Mengurus Visa Taiwan

Last updated on

Seperti biasa buat saya, bulan Januari dan Februari adalah waktunya jalan-jalan. Untuk tahun 2013 ini, pilihan jatuh ke Taiwan, dengan alasan.... tiket pesawat murah :)

Nah, sebenarnya istri tercinta sudah pernah ke Taiwan pakai tour (simak artikel Panduan Jalan ke Taiwan), namun katanya tidak enak (ya iyalah pakai tour), mesti diajak sama Javamilk, jadi mari kita lihat bagaimana jalan ke Taiwan versi Javamilk-nya :)

Sebelum Anda berencana mengurus Visa Taiwan, silakan cek artikel Javamilk ini untuk melihat apakah Anda eligible utk program exemption.

Sebelum bisa berangkat, tentu harus urus visa turis dulu. Untuk urusan ini, pertama kita harus isi secara online aplikasi visanya (link), isi data dengan lengkap lalu di-print. Step berikutnya tinggal datang ke kantor konsular

Gedung Artha Graha,12th fl.
SCBD Area, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53
Jakarta 12190
Phone : (62-21) 515 3939

Dokumen yang perlu dibawa cukup standar, antara lain:

  • Pas foto ukuran 4x6 cm sebanyak 2 lembar
  • Visa Fee Rp 460,000 (single), Rp 920,000 (multiple entry)
  • Passport asli
  • Surat keterangan kerja (asli)
  • Fotokopi rekening tabungan
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Form Visa yang diisi online dan di-print

Untuk Visa Taiwan tidak perlu pakai agent buatnya, datang sendiri juga bisa karena tidak sulit. Setelah dokumen lengkap diterima dan dicek, petugas akan memberikan kita receipt beserta tanggal pengambilan passport. Lama prosesnya hanya beberapa hari kerja kok.

Saat Anda tiba di Artha Graha, untuk ke embassy Taiwan, Anda akan diarahkan untuk menukarkan tanda pengenal dengan kartu akses masuk di lobby belakang. Sesudah menukar akses gedung, Anda akan menunggu di lift no. 6, lift yang dikhususkan untuk berhenti di lantai 12 dan 15. Untuk pengurusan visa, Anda berhenti di lantai 12. Ada operator lift yang standby di dalam lift untuk membantu mengarahkan.

Jangan kaget apabila Anda melihat ruang tunggu dipenuhi TKI karena mereka semua memiliki loket handling sendiri. Loket untuk pengurusan visa pribadi atau oleh travel agent memiliki counter khusus. Silakan mengambil nomor tunggu di recepsionis. Jangan lupa untuk terlebih dahulu menempelkan foto di formulir visa. Setelah diperiksa kelengkapan dokumen, Anda diharuskan membayar di kasir dan membawa bukti bayar kembali ke counter penyerahan formulir untuk ditukar dengan resi pengambilan.

Saat pengambilan passpor, tidak diperlukan mengambil nomor antrian. Di waktu yang telah ditentukan, cukup langsung menuju loket tempat menyerahkan formulir visa untuk menukarkan resi pengambilan dengan paspor.