City

Transportasi Hong Kong International Airport (Update 2023)

  • Last updated on

Hong Kong International Airport, Bandara Terbaik di Dunia

Tiba di Bandara Hong Kong tapi bingung bagaimana cara menuju Kowloon, Central, atau pusat kota lain? Keep reading...

Untuk menuju ke pusat kota ada beberapa opsi yang bisa kita pakai: public transport dengan kereta atau bus, atau kalau rombongan 3-4 orang bisa menggunakan taksi.

Kereta Airport Express

Ini adalah pilihan utama kalau ingin praktis dan cepat. Cukup 24 menit naik kereta ini dari HKIA kita sudah menuju Hong Kong/Central Station. Ya kereta ini cepat karena tidak banyak melakukan stop sepanjang perjalanan, hanya berhenti di Tsing Yi, Kowloon, dan berakhir di Hong Kong station di Central.

Stasiun kereta ada di tengah bandara. Jadi begitu Anda collect baggage dan keluar di Arrival Hall, tinggal ikuti petunjuk "Train to City". Di sini tersedia ticket office dan mesin tiket kalau mau beli tiket, atau jika ingin bayar pakai Octopus Card langsung masuk ke kereta. Di stasiun kereta HKIA ini tidak ada gate tiket, jadi penumpang langsung naik kereta sampai stasiun tujuan, nanti tiket atau octopus card di-tap waktu keluar.

Harga tiket (per 2023) menuju Hong Kong Central adalah HKD 110 (HKD 205 utk tiket pp), atau kalau destinasi kita di Kowloon Station cukup HKD 100 (HKD 185 pp). Tiket Airport Express Train ini suka ada promo, jadi Anda perlu rajin browsing, biasanya promo kalau kita group ber-2 atau ber-4 naik kereta bersamaan. Misalkan tiket untuk group 4 orang jadinya HK$280 (70 HKD per orang).

Kalau Anda ingin beli in advance supaya tidak repot cari uang HKD, bisa Anda beli secara online lewat link klook ini, tiketnya begitu dibeli bisa langsung dipakai di pintu masuk station dengan di scan QR Code langsung dari smartphone kita.

Opsi lain bisa di-combine dengan beli MTR Tourist Pass, jadi gabungan tiket kereta Airport Express dan naik MRT selama 3 hari full. Namanya adalah Hongkong MTR Tourist Pass, tersedia 2 macam: mau yang one-way Airport Express, atau tiket pulang pergi.

Cara naik kereta bandara Hongkong ini adalah begitu Anda keluar dari tempat pengambilan bagasi, di Arrival hall cari papan petunjuk Train to City. Ini lokasinya di tengah, Anda keluar dari Arrival A atau B sama saja pasti terlihat. Jika tidak punya tiket, ada counter yg ada staff melayani penjualan Octopus, atau bisa dibeli tiket langsung dari ticket machine. Masuk ke dalam kereta tidak ada ticket gate - nanti saat tiba di Kowloon atau HK/Central baru ticket dipakai untuk keluar.

Update Maret 2023: tiket MTR Tourist Pass ini tidak dijual lagi waktu saya ke HK.

Hong Kong MTR Tourist Pass

Kalau dari sisi menuju bandara HKIA kelebihan naik kereta Airport Express ini adalah adanya fasilitas city check-in di Hong Kong Station. Jadi kita bisa check-in dan masukin koper bagasi di tengah kota, dapat boarding pass, dan masih bisa jalan-jalan bebas hingga menjelang waktunya berangkat. Update per 5 Juli 2023: fasilitas city checkin hanya dibuka di stasiun Hong Kong (Central), blm bisa di Kowloon Station, dan hanya untuk penerbangan Cathay Pacific.

Airport Bus

Jika ingin transportasi yang lebih murah dan jalan sendiri atau berdua, Anda bisa naik City Bus. Pertama harus ditentukan dulu tujuan atau hotel kita, baru bisa dicari nomor bus yang melayani.

Juga jika Anda menginap di daerah Mong Kok atau Yau Ma Tei, naik kereta Airport Express kurang tepat juga karena harus tukar dgn kereta MRT dan memakan waktu. Opsi dengan airport bus lebih baik, cukup naik duduk manis sekitar 40-50 menit tiba di daerah Mong Kok, secara waktu total mungkin hampir sama dgn airport express + MRT.

HK Airport Bus

Tiket bus dibeli di loket bus di Airport, atau kalau punya Octopus Card bisa langsung tap saat naik bus. Tarif bus di Hong Kong ditetapkan saat Anda naik, jadi bukan berdasarkan jauh-dekatnya Anda pakai.

Untuk mudahnya, Anda bisa buka website ini, berisi list hotel ternama di Hongkong beserta rute bus yang bisa dipakai.

Cara naik bus bandara Hongkong ini adalah begitu keluar dari arrival, cari papan penunjuk Bus to City. Anda akan diarahkan keluar dari gedung terminal, sekitar 4 menit dan tiba di stasiun bus. Ada papan penunjuk besar yang berisikan nomor bus, destinasi, dan perkiraan keberangkatan (dalam menit). Jika Anda sudah punya kartu Octopus, tinggal menuju waiting bay masing-masing bus yang dituju. Jam keberangkatan bus tergolong akurat, jadi begitu Anda miss satu bus kemungkinan harus menunggu 20-30 menit lagi.

Airport Bus A21

Airport Bus Tujuan Kowloon

  • A21, $33, Sham Sui Po - Nathan Road: Mong Kok - Yau Ma Tei - Jordan - Tsim Sha Tsui - berakhir di Hung Hom.
  • A22, $39, Tsim Sha Tsui - Hung Hom - Kowloon City - Kwun Tong - to Lam Tin. Update rute ini sementara di-nonaktifkan.
  • E21, $14, Tung Chung - Sham Sui Po - Mong Kok - to Tai Kok Sui. Warning: lebih murah dari A21 tetapi stopnya banyak jadi lebih lama sampai Mong Kok.

Jika tujuan Anda adalah sekitar Austin Station dan Jordan Station, opsi lain adalah naik bus A23 atau E23 yang akan lebih cepat sampai dibanding bus A21.

Airport Bus Tujuan Hong Kong Island

  • A10, $48, to Kennedy Town - Ap Lei Chau
  • A11, $40, Sheung Wan - Central - Wan Chai - Causeway Bay - to North Point
  • A12, $45 Central - North Point - Chai Wan - Siu Sai Wan
  • E11, $21, rute seperti A11, menuju Tin Hau.

Peta Bus saya tampilkan di sini, kalau mau paling update Anda harus coba langsung ke website CityBus atau dari website HKIA.

Bus kode A tarifnya lebih mahal dibanding yg kode E, melakukan lebih sedikit stop, dan jadinya A akan lebih cepat dibanding bus kode E walaupun tujuannya sama. Bus kode E biasa akan menghabiskan 20-30 menit berputar-putar dulu di sekitar kawasan bandara. Keduanya rata-rata memiliki wifi onboard dan rak untuk meletakkan koper.

Peta Airport Bus Hongkong

Jadwal operasional bus dengan nomor AXX ini hingga tengah malam, sekitar jam 12-an. Lewat dari jam ini kode bus berubah menjadi NXX untuk rute yang sama (misal A21 menjadi N21), interval-nya menjadi lebih lama, tapi tetap beroperasi hingga jam 5-6 pagi.

Taksi

Kalau Anda datang berempat, naik taksi mungkin sudah lebih ekonomis dan cepat. Argo Taksi dari Airport menuju Central atau sekitar Sheung Wan adalah ~$300-400. Rata-rata sopir bisa bahasa Inggris walaupun agak terbatas. Cukup sebutkan destinasi atau nama hotel, atau nama jalan, pasti kita akan diantar sampai tujuan. Utk order taxi menggunakan aplikasi, Anda bisa pakai Uber.

Warna Taksi Hong Kong yang legendaris adalah merah, walaupun sebenarnya ada warna yang lain (warna menentukan daerah operasi, tapi merah pasti bisa ke Central dan Kowloon).

Jangan lewatkan artikel lengkap Panduan Jalan hemat ke Hongkong, Macau, dan Shenzhen.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives