Liburan ke Gold Coast - Part 1

Selain Melbourne dan Sydney, destinasi wisata utama di Australia adalah Gold Coast. Terkenal dengan pantai yang panjang, deretan gedung apartemen di samping pantai, serta danau yang selalu terlihat biru, Gold Coast cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga.

Itinerary Wisata Gold Coast

Gold Coast

Setidaknya Anda perlu meluangkan waktu 3-4 hari untuk menikmati Gold Coast bersama keluarga. Itu pun mungkin belum semua tempat bisa Anda kunjungi habis.

  • Surfers Paradise Beach
  • Warner Bros Movie World
  • Sea World
  • Paradise Country
  • Wet n Wild
  • Dreamworld
  • SkyPoint Observation Deck

Nanti saya bahas tempat wisata ini di part 2 dan 3.

Theme Parks

Secara umum, ada 2 perusahaan themepark di Gold Coast. Village Roadshow mengelola WB Movie World, Sea World, Paradise Country, Wet n Wild. Sedangkan DreamWorld mempunyai Dreamworld, WhiteWater World, ABC Kids World Sky, serta Point Observation Deck. Tentukan dulu theme park yang ingin dikunjungi karena menentukan hari dan cost.

Jika Anda ingin membeli tiket biasa masing-masing perusahaan ini menjual dalam bentuk pass 1 hari hingga 3 hari, di mana kita bisa menikmati park sejumlah hari yang kita eligible. Jadi misalkan beli tiket pass 3 hari untuk Movie World, Sea World dan Paradise Country, otomatis kita tentu akan memaksimalkan pemakaian hingga 3 hari tersebut.

Transportasi

Jika Anda tidak menyewa mobil, maka transportasi umum lah yang jadi andalan. Walaupun cukup mahal, tapi reliable dan rapi. Terdapat tram dan bus yang melayani sejumlah rute utama. Tram di sini dikenal dengan G:link.

Jalur tram Gold Coast

Tiketnya disebut Go Card, bisa dibeli di 7-Eleven atau mesin tiket di setiap halte/stasiun. Tarif dihitung berdasarkan zona, normalnya Anda hanya pakai 1 zone selama di dalam kota Gold Coast, tarifnya sekali naik $3.31 peak dan $2.65 offpeak. Ada juga jenis all-you-can-ride namanya go explore (per hari $10 utk 15 tahun ke atas dan $5 utk anak) best value kalau Anda pakai setidaknya 3x sehari sudah balik modal.

Tram

Sewa Mobil di Gold Coast

Gold Coast adalah salah satu kota yang saya recommend Anda untuk menyewa mobil sebagai moda transportasi, terlebih jika datang dalam group/family. Transportasi berupa tram dan bus memang ada, tapi ongkosnya bisa jadi sama dengan biaya sewa mobil. Sewa mobil cukup murah di Gold Coast, rate berkisar AUD 30-40 per hari, bahkan saya bisa dapat harga $87 untuk sewa 4 hari dengan Budget Rent.

Jika Anda belum familiar dengan peraturan dan takut nyetir sendiri di negara asing, pertimbangkan juga menyewa van all in (driver plus bensin). Untuk mudahnya tinggal booking lewat Klook ini.

Tiba di Brisbane atau Gold Coast Airport

Jika terbang dari Melbourne atau Sydney, bisa pakai Qantas, Virgin Australia, juga yang tiket pesawat murah seperti Jetstar dan Tiger Airways. Ada juga penerbangan langsung dari Singapore atau Kuala Lumpur ke Gold Coast pakai Scoot dan AirAsia.

Gold Coast Airport (OOL) memang lebih dekat dari pusat kota (Surfers Paradise), tapi bisa juga Anda mendarat di Brisbane Airport (BNE).

Dari OOL tersedia SkyBus $15 untuk menuju hotel di pusat kota. Untuk opsi lebih murah tapi melakukan banyak stop, Anda bisa naik bus kota nomor 777, 45 menit tiba di kawasan Surfers Paradise

Sedangkan jika dari Brisbane Airport, bisa naik Bus Con-X-Ion.

Jika datang dalam group (4-10 orang), pertimbangkan pakai airport shuttle van yang menjemput rombongan Anda di Brisbane Airport atau Gold Coast Airport. Book booking lewat Klook ini.

Klook.com

Hotel di Gold Coast

Hampir semua hotel utama numplek di dekat kawasan Surfers Paradise. Basically Anda tinggal pilih mana yang sesuai budget dan selera. Harga mulai $100 biasa sudah bintang 4-5. Beberapa hotel yang strategis dan terkenal di sini :

Jika banyak tersedia apartemen sewa yang bisa dibook lewat AirBnB. Rate mulai dari AUD 100 per malam untuk ukuran studio, biasanya sudah lengkap dengan mesin cuci dan kitchen.

Dapatkan kupon diskon $25 dengan membuat account baru di Airbnb lewat link ini.

Saya recommend booking (lewat Airbnb) dan stay di Hilton Residences (satu gedung dengan Hilton Hotel). Apartemen 2 kamar dengan ruang tamu yang besar, free Internet dan fasilitas hotel, juga free parking (ini penting lho), dengan view fantastis seperti ini.

Balcony View

Pastikan jika cari hotel yang mempunyai fasilitas parkir gratis, karena membayar parkir di Australia bisa bikin kantong bolong hehehe.

Surfers Paradise

Surfers Paradise Beach

Dari atas mungkin Anda notice saya menulis puluhan kali tentang Surfers Paradise. Selain pantai yang panjang dan bagus, kawasan ini terkenal dengan shopping lane dan pub/bar malam di Orchid Avenue. Sebagai landmark yang gampang dicari, Anda bisa cari McDonalds Cavill Surfers Paradise, restoran fastfood ini lokasinya strategis persis menghadap pantai.

Cukup menyusuri jalan sepanjang pantai kita bisa menikmati suasana pantai baik pagi siang dan malam. Biasa di Sabtu malam ada night market di pinggir pantai.

Cari makan tentu tidak sulit di sini, mau Asian food (vietnam/chinese) hingga steak terkenal Hurricane's Grill ada di sini.

Shopping di Gold Coast

Mau belanja casual, Paradise Centre di Cavill Avenue sudah cukup lengkap. Supermarket Woolworths ada di basement mall ini, cari beer dan wine murah ada BWS.

Jika ingin mall yang lebih besar bisa ke Pacific Fair Shopping Centre dan Robina Town Centre.

Bagi penggemar fashion outlet, kunjungi Harbour Town Outlet Shopping Centre, habis deh 1 hari Anda di sini belanja barang branded.

Klook.com

Cari Hotel Murah

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama