Visa

Cara Mengurus Visa Korea Sendiri (Update 2023)

  • Last updated on

Kalau Anda tertarik untuk jalan-jalan ke Korea sendiri tanpa ikut tour, maka Anda perlu mengurus visa Korea secara mandiri pula. Cara buat visa Korea Selatan ini tidak susah kok.

Update: Visa Turis sudah bisa apply lagi mulai 1 Juni 2022. Baik single entry dan multiple entry bisa diproses lewat KVAC. Bebas visa ke Jeju juga sudah kembali diberlakukan. Info resmi di link ini.

Visa Korea Selatan

Pertama Anda harus menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan visa. Kalau sudah pernah mengurus Visa ke negara lain seperti ke Jepang atau Eropa, secara umum akan sama persyaratannya. Untuk detilnya bisa dibaca dari website Kedutaan Republik Korea, cari section "Visa Kunjungan Wisata".

Kalau cuma mau ke Jeju Island, kita tidak perlu apply visa. Cukup naik pesawat via Hong Kong (pakai pesawat Jin Air) atau via Singapore (pesawat Scoot) menuju Jeju Island. Bisa juga dengan AirAsia via Kuala Lumpur yang langsung ke Jeju. Tapi kalau harus masuk/transit lewat Seoul maka Anda harus apply visa Korea.

Dokumen yang diperlukan untuk mengajukan visa Korea turis short term (C-3-9) adalah:

  • Mengisi form aplikasi visa yang baru (tahun 2020 formnya sedikit berbeda), bisa di-download dan print dari sini.
  • Pas foto ukuran passport 3.5x4.5 cm sebanyak 1 lembar.
  • Passport asli.
  • Jika sudah pernah mengunjungi Amerika atau Negara OECD lampirkan fotokopi visa Negara tersebut
  • Itinerary atau bukti booking pesawat dan hotel di Korea.
  • Copy Kartu Keluarga.
  • ASLI Surat keterangan/referensi kerja dalam English
  • COPY SIUP jika pengusaha
  • COPY Kartu Pelajar jika masih pelajar
  • Biaya Visa (dibawa tunai saat interview)

Juga perlu bukti keuangan, perlu 2 dari list ini:

  • ASLI Rekening koran 3 bulan terakhir yang dilegalisir bank, tidak bisa hanya fotokopi buku tabungan (kecuali apply multiple entry) ATAU Surat Referensi Bank asli dan fotokopi rekening koran.
  • ASLI Slip Gaji 3 bulan terakhir.
  • COPY Surat Pajak Tahunan (SPT PPh 21 A1)
  • COPY transaksi kartu kredit 3 bulan terakhir
  • COPY Bukti kepemilikan kendaraan roda empat.

Jika tidak memiliki SPT, harus melampirkan surat pernyataan yang menjelaskan alasan tidak memiliki SPT tersebut.

Tempat Mengajukan Visa Korea

Kalau dokumen sudah lengkap, tinggal datangi KVAC (Korea Visa Application Center). Alamat :

Lotte Shopping Avenue, Lantai 5. Jakarta Selatan, jam 09:00AM~15:00PM.

Ya itu di dalam Mall, jadi Anda parkir seperti pengunjung mall biasa, naik ke Lantai 5 (cari lift Satrio Gate kalau mau langsung ke lt 5).

Mulai 2 Mei 2019, Anda tidak bisa mengajukan visa lagi ke kantor kedutaan Korea Selatan yang di sebelah Rumah Sakit Medistra. Jadi semua urusan visa perorangan harus lewat KVAC di Lotte Shopping Avenue tersebut. KVAC mempunyai website resmi sendiri.

KVAC di Lotte Shopping Avenue

KPOP Boyband sudah menyambut

Saat datang ke KVAC, kita tinggal ambil nomor antrian, lalu duduk manis tunggu panggilan. Setelah dipanggil, serahkan dokumen dalam satu bundle. Petugas akan mengecek kelengkapannya, juga mungkin akan memberikan pertanyaan seputar itinerary.

Oh ya, jika dalam 1 kartu keluarga, pengajuan visa yang datang cukup 1 orang saja (maksudnya bisa diwakilkan).

Setelah dokumen diperiksa oleh petugas KVAC, anda akan diberikan slip penerimaan dokumen beserta billing untuk membayar biaya visa. Pembayaran dilakukan di counter kasir, dan mendapatkan semacam perangko (memang bentuknya seperti perangko). Setelah itu kembalikan perangko itu ke counter anda memasukkan berkas permohonan visa.

Slip tadi sekaligus bukti ambil passport. Proses visa ini adalah 6 hari kerja. Nantinya tinggal datang di hari yang ditentukan, jam ambil passport adalah 11.00 sampai 15.00 WIB.

Di sini tersedia fasilitas fotokopi (1rb/lembar) dan printing (5rb/lembar), in case ada dokumen yang perlu dikirim dari kantor/rumah bisa di-print.

Biaya Visa Korea 2023

  • Visa single entry adalah IDR 616,000.
  • Double Visa (2x kunjungan) sekitar IDR 1,078,000,
  • Multiple entry visa biayanya adalah ~IDR 1,386,000.

Harga akan sedikit berubah setiap bulan tergantung kurs won.

Ada biaya administrasi lagi sebesar 240.000 sebagai biaya 'jasa' pemrosesan aplikasi visa yang dikelola KVAC (mirip VFS untuk visa negara Schengen atau UK).

Kasir hanya menerima uang tunai untuk pembayaran aplikasi visa Korea.

Kalau Anda ikut group tour, dari travel agent yang akan menguruskan visa Anda, dengan biaya yang lebih murah daripada apply sendiri, total sekitar ~370rb rupiah.

Label-free Visa

Mulai 1 Juli 2020, tidak ada tempelan stiker visa lagi di passport yang visa-nya disetujui. Kira-kira mirip Visa Australia. Waktu kita mendapat visa, dari KVAC akan diberikan printout selembar visa grant ini. tetapi jika hilang atau sebagai cadangan kita bisa print sendiri Visa Grant Notice dari website Visa Korea dan dibawa saat check-in airlines atau keperluan masuk imigrasi saat tiba di Korea.

  1. Pertama masuk ke website www.visa.go.kr, pilih Application Status/Issue lalu klik ‘Check Application Status & Print’.
  2. Masukkan data passport dan tanggal lahir
  3. Klik tombol Visa Grant Notice dan pilih Print.

Berapa Lama Proses Visa Korea

Setelah dokumen diterima, expect paling cepat adalah sekitar 6 hari kerja untuk single-entry visa, dan 4 hari kerja untuk multiple entry visa.

Syarat Visa Multiple Korea

Jika Anda telah pernah mengunjungi Korea minimal 1x, next time bisa coba apply Visa Multiple Entry. Biayanya adalah ~Rp 1,386,000 (plus fee KVAC Rp 240,000) untuk visa berlaku 5 tahun.

Ada beberapa kondisi yang memungkinkan Anda untuk apply visa Korea multiple entry (pilih salah satu, pilihan lengkap ada di sini) :

  • Pernah mengunjungi Korea minimal 1x menggunakan visa biasa (tidak bisa pakai visa yang didapat dari group tour sebelumnya).
  • Pernah/masih punya visa negara OECD (Austria, Belgium, Denmark, France, Germany, Greece, Iceland, Ireland, Italy, Luxembourg, Netherlands, New Zealand, Norway, Portugal, Spain, Sweden, Swiss, United Kingdom, United States, Canada, Australia, Finland).
  • Punya keluarga inti yang punya visa multiple.
  • Guru, Dosen, PNS, pegawai BUMN, Dokter,
  • Pimpinan Perusahaan PT/CV dengan modal usaha USD 100.000 atau lebih.

Tiap jalur di atas ada syarat dokumen tambahan di luar dokumen persyaratan umum di atas, misalnya :

  • Jika pegawai ➔ cukup melampirkan surat keterangan kerja dan copy SPT A1 (bukti potong pajak).
  • Jika pakai jalur pernah punya visa Korea atau negara OECD ➔ melampirkan fotokopi visa dan cap imigrasi negara yang dikunjungi. Ingat: harus bisa dibuktikan dengan stempel imigrasi, jadi untuk visa Australia tidak dianggap karena imigrasi Aussie tidak melakukan stempel di passport.

Selamat apply visa!

Jangan lewatkan seri Panduan Jalan ke Korea Selatan.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives