Travel

Transportasi dari Bandara Haneda Ke Tokyo

  • Last updated on

Tokyo memiliki 2 bandar udara kedatangan : Narita International Airport (NRT) yang agak jauh dan Haneda Airport (HND) yang relatif lebih dekat ke pusat kota.

Tergantung dari airlines yang Anda pakai, bahkan seperti Japan Airlines memiliki opsi mendarat di Haneda atau Narita di dalam schedule penerbangannya.

Jika bisa memilih, saya sarankan Anda pilih Haneda Airport sebagai bandara ketibaaan/keberangkatan Anda. Bandaranya lebih kecil jadi dari turun pesawat sampai proses ambil bagasi kadang express cuma 15-20 menit. Karena lokasinya yang masih 'Tokyo' perlu waktu kurang dari 1 jam untuk ke pusat kota, dan yang pasti biaya transport jadi lebih murah dibanding mendarat di Narita.

Jika Anda mendarat di Narita Airport, baca informasi transportasi Narita di artikel saya yang ini.

Selain airport bus, yang saya mau bahas di sini adalah opsi menggunakan kereta. Ada 2 jenis kereta yang bisa Anda pakai: Keikyu Lines dan Tokyo Monorail.

Keikyu Line

Informasi tentang jadwal dan detil stasiun yang dilewati bisa dibuka di website Keikyu.

Keikyu Line adalah transport kereta yang saya recommend Anda pakai jika destinasi di pusat Tokyo seperti Shinjuku hingga Asakusa.

Begitu mendarat dan selesai ambil koper, Anda akan menemukan Keikyu tourist information center, tempat Anda membeli subway pass (ini dipakai nanti), di sebelahnya terdapat mesin ticket yang bisa membeli IC Card (Pasmo). Wajib banget untuk punya IC Card ini untuk kemudahan transportasi Anda.

Mesin Tiket Pasmo

Setelah dapat Pasmo ini, baru Anda menuju platform kereta. Petunjuk arah sangat jelas jadi Anda tidak perlu tanya atau bingung. Bahkan begitu belok kanan di antrian lift sudah diberi petunjuk arah.

Keikyu lines ada percabangan, ada yang menuju Yokohama, ada yang menuju Shinagawa-Sengakuji-Asakusa(Tokyo). Jadi jangan sampai salah naik, sekali lagi lihat papan di platform kereta sebelum naik.

Gunakan aplikasi seperti Hyperdia atau Jorudan (download di App Store atau Play Store) untuk merencakan perjalanan Anda dari Haneda sampai stasiun tujuan dekat penginapan Anda, karena pasti melibatkan interchange dengan kereta subway atau JR Lines lain. Perhatikan sampai detil menit saat Anda lihat papan petunjuk kereta datang/berangkat karena beda menit bisa beda destinasi, walaupun platformnya sama.

Ada beberapa jenis kereta Keikyu, yang ada icon pesawat adalah Airport dan Airport Limited Express, stop nya lebih sedikit dibanding Limited Express biasa, dan Local (all-stop). Perhatikan pewarnaannya di peta bawah ini, nanti akan konsisten Anda lihat di papan petunjuk di platform kereta.

Perhatikan papan jam keberangkatan kereta

Jalur Keikyu Simple

Jadi misal Anda mau naik sampai Shinagawa atau Sengakuji, maka bisa naik semua jenis kereta asalan bukan yang menuju Yokohama.

Untuk kereta Keikyu ini akan berubah menjadi line Asakusa (koda A, jalur merah di peta subway bawah ini) begitu mulai dari Sengakuji, melewati Shimbasi, Nihombashi, hingga menuju Asakusa atau Oshiage tidak perlu ganti kereta. Duduk manis aja tetap di dalam kereta.

Gunakan IC Card (Pasmo/Suica) untuk naik kereta ini dari Haneda, tarif dihitung per stasiun. Misalkan Haneda ke Shinagawa sekitar ¥300 (11 menit), tujuan Asakusa ¥555 (32 menit). Murah kan.

Mulai 2 Agustus 2023, penjualan kartu Pasmo/Suica dihentikan sementara. Alternatifnya adalah dengan membeli Welcome Suica Card atau Pasmo Passport. Baca detilnya di artikel ini.

Keikyu Line adalah kereta non JR, jadi Anda tidak bisa menggunakan Subway Pass atau JR Japan Pass khusus section dari Haneda sampai Sengakuji. Jika Anda ingin utilize subway pass, maka dari Haneda harus turun di Sengakuji, keluar gate (tapout IC Card), lalu masuk kembali (tap-in) menggunakan subway pass dan melanjutkan jalur kereta yang sama (Asakusa Line).

Tokyo Monorail

Gunakan Tokyo Monorail jika Anda ingin meneruskan dengan JR Yamanote Line. Begitu selesai ambil bagasi, jika belok ke kanan untuk naik Keikyu Line, maka belok kiri untuk naik Monorail. Mesin tiket ada persis di samping sebelum gate masuk. Jika beli IC Card dari mesin ini, pilih menu Purchase Suica Card. Setelah tap-in, naik eskalator untuk ke platform.

Stasiun akhir Monorail adalah Hamamatsucho (13 menit dari Haneda), keluar dari gate masuk lagi ke gate JR Yamanote, untuk tujuan Tokyo Station (¥660, +6menit), Shibuya (¥700), Shinjuku, dll. Perhatikan putarannya karena bentuknya loop, tujuan ke Shinjuku dan Tokyo Station berada di platform yang berbeda. JR Japan Pass dan Tokyo Wide Pass bisa dipakai untuk line ini.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives