Jalan-Jalan di Luzern

Salah satu kota yang di highlight dalam pariwisata Swiss adalah kota Luzern (atau Lucerne dalam bahasa Inggris).

Luzern ke Interlaken hanya perlu 2 jam perjalanan dengan kereta, dan Luzern - Zurich hanya 45 menit dengan direct train.

Chapel Bridge
Sebuah jembatan kayu yang melintasi sungai seolah menandakan keabadian kota Luzern. Jembatan ini menjadi ikon kota karena bentuknya yang unik dengan tower di tengah.
Jembatan ini memiliki atap dan di langit-langit terpasang lukisan-lukisan bertema Kristen. Beberapa lukisan adalah replika karena jembatan ini pernah terbakar menghanguskan sejumlah koleksi

Engelberg & Mt Titlis
Jika ada waktu lebih, luangkan waktu Anda untuk naik ke Engelberg dan Mount Titlis. Engelberg adalah base untuk naik kereta gantung menuju puncak Mt Titlis (3238 m). Untuk informasi official, silakan kunjungi website Titlis.ch.
Perjalanan dengan kereta dari Luzern Hbf (station) kurang lebih seperti ini. Naik kereta Die ZentralBahn menuju Engelberg (ambil kereta paling pagi, 6.30am atau 7.00am). Rutee Kereta ini di-cover oleh Swiss Pass. Tiba di Engelberg station, Anda dapat membeli tiket gondola Titlis Rotair karena tiket ini tidak dicover Swiss Pass, namun dapat diskon jika kita menunjukkan Swiss Pass. Lalu cukup menunggu di bus stop depan station (atau ikuti keramaian orang), hampir semua orang menuju Titlis.

Shuttle bus gratis ini akan membawa kita menuju stasiun gondola/cable-car Titlis Rotair. Kita akan naik 3 macam gondola: Engelberg - Trubsee, tukar lagi gondola Trubsee-Stand, dan terakhir (ini yang paling mahal) revolving gondola menuju puncak Mt Titlis. Gondola terakhir ini memang unik karena selama perjalanan, cable-car kita akan berputar 360 derajat sehingga bisa melihat segala penjuru. Walaupun kelihatan rute ini cukup rumit, namun Anda tidak akan kesulitan, petunjuk arah sangat jelas dan Anda cukup ikuti keramaian.

in writing...