City

Daytrip Sambil Transit di Taipei

  • Last updated on

Jika Anda naik pesawat Eva Air ke Amerika, ke Jepang atau ke Korea, transit di Taipei Taoyuan Airport bisa jadi perlu beberapa jam sebelum melanjutkan penerbangan berikutnya. Anda bisa 'sengaja' memilih waktu transit yang lama, lalu pakai kesempatan transit untuk sambil jalan-jalan sejenak di kota Taipei.

Transit time, biasa otomatis ditentukan saat Anda memilih leg penerbangan, tapi bisa Anda manual buat misalkan dgn book multi-city. Untuk ke Amerika tujuan sejak 2019 memang sudah tidak perlu transit panjang lagi karena Eva punya penerbangan tengah malam dari Taipei ke Amerika. Tetapi bisa jadi Anda dapat yang setidaknya 8-12 jam transit. Misal mendarat di Taipei jam 20.45 malam, penerbangan berikutnya adalah besok pagi.

Untuk bisa menikmati waktu transit dan keluar bandara, perlu 2 syarat ini:

  • punya Taiwan Visa, atau memenuhi syarat untuk apply Travel Authorization Certificate
  • punya layover / transit time minimal 6-7 jam.

Untuk bisa mendapatkan Travel Authorization Certificate, pada dasarnya adalah harus pernah punya visa ke negara lain seperti Jepang, Amerika, atau Eropa Schengen. Daftar online (gratis) dan biasa sertifikat ini langsung terbit.

Jika Anda tidak mempunyai waktu yang banyak, saya sarankan tetap tinggal atau tidur di dalam bandara Taoyuan saja, di dekat gate B7 ada kursi rebahan yang lumayan untuk tidur, dan cukup tenang. Opsi lain adalah cari kursi sofa di dekat airport lounge.

Menuju Pusat Taipei

Oke asumsi Anda sudah clear imigrasi Taipei, saatnya berpetualang. Jika bawa handcarry bisa Anda titip di loker bandara dengan tarif tidak terlalu mahal.

Transportasi dari Taoyuan Airport menuju pusat kota Taipei bisa menggunakan kereta MRT yang stasiunnya ada di bandara ini. Modal Anda adalah membeli Easy Card, kartu isi ulang metro/kereta.

Perjalanan memakan waktu 35 menit hingga 50 menit, tergantung Anda dapat kereta express atau yang all-stop. Tarifnya 150 TWD untuk perjalanan menuju Taipei Main Station.

Taipei Metro Train

Beberapa pilihan destinasi yang bisa Anda kunjungi:

  1. Taipei 101
  2. Ximending
  3. Shilin Night Market
  4. Raohe Night Market
  5. Mitsui Premium Outlet

Masing-masing tempat ini perlu setidaknya 1-2 jam untuk dikunjungi.

Taipei 101

Transit panjang di siang hari? Kesempatan Anda mengunjungi Taipei 101. Jika Anda ingin naik ke puncak tower mungkin waktu tidak cukup, juga tiket harus dibeli sebelumnya untuk menghindari antrian panjang.

Khusus untuk berfoto saja tentu bisa. Naik Taipei Metro hingga stasiun Taipei 101 atau Xiangshan. Kawasan ini juga terdapat banyak shopping mall di luar mall Taipei 101.

Anda bisa baca lebih detil di artikel javamilk tentang Taipei 101.

Ximen

Shopping street yang menjadi fokus turis biasa adalah Ximending (MRT Station: Ximen). Cukup 2 stop dari Taipei Main Station, begitu keluar langsung di depan persimpangan Ximen yang ramai. Tempat ini 'hidup' hingga jam 11 malam.

Ximen di malam hari

Night Market

Ke Taiwan tidak lengkap kalau tidak mencoba ke night market. Tiap kota besar pasti ada night market yang biasa buka hingga menjelang tengah malam. Untuk Taipei yang paling terkenal adalah Shilin (MRT Stop: Jiantan) dan Raohe Night Market (MRT Stop: Songshan).

Keduanya dalam kategori ramai, khususnya weekend. Anda cukup jalan menikmati suasana sepanjang jalan sambil mencicipi makanan yang dijual di kios-kios kecil sepanjang jalan. Khusus di Shilin sebagian tempatnya berupa underground.

Shihlin Night Market

Raohe Night Market

Street Food di Taipei

Mitsui Outlet Park Taipei

Shopping brand ternama dengan harga miring bisa dilakukan di premium outlet. Nah di Taipei lokasinya tidak jauh dari Taipei Taoyuan Airport. 3 Stop menggunakan MRT dari Terminal 1, turun di stasiun Linkou. Jalan kaki sekitar 5-10 menit hingga menjumpai Mitsui Premium Outlet ini.

Kompleks ini tidak sebesar premium outlet lain, tetapi harganya memang lumayan murahm, terutama sportswear seperti Nike, Adidas, dan New Balance. Asics brand juga bisa ditemukan di sini.

Mitsui Outlet Park Taipei

Kembali ke Taipei Taoyuan Airport

Masih kurang puas? Bisa coba berendam di hotspring di Beitou.

Pastikan Anda punya cukup waktu untuk kembali ke Airport, dan kereta paling pagi baru beroperasi jam 6 pagi. Last train adalah sekitar 12.30 tengah malam.

Happy travelling!

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives