My Journey

Cara ke Montserrat Monastery

  • Last updated on

Sudah lama juga ya saya tidak menulis artikel tentang wisata di Eropa. Fokus wisata saya dalam 5-6 tahun terakhir ini adalah negara Asia, juga karena kurs Euro dan US Dollar kurang bersahabat di kantong.

Kali ini saya mau membahas singkat tentang Montserrat, pegunungan di Spanyol, tidak jauh dari Barcelona, yang terkenal dengan adanya pertapaan atau monastery bernama Monastery of Santa María de Montserrat.

Tempat ini adalah tempat ziarah umat Katolik, di mana adalah agama mayoritas penduduk Spanyol, juga peziarah datang dari seluruh penjuru Eropa dan dunia.

Sebagai turis tetapi bisa datang dan melihat semua yang ada di sini.

Tiket Montserrat

Dari website official, ada beragam jenis tiket Montserrat yang bisa kita pilih, tergantung apa saja yang ingin dikunjungi/didapat.

Anda bisa beli dari website Ticket Montserrat ini.

Yang paling basic dan must-visit adalah tiket masuk ke Basilica dan melihat Throne of Our Lady - yang lebih terkenal dengan nama patung Black Madonna. Ini harganya €8 (per 2023).

Jika Anda datang sendiri, tidak pakai tour, tentu perlu transport cable car dan kereta dari Barcelona. Nah inilah tiket paling lengkap, seharga €65.5, namanya Tot Montserrat (All Montserrat), meliputi kereta dari Barcelona, kereta gantung / cable car, kereta funicular, dan dapat makan siang di cafetaria.

Tiket Tot Montserrat

Cara Menuju ke Montserrat

Dari Barcelona, kita start dari stasiun Plaça d'Espanya, naik kereta R5 selama 1 jam sampai stasiun Aeri de Montserrat. Interval kereta setiap rata-rata 1 jam sekali, yaitu jam keberangkatan 8:14, 8:34, 9:34, 10:34, 11:34.

stasiun Aeri de Montserrat ini bukan perhentian terakhir jadi pastikan Anda mengetahui kapan harus turun kereta. Karena ini juga kereta komuter, ada kemungkinan tidak dapat duduk sepanjang perjalanan in (terlebih rute pulang).

Jika Anda membeli tiket Tot Morserrat, tukarkan voucher dgn tiket di stasiun Pl. Espanya sebelum berangkat.

Tiba di Aeri de Montserrat, ikuti antrian untuk naik cable-car dengan modal tiket yang sudah ada.

Cabin yang kecil membuat antrian cable car lumayan panjang, cable car ini menanjak cukup tinggi untuk sampai ke monastery.

Montserrat Aeri Cable Car

Montserrat Monastery

Tiba di atas, pemandangan ke bawah menjadi spektakuler.

Tapi tujuan utama kita adalah memasuki Basicila atau gereja.

Monastery

La Moreneta

Yang istimewa di dalam Basilica adalah adanya patung Bunda Maria yang berwarna gelap, dibuat di abad 12, dari situ muncul istilah La Moreneta atau Black Madonna.

The figure of Our Lady stretches out Her right hand, which holds the globe, symbolising the cosmos. Our Lady nearly rests Her left hand on the Child’s shoulder, indicating that this omnipotent king is Her Son. With His right hand, the Child gives a blessing, whilst His left hand holds a pinecone, symbol of fertility and everlasting life.

Anda mungkin perlu mengikuti antrian cukup panjang untuk sampai ke bagian yang menyimpan patung ini. Tempatnya kecil dan perlu menaiki tangga di dalam basilica.

Patung ini tidak besar, ditutupi oleh kaca bening untuk menghindari perubahan warna dan kerusakan. Tangan kanan Maria memegang object seperti bumi dan di tengah tampak duduk bayi Yesus.

La Moreneta

Santa Cova

Nama spanyol aslinya Santa Cueva de Montserrat, ini dalam sejarah lebih penting daripada Basilica yang dibangun di atasnya.

Alkisah inilah tempat awal penampakan Maria, di sebuah gua di lereng perbukitan Montserrat ini.

Di lokasi penampakan sekarang dibangun kapel untuk menutupi gua aslinya. Di dinding gua ini terdapat replica patung Maria, seperti yang dipajang di dalam Basilica tetapi lebih kecil dan sederhana.

Untuk menuju ke sini, Anda perlu naik Santa Cova Funicular, tidak jauh dari stasiun atas cable car tempat Anda tiba di puncak bukit. Funicular ini semacam tram, memang tidak jauh jalannya, tetapi menghemat 'sedikit' perjalanan, karena Anda masih harus berjalan kaki turun naik sekitar 20-30 menit untuk tiba di Santa Cova.

View tidak jauh dari Santa Cova

Santa Cova

Overall waktu ke Montserrat tidak sampai full day, tetapi juga setengah hari tidak cukup jika Anda ingin melihat Santa Cova juga. Terlebih perjalanan pp dari Barcelona perlu 2 jam total. Montserrat menjadi pilihan menarik jika Anda ingin daytrip dari Barcelona.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives