Panduan Jalan ke Malaysia

Hi! Ini adalah halaman induk Panduan Jalan Hemat ke Malaysia. Artikel akan ditambah seiring waktu jadi jangan lupa bookmark halaman ini.

Setelah menulis panduan jalan ke mana-mana, rasanya saya harus melengkapi dengan panduan wisata ke Malaysia, biar komplit gitu lho, walaupun selama ini saya cukup malas menulis Malaysia (karena sudah banyak blog lain yang menulis).

Genting Theme Park

Pesawat Murah ke Malaysia

Untuk urusan pesawat, terdapat beberapa penerbangan langsung dari kota-kota utama Indonesia (Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, dll) menuju Kuala Lumpur, Kinabalu, Johor Baru, dan Penang.

Untuk tiket pesawat murah ke Kuala Lumpur dan Penang cobalah browsing dan query harga dari beberapa budget airlines ini:

Harga bervariasi tergantung promo, bisa murah sekali : kurang dari Rp 100,000 pulang pergi jika beli jauh-jauh hari (baca setahun dimuka), atau promo normal adalah sekitar Rp 500,000-1jt untuk pulang pergi jika beli dalam rentang 1-4 minggu di muka.

Untuk kenyamanan lebih, jangan lupa coba website KLM karena punya rute Jakarta-Kuala Lumpur yang kalau promo harganya USD 105-155 /pax pulang pergi, sudah dapat makan dan minum wine pula di pesawat. Juga sejak tahun 2015 Malaysia Airlines suka buka promo tiket murah ke Kuala Lumpur, bisa dapat sekitar 1jt rupiah tiket pp, jadi Anda subscribe newsletter-nya saja supaya tidak ketinggalan info.

KLIA

Untuk full-service airlines seperti MAS, KLM, dkk, termasuk Lion dan Malindo, kita akan mendarat di Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Airport ini cukup modern dan besar, dilengkapi berbagai fasilitas saat transit/boarding seperti restoran, lounge, dan toko buku. Free Wifi juga bisa didapatkan di area bandara.

Sedangkan untuk budget airlines (AirAsia, Tiger) akan mendarat di KLIA 2, bandara yang baru beroperasi mulai 2 Mei 2014, menggantikan LCCT (Low Cost Carrier Terminal) yang sudah ditutup. KLIA2 ini lebih dekat dgn KLIA dibanding LCCT, jaraknya hanya 2 km.

Baca review saya tentang bandara baru KLIA 2, juga petunjuk transit untuk penerbangan fly-through.

Dari Bandara KLIA / KLIA2 kita dapat menggunakan kereta KLIA Express atau KLIA Transit untuk menuju pusat kota Kuala Lumpur (KL Sentral Station). KLIA Express perlu 28 menit untuk satu arah. Sedangkan KLIA Transit sedikit lebih lama (35 menit) karena melakukan 3 stop tambahan (salah satunya Putra Jaya), namun harga tiket tetap sama RM 50 (per 2016).

Dengan adanya KLIA Terminal 2, maka KLIA Express/Transit juga melayani terminal ini setelah stop di KLIA Utama. Juga kita bisa pakai kereta ini untuk pindah dari KLIA 2 ke KLIA, demikian sebaliknya (tiket RM 2.00)

Walaupun tiket KLIA Express lebih mahal (dibanding naik bus), tapi kelebihannya adalah kita bisa melakukan city checkin di KL Sentral untuk maskapai full-service MAS, Cathay, Etihad, dan Emirates. Selain itu juga waktu tempuh yang pasti membuat kita lebih tenang, sambil menggunakan fasilitas free wifi di dalam kereta.

Opsi transport murah dari KLIA/klia2 adalah menggunakan airport bus dengan tarif RM 10/one-way. Perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung traffic.

Tempat Wisata di Malaysia

Ada beberapa kota destinasi menarik yang layak dikunjungi di Malaysia, akan saya tulis sebagai halaman tersendiri. Silakan ikuti link yang ada, yang belum ada berarti sedang dalam penulisan :)

  • Malaka (Melaka),
  • Penang,
  • Genting Highland
  • Ipoh, di mana akhir tahun 2016 akan dibuka 20th Century Fox World outdoor theme park dan Genting Premium Outlet.
  • Kuala Lumpur
  • Johor Baru (Lego Land, Hello Kitty Land, Premium Outlet, future writing)

Yang pasti biaya hidup kurang lebih sama, bahkan cenderung lebih murah untuk urusan makan kalau di Malaysia dibanding Indonesia (makanan bukan di mall).

Hotel di Malaysia

Untuk penginapan atau hotel murah di Malaysia juga sangat banyak, bisa kita ikuti jaringan Tune Hotels yang tersebar di banyak kota dan lokasi. Hotel berbintang juga cukup sebanding harganya dengan Jakarta, berkisar 600-800rb untuk bintang 2, hingga 1,5-3jt untuk bintang 5.

Cari Hotel Murah