Tips

Cara Membeli Tiket Bus Express InterCity di Seoul

  • Published on

Jika Anda berencana untuk pindah kota menggunakan bus di Korea Selatan, maka pilihan yang paling efisien adalah menggunakan kereta express KTX atau ITX.

Namun untuk ke beberapa tempat yang tidak dilayani jalur kereta cepat ini, misalnya Pohang City atau Sokcho, pilihan yang tersedia adalah dengan naik bus antar kota, di sini dinamakan express bus.

Ini saya share pengalaman saya membeli tiket bus Seoul ke Sokcho, kota terdekat untuk menuju Mount Seorak. Setelah saya coba riset, tiket ke Sokcho biasa sudah habis 1 hari sebelum keberangkatan.

Bus Express antar kota di Korea dibedakan berdasarkan kelasnya: Economy (kursi 2-2), Excellent (kursi 2-1), dan Premium (kursi 2-1, mirip Business Class di airlines). Perusahaan operator bus dan kelas bus tidak saling compete karena jadwalnya berbeda. Tentu saja harga menyesuaikan. Jadwal terbanyak selalu di kelas Excellent, jadi sebenarnya Anda memilih jam keberangkatan yg cocok, kelas bus menjadi pertimbangan kedua.

Saya beli tiket kelas Excellent untuk pergi (sekitar 21000 Won) dan pulangnya pakai kelas Economy (16000 Won). Anak di bawah 12 tahun bayar setengah harga. Menurut saya kursi kelas economy cukup sempit, jika duduk bersama stranger akan tidak nyaman. Untuk kelas Excellent sudah pasti nyaman, lebar dan bisa recline termasuk kaki.

Cara Membeli Tiket Bus Express secara Online

Cara ini bisa Anda pakai -jika- memiliki nomor telepon/selular lokal ya. Jika Anda tidak punya nomor lokal (biasa turis membeli sim card di Korea itu tidak include nomor lokal, hanya paket data), maka cara ini tidak bisa. Tapi Anda tetap bisa memakai website ini untuk mengecek jadwal keberangkatan dan ketersediaan kursi, supaya mempermudah Anda saat beli tiket on-the-spot.

Untuk membeli secara online, yang official adalah website Kobus (bisa ganti bahasa ke English). Anda cukup masukkan terminal asal di Seoul, ada 2 : Seoul Gyeongbu Line dan Dong-Seoul, lalu pilih terminal kota tujuan, dan pilih tanggal keberangkatan.

Website Kobus

Di layar selanjutkan kita akan diberikan list jam keberangkatan yang ada, jenis bus, dan sisa kursi yang tersedia. Jika kursi sudah menipis atau habis, tidak ada gunanya Anda datang beli on the spot di terminal karena pasti habis juga, solusinya ganti jadwal lain.

Pilih Jadwal Keberangkatan

Pilih kursi

Setelah memilih kursi yang diinginkan, layar berikut adalah mengisi detil Anda seperti nomor telepon, password (ini utk keamanan saja), dan nomor kartu kredit untuk transaksi.

Website Kobus

Transaksi online menggunakan kartu kredit di website perusahaan Korea Selatan berdasarkan pengalaman saya agak menyulitkan. Ada website yang memaksa Anda install extension untuk mengisi nomor kartu kredit dgn mouse click (anti key-logging), ada yang tidak bisa pakai browser di iPad, ada juga yang perlu coba kartu dari beberapa bank Indonesia baru tembus. Jadi pengalaman Anda mungkin bisa berbeda.

Cara Membeli Tiket Bus Express di Stasiun

Saya sarankan Anda untuk membeli tiket beberapa hari sebelum keberangkatan. Rute-rute bus seperti Seoul - Sokcho atau Seoul - Busan relatif selalu penuh, terlebih di weekend. Jika anda baru beli tiket pada hari H bisa jadi tidak dapat tiket bus.

Express Bus terminal

Di Seoul, terminal bus antar kota terbesar ada di Seoul Gyeongbu Express Bus Terminal, sekitar 1km dari Gangnam. Jika naik Seoul Metro, turun di stasiun Express Bus Terminal (Line 3-7-9). Jangan bayangkan Terminal Busnya jelek ya, stasiun terhubung langsung dengan Shinshegae Mall dan suasana layaknya mall berkelas.

Mesin Tiket di Terminal

Anda bisa beli tiket bus lewat mesin tiket di dalam terminal (pakai kartu kredit, ada sedikit diskon jika beli bbrp hari sebelumnya). Juga ada counter yang dilayani staff, tetapi pastikan Anda sudah menulis kota tujuan dan tanggal keberangkatan supaya tidak salah komunikasi.

Membeli di mesin tiket menu-nya hampir sama seperti cara membeli online yang saya jelaskan di atas, bedanya tidak ada step mengisi nomor telepon.

Mesin Tiket Bus Express

Tiket Bus Express

Cara Boarding Express Bus

Pastikan Anda tiba 20 menit sebelum jam keberangkatan. Terminal bus ini lumayan besar dengan jumlah gate/platform mencapai 30. Cek nomor gate di tiket bus Anda. Jika masih cukup waktu bisa beli makanan atau minuman di dalam terminal ini, atau cukup duduk di dekat gate keberangkatan.

Gate keberangkatan bus

Tidak ada panggilan untuk boarding, jadi pastikan Anda selalu memantau gate sambil melihat jam apakah bus sudah tersedia di bus bay keberangkatan. Di kaca depan bus ada layar LED bertuliskan rute dan jam keberangkatan, jadi tidak mungkin salah naik bus. Bus berangkat tepat waktu!

Saat naik bus Anda akan diminta melakukan check-in. Begitu menaiki pintu masuk bus, ada QR Scanner di samping kanan. Scan tiket Anda dengan meletakkan tiket di bawah mesin ini, otomatis televisi di dalam bus akan menampilkan kursi penumpang yang sudah checkin.

Seperti naik kereta KTX, jangan asal duduk. Anda harus duduk sesuai nomor kursi, karena bisa saja bus akan menaikkan penumpang di terminal bus di tempat lain.

Untuk rute Seoul - Sokcho, total perjalanan adalah 2,5 jam. Sekitar 1 jam setelah bus berangkat akan melakukan perhentian 15 menit di rest area.

In summary, naik bus antar kota di Korea bisa menjadi opsi buat Anda jika tidak ikut group tour ke destinasi yang jauh atau agak sulit dijangkau.

Happy travelling.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives