Anda; Day Ticket, Starlight Passport, dan After-6 Passport. Day Ticket/Passport bisa dipakai dari jam buka sampai jam tutup (8am-10pm). Kedua taman harga tiketnya sama. Satu day-tiket hanya bisa dipakai untuk masuk ke salah satu park, kecuali 3-Day Magic Passport di mana hari ke-3nya bisa masuk ke Disneyland dan DisneySea sekaligus.

  • 1 Day Passport ¥7,400 (umur 12-17 ¥6,400 umur 4-11 ¥4,800)
  • 2 Day Passport ¥13,200
  • 3 Day Magic Passport ¥17,800

Jenis tiket kedua adalah Starlight Passport (¥5,400), hanya bisa masuk di atas jam 3 sore hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional. Dan tiket Disneyland yang paling murah adalah After 6 Passport (¥4,200), seperti namanya hanya bisa dari jam 6 malam sampai jam 10 malam.

Tiket bisa dibeli online di official website, tapi Anda bisa dapat lebih murah dibeli lewat Klook, link 1 Day Ticket atau 2 Day Passport Ticket, tinggal print di rumah dan langsung bawa ke gate Disneyland Resort.

Siapkan mental untuk antri 1 jam untuk setiap wahana. Satu hari sebenarnya tidak bakal cukup untuk menikmati semua wahana di dalam satu theme park. Jadi memang kalau mau puas dan waktu banyak bisa pertimbangkan beli yang 3 Day Magic Passport.

Transportasi ke Tokyo Disneyland

Tinggal di mana pun Anda di Tokyo, cari cara untuk sampai stasiun Maihama (bisa pakai bantuan website Hyperdia atau Jorudan).

Jika datang dari Tokyo Station, naik JR Keiyo line atau JR Musashino Line hingga stasiun Maihama. Kedua jalur ini tidak dicover oleh Tokyo Subway Pass tapi bisa pakai JR Pass jika sedang aktif di hari itu (tidak recommend sih karena jalur ini tidak terlalu mahal).

Sampai di Maihama Station, pindah ke stasiun monorail Disneyland. Ini adalah jalur kereta khusus yang membawa wisatawan ke Disney Resort Hotel dan Disneyland/DisneySea. Masuk gate kereta bisa tap menggunanan IC Card (Pasmo/Suica), atau Anda beli tiket lewat mesin. Kereta dengan livery khas Disney akan membawa kita ke dunia Disney.

Mickey's head-shaped window train

Pegangan tangan khas Disney dan sofa empuk

Berbeda dengan kereta Hong Kong Disneyland, yang datang ke Tokyo Disneyland adalah model macan (mama cantik) atau anak muda yang mau nge-date.

Wahana Tokyo DisneySea

Karena saya sudah pernah masuk ke Disneyland sebelumnya (di Paris, Hong Kong) jadi kunjungan saya kali ini adalah ke Tokyo DisneySea, satu-satunya DisneySea di dunia. Persiapkan atau riset wahana mana yang akan Anda tuju dalam sehari, taman ini sangat luas jadi gak bakal cukup waktunya. Pas saya datang juga mulai summer jadi siap-siap berkeringat.

Jadi tema utama di DisneySea yah berbau laut, bayangkan saja karakter Little Mermaid. Saya bahas ride yang special atau hanya ditemui di sini ya.

Tergantung bulan dan tema saat Anda datang berkunjung, show parade di Mediterranean Harbour bisa menjadi suguhan pertama. Karakter biasa seperti Mickey dkk, atau Pixar group naik kapal mengelilingi danau buatan, hingga ditutup dengan tarian di pinggir danau, pertunjukan ini ada sekitar 2-3x per hari.

 Show di Mediterannean Harbour

Tips: untuk rute bersama anak-anak, sebaiknya mulai dari kawasan Mermaid Lagoon. Untuk thrilling ride, mulai dari Lost River Delta. Pastikan juga ambil FastPass untuk wahana yang support, ini akan sangat menghemat waktu antri.

Tiket FastPass

Jika di Disneyland ada wahana It's a small world (kalau di Dufan: Istana Boneka), maka di DisneySea menurut saya lebih keren: Sinbad Storybook Voyage. Lagunya bagus, dan animatronik boneka nya lebih hidup!

Sinbad Storybook Voyage

Antrian terlama saya dihabiskan di Toy Story Mania ini, hampir 1,5 jam. Dari luar tidak terlihat wahana apa, ternyata wahana duduk di dalam kereta berjalan dan menembak target. Fun dan seru buat tua muda, pantas saja ramai sekali.

Toy Story Mania

Toy Story Mania

Kalau cuaca lagi terik panas, cocok main di kawasan Mermaid Lagoon. Mostly adalah permainan untuk anak-anak, indoor dan ber AC, ada Jumping Jellyfish, dan di seperti di foto bawah ini adalah Blowfish Balloon Race.

Mermaid Lagoon

Ada section yang dilalui oleh Disney Electric Train, lumayan buat hemat kaki, tapi hanya mengantar kita dari kawasan American Waterfront ke Port Discovery.

Tram Disney

Disney Steamer

Masih banyak lagi wahana yang tidak saya sebutkan di sini yang asyik-asyik, bisa Anda lihat di peta DisneySea (download di sini). Pokoknya one day is never enough.

Malam hari kalau di Disneyland biasa ditutup firework show, maka di DisneySea adanya Fantasmic Show. Jadi karakter Disney keliling danau menggunakan kapal, ada kembang api nya, juga pertunjukan water and light show. Keren dah. Ini tujuan utama orang yang beli tiket jenis After-6. Jadi perlu siap-siap cari posisi terbaik menjelang jam pertunjukan.

Fantasmic

Fantasmic

Selesai acara tidak perlu buru-buru jalan ke stasiun kereta. Antrian memang ada tetapi tidak terlalu lama. Saran saya lebih baik duduk-duduk istirahat kaki dulu, atau shopping souvernir (boneka Disney Tsum Tsum nya bikin ngiler).

Baca pula: Panduan Jalan ke Jepang.

Klook.com

Cari Hotel Murah