5 Tempat Wisata Tokyo untuk Anak dan Keluarga

Published on

Tokyo Metropolitan tidak hanya menawarkan wisata kuliner dan wisata belanja saja, jika Anda membawa keluarga terlebih anak-anak, tentu perlu disogok dengan dibawa ke tempat wisata yang menarik buat anak-anak. Kali ini Javamilk membahas beberapa tempat yang layak untuk dijadikan itinerary perjalanan selama di Tokyo.

Jangan lewatkan juga: Panduan Wisata Ke Jepang.

1. Tokyo Disneyland

Tokyo DisneySea

Semua orang yang ke Tokyo tentu tahu ada Disneyland Resort di Tokyo, ya theme park ini adalah Disneyland pertama yang ada di Asia, jauh lebih lama sebelum ada di Hong Kong apalagi Shanghai. Di Tokyo bahkan ada 2 theme park bersebelahan: Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea.

Satu hari saja belum tentu selesai untuk menjelajah satu theme park.

Sudah pasti Anda tidak cukup waktu untuk mengunjungi keduanya dalam satu hari. Jadi jika cuma punya alokasi 1 hari, Anda harus tentukan mau masuk ke yang mana. Tapi memang kalau mau puas minimal harus 2 hari (yang pasti berat di ongkos hehehe).

Perlu perjalanan 20 menit dengan kereta dari Tokyo Station. Harga tiket ¥7400/dewasa untuk 1-day passport ticket, atau ¥13,200 untuk 2-day ticket. Tiket hanya bisa dipakai untuk masuk ke satu theme park saja per hari. Anda bisa beli tiket secara online (disarankan) juga bisa beli on-the-spot.

Tokyo Disneyland bersama keluarga

Tokyo Disneyland itu hampir 2x luasnya Hong Kong Disneyland, dan Tokyo DisneySea masih 50% lebih luas dibanding Tokyo Disneyland. Yang pasti mau datang di hari apa pun Disneyland akan selalu padat dan antri di mana-mana. Expect antrian wahana yang populer adalah mulai 30 menit hingga 2 jam, kecuali Anda ambil FastPass.

Jika tidak mau main, hanya mau foto-foto saja, Anda bisa beli Starlight ticket ¥5,400. Tiket ini hanya bisa untuk hari Sabtu dan Minggu dan mulai bisa masuk jam 3pm. Yang lebih murah lagi adalah After-6 seharga ¥4,200, tiket ini sesuai namanya hanya bisa masuk di atas jam 6 sore (weekday only).

2. Ueno Zoo

Japanese Macaque

Ueno Park adalah salah satu taman terbesar di kota Tokyo. Di salah satu areanya bahkan terdapat kebun binatang yang menjadi kebanggaan Tokyo: Ueno Zoo.

Anda bisa ke sini dengan naik subway dan turun di stasiun Ueno, lalu jalan kaki sekitar 15 menit hingga pintu masuk zoo. Tiket seharga ¥600/dewasa tergolong cukup murah loh.

Koleksi kebun binatang ini cukup lengkap mulai dari polar bear, harimau, badak, hingga yang spesial adalah Panda dari China, Japanese Macaque (monyet muka merah), dan Red Panda. Kebun binatang ini terbagi menjadi 2 area: east dan west yang dihubungkan dengan monorail (bayar lagi), tapi Anda bisa memilih jalan kaki kok.

3. Odaiba Toyota Mega Web

Jika bapaknya suka dengan dunia otomotif, bisa jadi modus untuk bawa anak ke Tokyo Mega Web di Odaiba (Tokyo Bay). Memang ini adalah showroom segala model Toyota yang dijual di Jepang, juga ditampilkan concept car dan mobil listrik yang masih prototype.

Anak-anak bisa dibawa untuk belajar setir mobil di driving school. Dengan biaya ¥500, si kecil akan duduk di dalam mobil listrik kecil, belajar stop dan gas, mematuhi rambu lalu lintas, lalu di akhir sesi akan diberikan driving license alias SIM lengkap dengan foto anaknya.

![Mobil "Pius' anak-anak](//cdnk.javamilk.com/img/jp-tokyo-toyota-driving.jpg 'Mobil 'Pius' anak-anak")

Surat Izin Mengemudi

4. Doraemon Museum

Fujiko F Fujio Museum

Satu museum dibangun khusus untuk menampilkan karya Fujiko F Fujio yang selama masa hidupnya telah menggambar ratusan komik Doraemon, P-Man, dan variannya. Kita bisa melihat replika ruang kerja sang maestro, kertas gambarnya, serta tokoh-tokoh ciptaannya yang tak lekang oleh zaman.

Lokasi museum ini memang bukan di Tokyo, tepatnya di Kawasaki yang bisa kita capai dengan 30 menit kereta dari Tokyo. Tidak ada ticket counter di lokasi, tiketnya harus dibeli di minimarket Lawson yang tersebar di seluruh Jepang. Penjelasan lebih lanjut dan cara menuju Doraemon bisa Anda baca di sini.

5. Legoland Discovery Center

Tempat ini ibaratnya mini Legoland, dan indoor. Jika Anda berencana main ke Odaiba/Tokyo Bay (lihat point 3 atas), maka Legoland Discovery Center bisa dikunjungi sekaligus. Lokasinya ada di dalam Tokyo Decks Mall, siapkan 3-4 jam untuk main disini bersama anak. Tiket harus dibeli satu hari sebelumnya supaya murah, yaitu ¥1,850 per orang, atau paket ¥3,200 untuk satu dewasa dan satu anak bawah 6 tahun.

Ada Lego 4D Cinema, Lego Factory Tour, permainan laser, Lego Friends untuk anak perempuan, hingga DUPLO Village untuk yang masih balita.

Sumber: https://www.legolanddiscoverycenter.jp/tokyo/en/

Bonus: Yodobashi Camera

Nah ini sebenarnya tempat belanja barang elektronik, kenapa masuk di list ini? Datanglah ke toko Yodobashi Camera di Akihabara maka Anda akan tahu. Selain menjual perangkat smartphone dan kamera (DSLR dan mirrorless, sampai aksesorisnya), gedung berlantai 6 ini juga menjual barang rumah tangga (baca: buat istri) seperti hair drier dan sejenisnya, serta ini yang paling penting: lantai 6 adalah lantai khusus mainan. Mulai mainan buat balita hingga buat bapaknya (baca: Playstation dan rakitan Gundam beserta cat warna-nya). Segala jenis mainan bisa kita temukan di sini, harganya murah, dan luar biasa luas.