Cara Mengakses Situs yang Diblok di China

Published on

Guangzhou Shopping Street

Jika Anda berencana wisata ke China dan ingin tetap stay online, sebelum berangkat perlu melakukan beberapa homework. Bagi yang belum tahu, censorship Internet yang berlaku di China, bagi kebanyakan orang dinamakan Great Firewall of China (GFC). Aplikasi populer yang biasa kita pakai seamless ibarat lagi bernafas, tidak bisa jalan alias di-block jika sedang online dari China, antara lain: Google, Facebook, Instagram, dan Twitter.

Anda mau pakai mobile provider seperti China Unicom, China Mobile, Wo, atau sekedar wifi dari hotel semua hasilnya sama.

App Alternatif

Mau melakukan pencarian? Ada Baidu.com sebagai pengganti Google.com. Resultnya memang China oriented, dan mostly dalam hasil bahasa Mandarin. Sebagai alternatif Anda bisa pakai Bing.com (untungnya tidak di-blok). Karena semua barang Google kena blok, jadinya mau cari petunjuk arah atau lokasi hotel tidak bisa pakai Google Maps (pakai Baidu Maps).

Baidu Map in action

Email Anda pakai Gmail? pastikan email2 penting (misalnya konfirmasi booking hotel, tiket pesawat) di-forward dulu ke tempat lain supaya bisa dibuka.

Google Translate untungnya bisa! (buka translate.google.cn)

Nah, bagaimana kalau tetap mau main Facebook, Twitter dan Instagram selagi di sana? Untuk menghindari kerepotan seperti ini tentu di dunia IT ada jalannya. Kalau bagi orang awam mungkin namanya hacking, tapi sebenarnya ini hanyalah masalah setting dan koneksi. Berikut adalah beberapa cara untuk melewati Great Firewall of China.

VPN

Cara pertama, dan bagi yang tidak mau repot, gunakan VPN (Virtual Private Network) yg ditawarkan di Internet. VPN ini ibaratnya kita membuat terowongan yang aman, hingga jalur kita langsung bisa sampai di ujung sananya. Jadi kita bisa pilih ujungnya mau ada di USA, atau di Asia (Singapore/HK/dll). Jadi jika melakukan check lokasi, orang yang tersambung VPN seolah-olah berada di negara lain.

Jika Anda googling, akan menemukan beberapa provider VPN yang menawarkan jasa koneksi VPN yang bisa bypass GFW ini.

Tergantung lokasi dan jaringan, tapi bisa dipastikan kalau kita terhubung ke Internet via VPN, kecepatan akan berkurang drastis, terutama jika dari China pakai VPN server di USA. Jadi kalau bisa cari yang lokasi Hong Kong atau Jepang.

Nah VPN provider ini yang bagus memang berbayar (misalnya ExpressVPN). Dengan biaya per-bulan sekitar $10, 'katanya' kecepatannya tetap bagus dan reliable.

Saya sendiri coba yang gratis, di IOS/iPhone saya install yang namanya Turbo VPN. App ini ada juga di Google Play Store. So far oke lah. Tidak selamanya bisa jalan, kadang malam lambat dan kadang tidak connect sama sekali, tapi karena gratis tidak bisa complain.

TurboVPN

Cara pakai VPN setelah kita install TurboVPN di smartphone cukup mudah, di iOS cukup buka app-nya, pilih server (US/UK/Japan), lalu klik Connect. Nanti akan muncul icon VPN di status bar, lalu siap browsing atau launch Facebook, dll.

Jika Anda punya server sendiri (Virtual Private Server alias VPS) yang mempunyai IP Public, bisa coba install dan configure VPN Server sendiri. Pastikan saja pakai protocol IKEv2 karena kemungkinan sukses nya lebih besar.

Shadowsocks

Cara kedua, Nah ada metode lain yang lebih disarankan, tapi Anda harus punya VPS sendiri, yaitu dengan meng-install Shadowsocks. Ini ibaratnya proxy server, dan sepanjang saya pakai lebih reliable, walaupun server VPS saya ada di Dallas, Texas.

Jadi ada 2 komponen yang perlu kita install, server komponen dan client program. Langkah install komponen server bisa dilihat di sini, saya pakai Ubuntu Linux 16.04:

python get-pip.py

pip install shadowsocks

Lalu configure file shadowsocks.json

nano /etc/shadowsocks.json

contoh isinya adalah sebagai berikut, ganti server dengan IP public Anda.

{ "server":"11.22.33.44", "server_port":8000, "local_port":1080, "password":"passwordsaya", "timeout":600, "method":"aes-256-cfb" }

simpan file ini, lalu nyalakan server:

sudo ssserver -c /etc/shadowsocks.json -d start

Setelah install Shadowsocks server ini, install aplikasi iOS atau Android yang namanya Lify (ada juga app lain yg sejenis) untuk connect. Anda perlu memasukkan alamat server dan password seperti configurasi di atas. Lify ini akan bantu Anda utk memasang vpn connection profile, tapi selanjutnya bisa langsung connect dari Setting-VPN menu.

Selamat mencoba!