Wanaka

Dalam perjalanan saya dari Queenstown menuju Christchurch, saya ambil rute SH89 melewati Wanaka lalu SH8 lewat Twizel dan Lake Tekapo, baru masuk ke jalur 'pantura'-nya New Zealand yaitu SH1 hingga Christchurch.

Untuk rute yang cukup panjang dan melelahkan ini, harus di-break down dengan menginap satu malam yang saya putuskan di Wanaka. Jarak Wanaka dari Queenstown sebenarnya tidaklah jauh, hanya 71 km dan memakan waktu 1 jam dengan mobil. Tetapi jalur ini ternyata sangat menantang dan juga indah.

[

Bagitu keluar dari kota Queenstown, kita akan melewati terrain (dataran rendah) luas yang ditanami hanya rumput dan peternakan biri-biri. Selepas itu akan mulai mendaki mengelilingi dan melintasi pegunungan. Jalan akan terus menanjak dan berkelok, sepertinya untuk mobil kecil akan ngos-ngosan (jadi usahakan jangan rental mobil seperti Hyundai Getz dan sejenisnya), cukup asyik buat saya yang mengemudikan Chevrolet Cruze (baca juga artikel tentang bagaimana saya bisa dapat rental mobil ini dengan biaya murah). Menyalip mobil lain selagi di rute ini sepertinya cukup sulit, selain karena kecepatan maksimal hanya boleh 100 km/h, juga tidak banyak jalan lurus untuk menyalip. Kalau di Indo sih mungkin bisa saja, cuma kita ini kan turis yang patuh hukum di negara orang :)

Begitu lepas dari pegunungan, jalan akan relatif lurus walaupun masih turun naik hingga tiba di kota Wanaka. Menggunakan GPS saya mencari lokasi motel. Motel ini tidak di-book online, jadi saya dapat harga walk-in \$90 per malam. Kamarnya besar dilengkapi kitchenette serta punya balcony view ke Lake Wanaka yang indah. Mantap!

[

Setelah urusan check-in selesai, langsung tancap gas menuju sebuah museum objek wisata yang cukup terkenal di sini: Stuart Landsborough's Puzzling World. Karena di Wanaka saya dan istri cuma menikmati hidup, jadi yang bisa diceritakan panjang lebar yah hanya Puzzling World ini yah :)

[

Lokasinya cuma 2 km dari pusat kota, mudah dicari kok dengan melihat peta dari GPS. Tiket masuknya adalah \$13 per orang termasuk tiket maze. Koleksi barang-barang dan ruangan yang memberikan ilusi optik, juga

Misalnya deretan cetakan muka ini yang memberikan kesan 3 dimensi menonjol ke luar, padahal sebenarnya cetakan di dinding adalah menonjol ke belakang. Dan jika berdiri di tengah ruangan akan punya efek seolah-olah pandangan mata para figur ini mengikuti pergerakan badan kita... seremm.

[

Lalu ada Roman Toilet, jika difoto dari jarak tertentu akan terlihat seolah-olah saya sedang duduk di toilet bersama orang romawi yang lain, padahal ini adalah lukisan di dinding.

[

Di halaman depan ada 'landmark' nya Puzzling World berupa Leaning Tower, yah orang yang foto disini umumnya pasang gaya standar yang sama seperti di menara Pisa di Itali, mencoba menahan dengan tangan :)

[

Di halaman belakangnya terdapat maze 3 dimensi yang luas. Maze yang saya kunjungi di Hampton Court Inggris tidak ada apa-apanya dibanding ini. Maze yang biasa hanya berupa jalan penuh jebakan dan jalan buntu, ini ditambah over-bridge yang menambah kerumitan. Total panjang maze berdinding kayu ini jika dilalui semua adalah 1.5km! Ada 4 buah pos di sudut ditandai dengan warna berbeda. Ada 2 challenge yang bisa kita pilih, yang mudah adalah kita harus bisa jalan dan mencapai ke-empat pos ini at any order, dan challenge yang lebih susah adalah kita harus mencapai ke-empat pos tersebut dengan urutan warna yang ditentukan. Yang pasti saya hanya bisa mencapai 3 pos dengan urutan random, dan nyerah :)

[

Sebenarnya Wanaka bisa menjadi base untuk menuju Mt. Aspiring National Park bagi yang ingin melakukan tramping atau glacier walk, bisa juga day trip ke Lake Hawea untuk menikmati danau yang indah, jadi plan ahead and have a plenty of time jika ingin puas main di South :)

Pusat kota sendiri bisa dibilang kecil sekali, dan di area sepanjang pinggir danau tersedia lapangan parkir mobil (gratis 120 menit) sehingga bebas menikmati danau yang tenang ini.

[

Untuk urusan belanja kebutuhan sehari-hari, ada supermarket seperti New World (kalau di sini seukuran Hypermart), sehingga kita bisa beli snack atau bahan breakfast.

[

Pilihan Hotel