Transportasi Hong Kong International Airport

Last updated on

Hong Kong International Airport, Bandara Terbaik di Dunia

Tiba di Bandara Hong Kong tapi bingung bagaimana cara menuju Kowloon, Central, atau pusat kota lain? Keep reading...

Untuk menuju ke pusat kota ada beberapa opsi yang bisa kita pakai.

Kereta Airport Express

Ini adalah pilihan utama kalau ingin praktis dan cepat. Cukup 24 menit naik kereta ini dari HKIA kita sudah menuju Hong Kong/Central Station. Ya kereta ini cepat karena tidak banyak melakukan stop sepanjang perjalanan, hanya berhenti di Tsing Yi, Kowloon, dan berakhir di Hong Kong station di Central.

Stasiun kereta ada di tengah bandara. Jadi begitu Anda collect baggage dan keluar di Arrival Hall, tinggal ikuti petunjuk "Train to City". Di sini tersedia ticket office kalau mau beli tiket, atau bisa pakai Octopus Card langsung naik kereta.

Hong Kong MTR Tourist Pass

Harga tiket (mulai 18 Juni 2017) menuju Hong Kong Central adalah HKD 110 (HKD 205 utk tiket pp), atau kalau destinasi kita di Kowloon Station cukup HKD 100 (HKD 185 pp). Tiket Airport Express Train ini suka ada promo, jadi Anda perlu rajin browsing, biasanya promo kalau kita group ber-2 atau ber-4.

Tips Jangan lupa juga kalau beli Hongkong MTR Tourist Pass, ada paket yang include Airport Express ini.

Jika beli tiket Airport Express dari Airport, maka tiket ini berlaku juga dipakai untuk connection dengan MTR menuju stasiun destinasi kita. Plus nya lagi adalah adanya fasilitas shuttle bus gratis menuju hotel-hotel di sekitar Central, Wan Chai, dan Causeway Bay jika kita keluar di Hong Kong Station, atau shuttle menuju hotel sekitar Kowloon jika kita keluar di Kowloon Station.

Kalau dari sisi mau berangkat, tersedia fasilitas city check-in di Hong Kong Station, jadi kita bisa check-in dan masukin koper bagasi di tengah kota, tinggal bebas melenggang nanti naik kereta tanpa beban.

Jangan lewatkan artikel lengkap Panduan Jalan ke Hongkong, Macau, dan Shenzhen.

Airport Bus

Jika ingin transportasi yang lebih murah dan jalan sendiri atau berdua, Anda bisa naik City Bus. Pertama harus ditentukan dulu tujuan atau hotel kita, baru bisa dicari nomor bus yang melayani.

HK Airport Bus

Tiket bus dibeli di loket bus di Airport, atau kalau punya Octopus Card bisa langsung tap saat naik bus. Tarif bus di Hong Kong ditetapkan saat Anda naik, jadi bukan berdasarkan jauh-dekatnya Anda pakai.

Bus Tujuan Kowloon

  • A21, $33, Sham Sui Po - along Nathan Road to Mong Kok - Yau Ma Tei - Jordan - Tsim Sha Tsui - to Hung Hom
  • A22, $39, Tsim Sha Tsui - Hung Hom - Kowloon City - Kwun Tong - to Lam Tin
  • E21, $14, Sham Sui Po - Mong Kok - to Tai Kok Sui

Bus Tujuan Hong Kong Island

  • A10, $48, to Kennedy Town - Ap Lei Chau
  • A11, $40, Sheung Wan - Central - Wan Chai - Causeway Bay - to North Point
  • A12, $45 Central - North Point - Chai Wan - Siu Sai Wan
  • E11, $21, rute seperti A11, menuju Tin Hau.

Peta Bus saya tampilkan di sini, kalau mau paling update Anda harus coba langsung ke website CityBus atau dari website HKIA.

Peta Airport Bus Hongkong

Taksi

Kalau Anda datang berempat, naik taksi mungkin sudah lebih ekonomis dan cepat. Argo Taksi dari Airport menuju Central atau sekitar Sheung Wan adalah ~$300. Rata-rata sopir bisa bahasa Inggris walaupun agak terbatas. Cukup sebutkan destinasi atau nama hotel, atau nama jalan, pasti kita akan diantar sampai tujuan.

Warna Taksi Hong Kong yang legendaris adalah merah, walaupun sebenarnya ada warna yang lain (warna menentukan daerah operasi, tapi merah pasti bisa ke Central dan Kowloon).