Disneyland HongKong (day 3)

Javamilk Travel
HK

Prev: Ngong Ping Village dan Giant Budha (Day #2)

Daftar Perjalanan Hari ini:

  • Disneyland Hong Kong

Hari ini khusus dialokasikan untuk bermain di Disneyland Hongkong. Sebelum berangkat, sebagai sarapan pagi jangan lupa untuk mencoba egg tart, yaitu makanan khas setempat. Di Macau kue ini dinamakan Portuguese Egg tart, mungkin dari situ asal-usulnya. Rasanya memang renyah dan enak jika dimakan saat masih hangat (baru dibuat). Kue ini biasanya dijual di toko-toko kecil, dengan harga sekitar HKD 7 /buah.
egg tart

Bagaimana Cara menuju Hongkong Disneyland? Pertama adalah Anda harus naik MTR Tung Chung line (warna Orange) hingga stasiun Sunny Bay. Perjalanan MTR jika dari Tsim Tsa Tsui memakan waktu sekitar 30 menit karena harus ganti jalur merah ke kuning di Lai King. Sampai di Sunny Bay kita harus ganti kereta khusus jurusan Disneyland. Keretanya akan sangat mudah dikenal karena dari desain jendela hingga interior kursi dan pegangan tangan semua berupa ciri khas Disney yaitu kepala

HK disneyland train

Tiba di stasiun Disneyland Resort yang di-design apik, kita cukup ikuti keramaian yang ada menuju ke pintu gerbang Disneyland. Tiba di loket penjualan, Anda perlu beli tiket masuk seharga HKD 589 (1 day, harga tahun 2017) untuk dewasa dan HKD 419 untuk anak-anak. Harga ini berlaku untuk non-peak. Ada beberapa cara beli tiket Disneyland Hong Kong.

  • Beli on-the-spot dengan cash / kartu kredit di loket.
  • beberapa outlet 7-Eleven di HK
  • Beli via Klook, dapatkan rate lebih murah di sini.

Klook.com

Sebelum gate masuk, kita akan melalui pemeriksaan tas. Tas akan diminta dibuka untuk dilihat isinya, intinya makanan (basah) tidak bisa lewat, tapi kalau Anda bisa menyimpan di tempat yg tersembunyi sih bisa lewat. Yah, demi kebersihan di dalam Disneyland dan semua wahananya pengunjung dilarang membawa makanan (kue, mie, dkk). Selain itu hal ini untuk 'memaksa' pengunjung makan siang dan malam di restoran dalam Disneyland (yang tentu saja cukup mahal).

Desain taman dan wahana hampir sama seperti Euro Disney walaupun taman bermain di Hong kong ini ukurannya lebih kecil. Jika tidak terlalu ramai, begitu masuk pintu utama jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto bersama Mickey & Minnie Mouse, Donald Duck, Woody & Jessy, dan Winnie the Pooh. Foto-foto ini paling menghabiskan waktu karena rata-rata untuk satu tokoh perlu antri 10-60 menit.

Secara teori, kita tidak mungkin habis menjelajah dan menikmati seluruh wahana dalam satu hari. Pasti ada yang harus dilewatkan atau di-skip. Jadi sebaiknya tentukan dulu atraksi apa saja yang ingin Anda ikuti. Juga beberapa wahana punya fasilitas fastpass, ibaratnya kita booking slot untuk datang di jam yang ditentukan, lebih hemat waktu antrian.

Jangan lewatkan artikel Tips Mengunjungi Disneyland Hongkong.

Untuk anak-anak, wahana yang disarankan: wahana It's a small word (kayak istana boneka), Astro Blaster (tembak-tembakan dari kursi), Golden Mickey, dan Lion king. Perhatikan jam tayang The Golden Mickey (update 2017: sekarang jadi Mickey and Wonderous Books) karena antrian biasa cukup

Mickey and Wonderous Book Show

Untuk dewasa juga terdapat beberapa wahana seru yang saya recommend seperti Galaxy (roller coaster di dalam kegelapan), serta roller coster ala Indiana Jones.

Dan setiap sore jam tertentu selalu ada parade mobil dan tokoh Disney yang melewati jalan utama di dalam taman. Pastikan baca flier tentang jadwal ini.

Setelah section Toy Story Land yang dibuka beberapa tahun lalu, wahana baru Disneyland adalah Iron Man Experience. Selain itu untuk summer 2017 terdapat event MARVEL SUPER HERO SUMMER di mana kita bisa mendapat kesempatan berfoto dengan tokoh Marvel seperti Spiderman dan Captain America.

Iron Man Experience

Toy Story Land

Hotwheel RC Race

Lalu malam hari (biasa jam 9pm) ada firework ala Disneyland di depan castle, so don't miss the show karena ini adalah acara yang ditunggu-tunggu semua orang. Tips: 30 menit sebelum acara sebaiknya Anda mencari spot terbaik untuk menonton pertunjukan kembang api itu. Siapkan tripod dan baterai cukup supaya dapat shooting dan mengambil gambar yang tajam dari kamera.

Firework

Berakhirnya kembang api berarti taman ini sudah tutup. Tidak ada lagi wahana yang bisa Anda masuk selain jalan pulang. Tapi bagi yang masih belum puas masih bisa masuk ke toko-toko souvernir untuk membeli oleh-oleh khas Disney (yah pasti mahal yah).

Tips souvernir murah: Dengan menukar HKD 15 (atau bayar dengan Octopus Card) dengan sekeping koin, kita dapat mendapatkan sebuah lempeng dengan tema Disney. Buka peta Disney dan cari mesin press koin tersebut (ada beberapa mesin dengan gambar berbeda-beda).

Karena semua orang pulang di jam yang sama, Anda mungkin perlu antri untuk naik ke dalam kereta MTR lagi. Tetapi begitu sampai Sunny Bay, pengunjung Disneyland akan bercampur dengan penduduk lokal di dalam kereta tapi mestinya tidak terlalu padat karena kita berada di arus masuk ke kota (kebalikan dengan orang yang pulang kerja).

Next: Hongkong dari Victoria Peak (day #4)

Klook.com

Cari Hotel Murah