Cara Mengurus Visa Korea Sendiri (Update 2019)

Klook Kode Kupon

Kalau Anda tertarik untuk jalan-jalan ke Korea sendiri tanpa ikut tour, maka Anda perlu mengurus visa Korea secara mandiri pula. Cara buat visa korea ini tidak susah kok.

Visa Korea Selatan

Pertama Anda harus menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan visa. Kalau sudah pernah mengurus Visa ke negara lain seperti ke Jepang atau Eropa, secara umum akan sama persyaratannya. Untuk detilnya bisa dibaca dari website Kedutaan Republik Korea, cari section "Visa Kunjungan Wisata".

Kalau cuma mau ke Jeju Island, kita tidak perlu apply visa. Cukup naik pesawat ke Hong Kong, lalu pakai pesawat Jin Air menuju Jeju Island. Tapi kalau harus masuk/transit lewat Seoul maka Anda harus apply visa Korea.

Dokumen yang diperlukan untuk mengajukan visa Korea adalah:

  • Mengisi form aplikasi visa, bisa di-download dan print dari sini.
  • Pas foto ukuran passport 3.5x4.5 cm sebanyak 1 lembar.
  • Passport asli dan fotokopi setiap lembar yang ada stempel.
  • Jika sudah pernah mengunjungi Amerika atau Negara OECD lampirkan fotokopi visa Negara tersebut
  • Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank.
  • Itinerary atau bukti booking pesawat dan hotel di Korea.
  • Copy KTP dan KK.
  • Surat keterangan/referensi kerja.
  • Biaya Visa (dibawa saat interview)
  • Surat Pajak Tahunan (SPT PPh 21) atau Slip Gaji.

Jika tidak memiliki SPT, harus melampirkan surat pernyataan yang menjelaskan alasan tidak memiliki SPT tersebut. Kalau dokumen sudah lengkap, tinggal datangi KVAC (Korea Visa Application Center). Alamat :

Lotte Shopping Avenue, Lantai 5. Jakarta Selatan, jam 09:00AM~15:00PM.

Mulai 2 Mei 2019, Anda tidak bisa mengajukan visa lagi ke kantor kedutaan Korea Selatan yang di sebelah Rumah Sakit Medistra. Jadi semua urusan visa perorangan harus lewat KVAC di Lotte Shopping Avenue tersebut. KVAC mempunyai website resmi sendiri.

Sebelum masuk ke KVAC ini, Anda harus sudah membayar biaya visa. Caranya adalah dengan mendatangi KEB Hana Bank di lokasi, lalu beli Visa Stamp (memang bentuknya seperti perangko), yang rate nya berfluktuasi tergantung kurs Korea Won. Asumsi saja untuk visa single entry adalah IDR 550-600rb. Nantinya masih ada biaya tambahan lagi sebesar 196.000 sebagai biaya 'jasa' aplikasi visa yang dikelola KVAC (mirip VFS untuk visa negara Schengen atau UK).

Saat datang ke KVAC, kita tinggal ambil nomor antrian, lalu duduk manis tunggu panggilan. Setelah dipanggil, serahkan dokumen dalam satu bundle. Petugas akan mengecek kelengkapannya, juga mungkin akan memberikan pertanyaan seputar itinerary. Kita akan menerima selembar kertas sekaligus bukti ambil passport. Proses visa ini adalah 6 hari kerja. Nantinya tinggal datang di hari yang ditentukan, jam ambil passport adalah 10.00 sampai 16.00 WIB.

Visa Multiple Korea

Jika Anda telah pernah mengunjungi Korea minimal 1x, next time bisa coba apply Visa Multiple Entry. Biayanya adalah Rp 1,224,000 untuk visa berlaku 5 tahun.

  • Pegawai Negeri Sipil Indonesia dan Pegawai perusahaan atau badan usaha milik negara ➔ cukup melampirkan surat keterangan kerja.
  • Pegawai perusahaan penerbangan yang melayani rute ke dan dari Korea Selatan ➔ cukup melampirkan surat keterangan kerja
  • Pemohon yang pernah mengunjungi Korea Selatan atau negara OECD (22 negara) ➔ cukup melampirkan fotokopi visa dan cap imigrasi negara yang dikunjungi
  • Pemohon yang memiliki pendapatan lebih dari USD 8.000 per tahun ➔ cukup melampirkan dokumen yang dapat membuktikan pendapatan per tahun

Jangan lewatkan seri Panduan Jalan ke Korea Selatan.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama