Cara Beli Tiket Kereta Eropa

Swiss Train

Untuk urusan kereta, baca dulu website ini, panduan lengkap naik kereta Eropa yang ditulis oleh Mark Smith ‘Seat61? (www.seat61.com). Semua informasi yang diperlukan ada di situ, dari nama kereta, jenis, waktu, dan harga.

Tiket Kereta Murah

Kereta Eropa dioperasikan oleh perusahaan (kebanyakan dimiliki negara, semacam BUMN) dan berdasarkan pengalaman saya tidak akan saling bersaing satu sama lain karena rute mereka tidak ada yang overlapping. Contohnya untuk London-Paris, cuma ada kereta TGV and EuroStar, TGV untuk tujuan kota di Perancis. TGV dan Thalys melayani rute Paris - Brussels/Amsterdam, etc. Faktor 'murah' ditentukan dari kapan kita membeli tiket itu, jam berangkat (peak/off-peak, weekday/weekend), dan comfort class. Untuk ukuran kita, cukup naik gerbong kelas 2, itu sudah lebih bagus daripada kereta eksekutif di Jawa.

Kereta di Belanda

Kereta di Eropa berangkat sangat tepat waktu, pastikan jam tangan disetel mengikuti jam di stasiun atau airport, setidaknya harus sudah ada di stasiun 20-30 menit sebelum keberangkatan untuk mencari nomor platform dan gerbong/coach. Karena letak stasiun biasanya di tengah kota, anda bisa pergunakan waktu dengan efisien.

Gerbong Kelas 1

Saya melakukan riset yang lama untuk urusan kereta ini, melihat banyak website dan membandingkan harga, dan terakhir dibandingkan lagi dengan tiket pesawat. Lagi-lagi Internet yang cepat jadi kebutuhan utama di sini, saya memerlukan hampir 4 minggu untuk menyelesaikan semua booking. Sebaiknya gunakan hari Sabtu untuk riset ini karena memakan banyak konsentrasi dan emosi :) Hitung total biaya yang diperlukan untuk setiap alternatif rute, dan pastikan Anda masih punya waktu utk explore kota, jangan dihabiskan untuk perjalanan.

Perusahaan kereta Jerman, Deutche Bahn, websitenya https://www.bahn.com/en/view/index.shtml menyediakan fasilitas untuk melihat rute kereta se-Eropa dan timetable-nya. Gunakan web ini untuk memperkirakan jam berangkat, lamanya perjalanan, nomor kereta, termasuk saran untuk connecting. Anda tidak bisa membeli tiket selain destinasi kota Jerman di sini, dan harganya juga tidak muncul jika bukan kereta Jerman.

Jika memungkinkan, lebih baik menggunakan kereta malam (disebut sleepers). Kereta malam selalu menyediakan sleeping-car, semacam kamar yang dishare beberapa orang. Cara ini selain efisien (tidur di Roma bangun di Paris), tentu menghemat uang daripada tinggal di hotel. Untuk jelasnya bacalah deskripsi berikut tentang macam-macam kamar di kereta.

A sleeping-car is the equivalent of a hotel: A cosy bedroom, with comfortable beds, washbasin, and room service. For the daytime parts of a journey, the beds fold away to reveal a sofa. Sleepers come in 1-, 2-, 3- and (sometimes) 4-berth varieties, depending on the route, whether you have a 1st or 2nd class ticket, and the price you want to pay. If you are traveling alone and don’t want to pay for a 1st class single room, you can normally book just one berth in a 2- or 3-berth room and share with other passengers of the same sex (sometimes mixed). In addition to the normal lock, sleeper compartments have a security lock which cannot be opened from outside, even with a staff key, so you’ll be both safe and snug.

A sleeper costs about £20-£39 in western Europe or £11-£20 in eastern Europe per person per night for a berth in a 3-berth in addition to the relevant 2nd class ticket or railpass. A berth in a 2-berth costs about £35-£49 per night, plus either a 1st or 2nd class ticket or railpass depending on the route and type of sleeper. A single room costs around £70-£90 per night and you must have a 1st class ticket or railpass. On an increasing number of routes (e.g. Paris to Madrid, Barcelona, Italy, and Brussels to Berlin), good-value inclusive fares are now charged, covering travel, sleeper and breakfast.

Contohnya anda bisa pakai kereta malam dari Paris ke Roma, Milan ke Barcelona, dll. Sedangkan Paris ke Brussel hanya perlu 2 jam, tidak mungkin ada kereta malam.

Di mana tempat membeli tiket kereta Eropa?

Ada beberapa website tergantung rute kereta kita. Biasanya jika start dari Perancis berarti beli di website kereta negara Perancis, jika kereta Italia yah beli di Trenitalia.

  • www.RailEurope.co.uk - UK RailEurope, can book major west europe train.
  • www.bahn.de - Semua kereta bisa dicek disini, namun yang bisa dibeli adalah yang rutenya dari dalam Germany.
  • OIU SNCF - SNCF France, website dulunya voyages-sncf.com, sama seperti RailEurope, dapat membeli tiket ke seluruh kota di Perancis, termasuk ke negara tetangga seperti Belgia, Swiss, Italia, dan Belanda.
  • Trenitalia - Trenitalia Italy, melayani semua kota di Italy (contoh: Rome to Venice), dan ke negara tetangga seperti Swiss, Perancis, bahkan Jerman. Italo adalah perusahaan swasta yang juga mengoperasikan high speed train dari Venice-Milan-Florence-Roma-Napoli.
  • www.sbb.ch - Swiss Train, membeli semua kereta jaringan Swiss, termasuk Swiss Pass, hingga destinasi Eropa dari Swiss. Baca juga artikel khusus Swiss Pass.
  • NS - Untuk semua rute yang dilayani Kereta negara Belanda/Netherland.

Begitu menemukan tiket murah yang dicari (pastikan semua kota sudah tersambung), pilihannya cuma beli. Tidak ada opsi untuk booking dulu. Tiket kereta sama seperti tiket pesawat, ada ticket-class, paling murah berarti non-refundable non-reroutable, semakin mahal berarti semakin fleksibel dan bahkan bisa refund 100%.

Saya membeli tiket menggunakan website Trenitalia dari Roma ke Florence dan Florence ke Venice. Pembayaran dengan kartu kredit (aman kok), dan jika berhasil akan diberikan halaman untuk di print (atau bentuk PDF) untuk jurusan domestik Italia. Cetak halaman itu ke kertas dan nanti langsung dapat ditunjukkan ke kondektur. Kertas print ini dianggap valid lho, tidak perlu dituker tiket asli di loket lagi. Staff kereta akan datang ke kursi penumpang dan melakukan scan tiket menggunakan barcode scanner and PDA.

OUI, website baru untuk beli tiket kereta Perancis

Untuk Paris ke Amsterdam, saya menggunakan SNCF website untuk membeli tiket. Karena ini punya Perancis, bahasa awal di web ini adalah bahasa Perancis, tetapi ada icon untuk ganti ke bahasa Inggris di pojok atas, lalu saya membagi perjalanan menjadi 2, Paris-Brussel dan Brussel-Amsterdam (silakan compare dengan kereta Thalys direct Paris-Amsterdam mana yang lebih murah).

Untuk SNCF, ada beberapa metode pengiriman tiket, tetapi sebaiknya pilih opsi untuk mencetak tiket di rumah atau ticketless, lalu nantinya ditukar tiket asli di loket SNCF begitu Anda tiba di airport atau stasiun kereta Paris. (Catatan penting: jangan gunakan kartu kredit pinjaman, karena kartu kredit yang dipakai di website harus ditunjukkan ke loket untuk dapat ditukar tiket asli). Kantor tiket SNCF ada di Charles De Gaulle Airport, stasiun kereta besar (seperti Gard Du Lyon atau Gard Du Nord), and stasiun di Disneyland.

Notes: artikel ini dibuat di tahun 2008, tapi telah di update di 2017. Dulu tiket harus di print atau di tukar fisiknya, namun sejak 2015 tiket kereta bisa dibeli, simpan sebagai email saja yang penting ada barcode / QR code (ticketless) yang bisa di-scan oleh konduktor. Beberapa rute tetap mengharuskan Anda ambil tiket fisik di stasiun.

Mungkin setelah banyak browsing, Anda akan mendapati banyak orang yang menyarankan Anda membeli Euro Rail Pass, pass untuk naik kereta sepuasnya di negara tertentu dan sejumlah hari tertentu. Mungkin menggunakan pass lebih murah jika Anda banyak menggunakan kereta, tetapi bisa jadi malah lebih mahal. Anda perlu riset dan membandingkan, jangan berpikir karena bisa unlimited ride langsung beli Rail Pass.

Secara umum harga tiket kereta domestik di Itali, Perancis, dan Jerman tergolong murah (jika beli jauh2 hari), jadi tidak balik modal jika beli Rail Pass.

Gambaran Harga Tiket Kereta

Berikut saya berikan gambaran harga tiket kereta antar kota Eropa satu arah, jika beli jauh-jauh hari (tiket promo jenis non-refundable). Tiket kereta biasa bisa mulai dibeli 90 hari sebelum keberangkatan. Jika Anda dapat harga lebih tinggi dari ini, jangan mengurungkan niat beli juga, karena naik pesawat biasa lebih mahal lagi kecuali beli tiket pesawat 6 bulan di muka.

Rute ini juga bisa jadi gambaran biaya jika Anda ingin keliling Eropa dengan kereta, misalkan penerbangan Indonesia tiba di Roma, pulangnya Amsterdam-Jakarta. Yang penting perhatikan peta Eropa supaya rute Anda efisien.

  • Roma - Venezia, Trenitalia, €19.90
  • Roma - Milan, Trenitalia, €39.90
  • Milano Centrale (23:13) - Paris Gare-De-Lyon (09:55), Thello night train, €35
  • Paris - Amsterdam, Thalys, €35
  • Paris - Barcelona, Renfe SNCF, €49
  • Frankfurt - Munich/München, €29.90
  • London - Paris, Eurostar, €56

Side note, kalau Anda perhatikan tiket Roma-Venezia dan Roma-Milan, ada diskrepansi, karena Venezia (Venice) sebenarnya lebih jauh dari pada Milan. Jadi kadang tarif/rute kereta bisa menentukan itinerary kita, dalam kasus ini lebih baik dari Roma ke Venice dulu, baru ke Milan.