Taipei

Artikel ini lanjutan dari Taroko Gorge.

Taipei (台北) kalau saya deskripsikan adalah sebuah kota yang besaaar. Jalanan kota yang lebar-lebar, rata-rata 3-4 lajur ditambah layout yang grid membuat kota ini sangat nyaman ditempuh dengan sepeda, motor, mobil, atau public transportation seperti bus dan MRT.

Artikel khusus Taipei cukup panjang, jadi saya buat bersambung, ini part 1, ada part 2, dan Taipei part 3.

Sebelum saya share itinerary dan tempat wisata di Taipei, saya jelaskan sedikit tentang hal dasar dulu yah.

Orientasi

Kota Taipei dibagi menjadi 12 distrik dan dibelah oleh sungai Danshui dari utara ke selatan, juga cabangnya Sungai Keelung membelah sisi kanan kota. Yang menjadi objek wisata umumnya terletak di distrik Old Town (Wan Hua), Zhongshan, dan yang terkenal adalah Shilin.

Saya sarankan kalau mau explore Taipei, pastikan sudah mempunyai peta disertai skala yang benar. Karena jika tidak punya skala, lalu kita coba jalan kaki mencari arah hampir dipastikan kaki bakal cenat-cenut kayak mau patah. Sekali lagi, Taipei kotanya besarrr.. bayangkan nyeberang jalan 6 lajur baru dapat 1 blok, padahal destinasi kita masih 4 blok lagi.

Dari / Menuju Airport

Bullet Train seperti di Jepang

Tersedia High-speed train dari Taipei Main Station menuju Taoyuan Station (22 menit, NT$75, bisa beli online), nanti tinggal sambung shuttle bus (UBus, 20 menit, NT$30) menuju Taipei Taoyuan International Airport.

Opsi lain adalah dengan naik Express Airport Bus langsung dari Taipei Main Station (50-70 menit), dioperasikan oleh Kuo-Kuang Motor. Lokasi persisnya di Teipei West Bus Station, Terminal A, beli tiketnya di sana utk nomor 1819, seharga NT\$125. Jika kita punya connecting flight Taipei Taoyuan Airport dan Songshan Airport (domestic flight), bisa pakai rute bus 1840.

Transportasi

Moda transport yang paling disarankan adalah MRT yang dinamakan Taipei Metro. Ada 5 line utama Taipei Metro, masing-masing diberi warna jalur yang berbeda: merah untuk Tamsui Line, hijau untuk Xindian line, biru untuk Banqiao-Nangang line, dll. Detil peta dan harga ter-update refer ke Taipei Rapid Transit official website.

Pertama kita perlu beli kartu MRT dulu, namanya EasyCard. isi sesuai kebutuhan. Seperti MRT di kota metropolitan lain, tinggal tap saat memasuki gate stasiun, saat keluar juga tinggal di-tap. Pakai EasyCard untuk bayar metro akan mendapat potongan 20% dari tarif resmi. Juga bisa beli tiket one-way dari vending machine, bentuknya seperti koin yang juga di tap saat masuk.

Easy Card

Platform Taipei Main Station

Semua stasiun mempunyai beberapa exit, jadi jika mencari alamat (misalnya hotel), catat lengkap hingga kode exit-nya (biasa berupa huruf A,B, C, dst) supaya tidak kesulitan mencari. Papan petunjuk sangat mirip dengan model Tokyo Metro.

Selain Metro, pertimbangkan opsi menggunakan sepeda! Bike-sharing program juga ada di Taipei, sehingga memudahkan kita untuk rute yang tidak terlalu jauh. Pertama kita harus daftar kartu EasyCard dulu di mesin penyimpanan sepeda. Yang diperlukan hanya data email dan nomor hp (nomor lokal). Selanjutnya tinggal tap kartu untuk melepaskan sepeda dari kuncinya. 30 menit pertama gratis, selanjutnya cuma dikenakan tarif NT\$10 per 15 menit. Recommended deh!

Taipei U-Bike - photo source Davidformosa

Hotel

Selama di Taipei, saya tinggal di Royal Seasons Hotel. Hotelnya tergolong mewah (bintang 4) dengan rate NT$ 2300 per malam. Lokasinya terletak di Nanjing West Rd, mungkin cukup jauh kalau jalan kaki dari stasiun MRT (sekitar 600m), pas saya bawa mobil rental jadi ada dapat parkir (free). Kamar saya berdesign klasik dilengkapi dengan Italian Jacuzzi bathtub, cukup mantap!

Mungkin sebagai referensi, mencari hotel murah di Taipei khususnya, atau Taiwan secara umum cukup sulit. Jadi price point Anda perlu dinaikkan, minimal range di atas USD 60 per malam untuk hotel berbintang 2-3.

Jika Anda ingin yang lebih strategis, bisa pilih hotel di seberang Taipei Main Station. Banyak hotel di sekitar sini, bisa coba CityInn Hotel Taipei yang mempunyai beberapa cabang di area ini.

Next : Itinerary Jalan di Taipei.

Cari Hotel Murah