Daytrip ke Blue Mountain

Jika Anda ingin daytrip keluar dari kota Sydney, wisata ke Katoomba dan mengunjungi Blue Mountain adalah salah satu destinasi wisata favorit penduduk lokal.

Artikel ini adalah bagian dari Panduan Wisata di Sydney.

Biasanya satu hari pasti habis jika Anda berada di kawasan Blue Mountain ini.

Tips: rencanakan ke tempat ini pada hari Minggu (mulai 2020 berlaku juga Sabtu dan Minggu), supaya tiket kereta dan transportnya murah (kena daily cap $8 maksimal).

Untuk menuju ke Blue Mountain, naik kereta regional dari Central, ambil Blue Mountain Line (warna kuning), perjalanan sekitar 1 jam, dan turun di stasiun Katoomba.

Katoomba Station

Three Sisters

Tiba di sini, lanjut dengan bus nomor 686 (naik dari Katoomba St di seberang stasiun) yang akan membawa kita ke Echo Point Lookout. Bayar bus dengan Opal Card (tetap ikut daily cap jika Anda naik di weekend).

Biasa cukup foto dari sini ke bebatuan yang bersusun tiga, sesuai namanya. Jika ingin hiking, terdapat rute hiking bagi yang ingin eksplorasi, peta bisa didapat di area stasiun katoomba.

Three Sisters

Scenic World

dengan bus yang sama (686), kita lanjut ke Scenic World; tempat rekreasi untuk semua umur.

Di tempat ini kita bisa menikmati keindahan alam dengan beberapa alat transportasi: 2 kereta gantung (ropeway) dan kereta railway yang miringnya ekstrim.

Tiket Scenic World bisa dibeli online dengan jenis tiket Discovery Pass, tinggal atur jumlah orang dewasa dan anak.

Peta area Scenic World

Pertama jika mulai dari East Station, adalah Scenic Skyway, kereta gantung yang akan membawa wisatawan ke 'kantor pusat'nya, Top Station.

Cable Way

Di Top Station ini terdapat restoran dan tempat duduk untuk istirahat (karena pasti kaki capek antri atau habis banyak jalan kaki).

Kita bisa melanjutkan perjalanan di sini, naik railway atau naik Cable car, sama-sama ke Jamison Valley di bawah, hutan asri yang sudah dibuat jalan kayu sehingga sangat kids friendly.

Kalau naik Railway, terdapat 3 pilihan setelan kursi, tergantung 'nyali' Anda. Dari yang paling santai (sudut kemiringan 44 derajat), 52º, hingga paling ekstrim 64º.

Kereta dengan sudut ekstrim

Kereta dengan sudut ekstrim

Pastikan saja Anda harus ingat jam terakhir operasi kereta/cableway ini kembali ke Top Station supaya tidak ketinggalan saat ingin pulang. Sabtu Minggu tutup jam 5 sore, hari lainnya jam 4 sore.

Lanjut baca: Sydney Taronga Zoo.

Klook.com

Cari Hotel Murah

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama