Ngong Ping Village dan Giant Budha (Day #2)

Javamilk Travel
HK

Prev: Lautan Manusia di Mongkok (Day #1)

Daftar Perjalanan Hari ini:

  • Ngong Ping Village
  • Giant Tian Tan Budha Statue
  • Shopping di Factory Outlet Mall

Hari ini kami akan mengunjungi Giant Budha Statue yang terletak di Ngong Ping. 'Desa' ini terletak cukup jauh; tepatnya di Lantau Island, dan untuk mencapainya kita harus menggunakan cable car terpanjang dan terseram melintasi lautan dan bukit tinggi (cable car di Genting Malaysia masih kurang 'berasa' dibanding ini).

Pertama, kita naik MTR menuju Tung Chung (line Orange). Ikuti papan petunjuk 'Ngong Ping Cable Car' karena kita masih harus keluar stasiun dan jalan sekitar 200-300 meter.

Kadang kala Cable Car Ngong Ping ada maintenance sehingga satu2nya akses menuju Giant Buddha adalah menggunakan bus, yang haltenya juga terletak di bawah stasiun cable car. Naik bus juga sebuah pengalaman tersediri karena meliuk-liuk menembus perbukitan dan desa di Lantau Island.

Tiba di stasiun cable-car, kita harus membeli tiket pulang pergi. Untuk menghindari antrian, Anda bisa beli online di website resmi Ngong Ping, atau beli via Klook. Yang kita beli cukup tiket Ngong Ping 360 cable car standard cabin seharga HKD 185 (anak HKD 95, harga per 2017). Yang lebih mahal adalah Crystal Cabin (HK$ 255) dimana lantai cable carnya transparan... bagi yang nyalinya cukup aja ya. Selanjutnya kita mengikuti antrian untuk naik cable-car ini. Jika di musim liburan antrian bisa panjang hingga 5-15 menit.

Ngong Ping Cable Car provides the most visually spectacular journey, travelling 5.7km from its Tung Chung Terminal. Guests will glide over the South China Sea and North Lantau Country Park, enjoying panoramic views of Hong Kong International Airport, the flora and fauna of the Country Park and the Tian Tan Buddha Statue.

Perjalanan di dalam cabin sekitar 25 menit dan dapat diisi hingga 6 orang. Bagi yang takut ketinggian, sebaiknya duduk manis saja sambil baca buku karena pemandangan cukup membuat jantung berdetak keras: melintasi lautan, bukit, dan juga Anda bisa melihat Hong Kong International Airport dari ketinggian. Di akhir perjalanan tibalah kita di Ngong Ping Village -tidak ada yang istimewa di sini- dan melanjutkan dengan jalan kaki menuju Tian Tan Buddha Statue.

Giant Buddha, sumber foto Ngongping Official

Patung Budha ini adalah patung Budha duduk terbesar di dunia yang terbuat dari perunggu. Untuk menuju ke dudukan Budha kita masih harus naik tangga sekitar 268 step. Jangan kaget jika Anda lihat nenek-nenek tua masih kuat naik tangga ini, niat mengalahkan segalanya, jadi Anda jangan sampai kalah.

Di atas kita dapat menikmati pemandangan sekitar pulau Lantau ini. Selain itu jika ingin mengetahui sejarah dibuatnya patung ini, cukup masuk ke dalam ruangan persis di bawah dudukan Sang Budha.

Tempat lain yang tidak boleh dilewatkan adala Po Lin Monastery, sebuah tempat peristirahatan para biksu Budha sekaligus tempat makan bagi yang ingin makan siang. Tentu saja makanan yang disajikan di sini umumnya adalah vegetarian.

Bagi yang belum puas, terdapat satu jalur yang dinamakan Wisdom Path. Ikuti saja papan petunjuk jalan dan ikuti jalan setapak sekitar 10 menit hingga Anda menemukan lokasinya. Wisdom Path adalah sebuah bukit yang dipasang batang-batang pohon yang telah ditulis ajaran-ajaran kebajikan dari kitab sutra. Bagi yang tidak bisa membaca tulisan Cina mungkin tidak akan mengerti dan percuma, jadi cukup ambil foto kalau perlu.

Waktu telah hampir sore, jadi saatnya kami pulang kembali ke kota. Nah, di Tung Chung, sebelum masuk ke dalam stasiun MTR perhatikan terdapat sebuah gedung mall namanya CityGate. Di sini ternyata adalah Factory Outlet yang menjual barang-barang bermerek dengan harga 'sedikit' miring. Ada Adidas Outlet, Esprit Outlet, Dr Kong, Bossini dan masih banyak lagi. Ada yang bener-bener harga miring, ada yang nggak murah-murah amat, jadi teliti dan bandingkan harga sebelum membeli.

Kita bisa jadikan Tung Chung base tinggal jika ingin dekat denga Airport atau Hongkong Disneyland, dengan adanya hotel Novotel CityGate. Novotel ini punya akses langsung ke mall CityGate Outlet, juga menyediakan shuttle bus gratis dari dan ke Hong Kong International Airport.

Next: Disneyland Hongkong (Day #3)

Klook.com

Cari Hotel Murah